Kehadiran Rusia di KTT G20 Bikin Canggung, Pemimpin Dunia Ogah Lakukan Foto Bersama

Diketahui para pemimpin dunia tidak lakukan foto keluarga dalam G20 sebab kehadiran rusia.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 15 Nov 2022, 17:01 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2022, 17:01 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam serangkaian pertemuan bilateral di Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, Senin, (14/11/2022)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri atau PM Australia Anthony Albanese, Senin (14/11/2022). Ini merupakan rangkaian dari Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali. (Dok Kemendag)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa, 15 November 2022 para pemimpin negara-negara KTT G20 sebagai ekonomi utama dunia akan berkumpul di Bali, Indonesia, untuk pertemuan puncak tahunan yang dibayang-bayangi oleh kehadiran Rusia selama perang di Ukraina.

Meskipun Presiden Vladimir Putin telah menarik diri, Rusia akan diwakili oleh menteri luar negerinya yang veteran, Sergei Lavrov.

Kelompok 20 terdiri dari 19 negara ditambah Uni Eropa  yang menyumbang hampir dua pertiga dari populasi global, 85% dari output ekonomi dunia dan 75% dari perdagangan dunia.

Pada tahun 2022, ada 20 anggota dalam kelompok ini: Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Korea Selatan, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Mengutip dari laman The Guardian, Senin (13/11/2022) para pemimpin dunia tidak  mengambil bagian dalam "foto keluarga" resmi ketika mereka bertemu di G20 di Bali karena ketidaknyamanan yang meluas atas kehadiran Rusia di KTT tersebut.

Sudah menjadi tradisi bagi para pemimpin dunia untuk berdiri bersama untuk foto pembukaan di awal KTT saat para pemimpin saling bersalaman dan menyapa satu sama lain di depan umum.

Tetapi tidak akan ada foto bersama di KTT G20 yang diselenggarakan di Indonesia, meskipun presiden Rusia, Vladimir Putin, telah mengatakan bahwa dia tidak akan hadir.

Wakilnya yang telah lama menjabat, Sergei Lavrov, akan hadir menggantikannya.

Sergei Lavrov telah menyebabkan adegan dramatis pada KTT sebelumnya dengan berjalan keluar pada pertemuan para menteri luar negeri.

Ia mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa invasi Rusia ke Ukraina tidak bertanggung jawab atas krisis kelaparan global dan bahwa sanksi yang dirancang untuk mengisolasi Rusia sama saja dengan deklarasi perang.


Perseteruan Perdana Menteri Inggris dengan Rusia

PM Inggris Rishi Sunak tiba di Bali untuk G20 Summit.
PM Inggris Rishi Sunak tiba di Bali untuk G20 Summit. Dok: Kedubes Inggris 

Selama kontes kepemimpinan, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah mengatakan bahwa dia tidak akan hadir jika Putin hadir, meskipun posisinya telah melunak sejak dia memasuki nomor 10 dengan G20 akan menjadi perkenalan besar pertamanya dengan banyak pemimpin dunia.

Mungkin ada tekanan bagi para pemimpin lain untuk tidak hadir jika Putin memutuskan untuk terbang ke Bali.

Para menteri keuangan Barat keluar dari pertemuan G20 pada bulan April untuk menunjukkan penentangan mereka terhadap kehadiran Rusia.

Keanggotaan Rusia di G20 berarti bahwa para pejabat Inggris mengakui bahwa hampir tidak mungkin bagi para pemimpin untuk menyetujui perundingan pada akhir KTT, dan tidak ada yang disepakati pada pertemuan keuangan atau urusan luar negeri sebelumnya.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, telah diundang untuk berpidato di KTT secara virtual.

Dia telah mengatakan dia tidak akan ambil bagian jika Putin hadir.

Rishi  Sunak akan menggunakan intervensi pertamanya pada pertemuan para pemimpin untuk membahas invasi Rusia secara langsung dan menekankan dukungan untuk Ukraina.


Isu Penting dalam G20

Saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Tiba untuk Menghadiri KTT G20 di Bali
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat pertemuan bilateral jelang KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). KTT G20 yang digelar pada 15-16 November di Bali memiliki tema utama 'Recover Together, Recover Stronger'. (Hendra A Setyawan/Pool Photo via AP)

Selain pidato utama oleh para pemimpin dunia, sejumlah pembicaraan bilateral akan diadakan dengan latar belakang ketegangan global yang mencakup invasi Ukraina dan dampak ekonomi global berikutnya.

G20 juga membahas mengenai krisis iklim, program nuklir Korea Utara yang semakin meluas, dan ambisi global China yang meningkat.

Ini adalah pertemuan terbesar oleh kelompok pemimpin sejak dimulainya pandemi virus corona, dan Indonesia sebagai negara tuan rumah telah menetapkan agenda yang berfokus pada pemulihan ekonomi dari pandemi.

Hal itu diterapkan dengan langkah-langkah permulihan kesehatan global, dan keberlangsungan energi berkelanjutan.


Siapa Saja yang Datang

Banner Infografis B20 Menuju KTT G20 Diwarnai Aktris Hollywood dan Tokoh Dunia, Tantangan Bak Spiderman dalam Kemelut Multiverse
Banner Infografis B20 Menuju KTT G20 Diwarnai Aktris Hollywood dan Tokoh Dunia, Tantangan Bak Spiderman dalam Kemelut Multiverse (Liputan6.com/Abdillah)

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga berangkat ke Bali, di mana ia menghadapi ujian diplomatik besar pertamanya.

Ia fokus pada invasi Rusia ke Ukraina secara langsung dan menekankan dukungan untuk Kyiv.

"Kami akan memanggil rezim Putin, dan membeberkan penghinaan mereka terhadap jenis kerja sama internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan yang diwakili oleh forum seperti G20," kata Sunak dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (12/11/2022).

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy juga telah diundang untuk berpidato di KTT secara virtual.

Biden dan Sunak akan bertemu tatap muka untuk pertama kalinya di G20 pada hari Rabu ketika para diplomat AS meningkatkan tekanan untuk menyetujui kesepakatan tentang protokol Irlandia Utara pada peringatan 25 tahun perjanjian Jumat Agung tahun depan.

Biden telah mengisyaratkan bahwa dia akan mengunjungi Irlandia Utara untuk peringatan tersebut dan telah lama ingin melindungi perjanjian tersebut.

Perdana Menteri Inggris juga dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan empat mata dengan putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Para pemimpin dunia lainnya yang hadir termasuk presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, PM Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol, kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Turki Recep Tayyip ErdoÄŸan, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Presiden Brasil Jair Bolosonaro yang keluar tidak akan hadir.

Uni Eropa akan diwakili oleh Ursula von der Leyen dan Charles Michel.

Infografis B20 Summit Menuju KTT G20 Indonesia 2022
Infografis B20 Summit Menuju KTT G20 Indonesia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya