Bukannya Nakal, 10 Ras Kucing Ini Memang Cerdas dan Hiperaktif

Berikut ras kucing cerdas yang bisa kalian pelihara.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 16 Nov 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 13:00 WIB
Kucing
Ilustrasi Kucing Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Secara umum, kucing adalah hewan peliharaan yang sangat cerdas jika dibandingkan dengan beberapa hewan lainnya. Tidak terlalu sulit untuk mengidentifikasi kucing pintar-mereka dapat dilatih, berinteraksi dengan baik dengan hewan lain, dan dapat beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru.

Kesamaan di antara kucing cerdas adalah mereka biasanya memiliki banyak energi dan sifat nakal. Kenakalan itu lebih kepada rasa ingin tahu mereka.

Sebagian besar kucing cerdas menikmati tantangan, mempelajari trik, dan memainkan permainan interaktif.

Kucing-kucing ini juga memahami rutinitas rumah tangga, seperti kapan Anda biasanya pulang, waktu makan, dan kapan harus melakukan aktivitas tertentu.

Melansir The Spurce Pets, Rabu (16/11/2022), berikut 10 ras kucing terpintar jika Anda ingin mencari kucing pintar.

1. Abyssinian

<p>Kucing Abyssinian (freepik)</p>

Kucing yang tampak ramping ini atletis, lincah, dan penuh kasih sayang terhadap manusia. Abyssinian sangat cerdas dan sangat selaras dengan kegiatan keluarga mereka. Jenis ini menikmati ketinggian, bertengger di atas ruangan, dan mengawasi segala sesuatu.

Dari semua ras kucing, kucing yang satu ini belajar trik dengan cepat dan akan menikmati pelatihan ketangkasan kucing. Umumnya, mereka bukan kucing yang manja tetapi mereka suka dibelai atau disikat.

Mereka juga cenderung suka ditemani hewan lain dan beradaptasi dengan baik di sebagian besar tempat tinggal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Balinese

Kucing Balinese
Kucing Balinese (Wikipedia)

Balinese adalah versi berbulu panjang dari ras kucing Siamese. Mereka cenderung menjadi kucing aktif yang suka menyelidiki segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia.

Mereka juga kucing yang cerewet, sering menyuarakan pendapat mereka. Jaga agar kucing ini tetap aktif dengan puzzle atau mainan penggoda dan pohon kucing besar untuk dipanjat.

Ras ini dapat belajar mengambil, berjalan dengan tali, dan mengetahui trik dengan cepat. Mereka biasanya penuh kasih sayang dengan keluarga mereka, tetapi bisa menjadi nakal menjelajahi rumah mereka jika dibiarkan terlalu lama tanpa stimulasi.

 


3. Bengal

Kucing Bengal
Kucing Bengal (sumber: Pixabay)

Bengal mungkin terkenal karena bulunya yang eksotis yang menyerupai jaguar atau macan tutul. Ras ini berasal dari persilangan kucing domestik dengan macan tutul Asia.

Bengal sangat cerdas, atletis, dan masih sedikit liar. Mereka suka berlari, melompat, memanjat, dan bermain.

Kucing satu ini membutuhkan ruang yang cukup untuk berolahraga (terutama ruang vertikal) dan tantangan mental, seperti permainan puzzle dan mainan.

Cakarnya yang lincah hampir sama baiknya dengan tangan manusia. Beberapa dapat menghidupkan dan mematikan sakelar lampu, mencabut ikan peliharaan dari akuarium, dan mengeluarkan barang-barang kecil dari laci.

 


4. Burmese

Kucing Burmese
Kucing Burmese (Wikipedia)

Burmese adalah jenis yang energik dan ramah yang suka berinteraksi dengan orang-orangnya. Kucing ini pintar, mudah beradaptasi, suka bermain, dan mudah dilatih.

Selain bisa dilatih untuk duduk, berguling, melambaikan tangan, dan datang, ras ini dapat mengambil mainan kecil atau berjalan dengan tali.

Mereka dapat berkembang dalam sosialisasi dan lebih suka ditemani, termasuk dengan hewan lain. 

 


5. Cornish Rex

Kontes Kucing Internasional di Rusia
Seekor kucing Cornish-rex menunggu penilaian, selama International Cat Show di Sochi, Rusia, Sabtu (29/1/2022). Sekitar seratus kucing berkompetisi dalam kompetisi internasional yang diadakan di resor Laut Hitam Sochi. (AP Photo/Ekaterina Lyzlova)

Kucing ini aktif dan ramah, dan beberapa orang mengatakan bahwa mereka agak mirip anjing saat bermain.

Banyak yang menikmati permainan lempar-tangkap atau melakukan trik seperti bermain piano.

Jari-jari kaki kucing ini yang panjang memungkinkannya untuk membuka pintu dan lemari dengan mudah, yang berarti kunci pengaman mungkin menjadi pilihan untuk dipertimbangkan.

Makhluk sigap ini memiliki kemampuan luar biasa untuk melompat ke titik tertinggi di dalam ruangan. Fitur fisik yang paling unik dari Cornish rex adalah bulunya yang bergelombang atau sedikit ikal.


6. Havana Brown

Kucing Havana Brown
Kucing Havana Brown (Wikipedia)

Havana brown adalah kucing cantik dengan bulu halus berwarna cokelat. Ini adalah jenis kucing yang relatif langka yang berasal dari persilangan Siamese dengan beberapa ras lainnya.

Mereka biasanya kucing yang cerdas, ingin tahu, dan cerewet yang suka bersosialisasi dengan keluarga mereka. Mereka cukup energik dan lebih menyukai mainan interaktif seperti permainan asah dan teka-teki untuk menantang mereka secara mental dan fisik.

 


7. Korat

Korat, dinamai untuk sebuah provinsi di Thailand, adalah jenis langka lainnya. Kucing ini dianggap sebagai keberuntungan di tanah airnya.

Mereka cerdas dan penuh perhatian terhadap dunia di sekitar mereka. Korat cukup energik, menikmati permainan interaktif, tetapi mereka juga suka tidur siang.

Ras ini dapat mempelajari trik, seperti bermain lempar-tangkap dan berjalan dengan tali.

Anda dapat dengan mudah mengajarkan kucing ini aturan rumah tangga jika menghadiahinya dengan pujian atau camilan.

Kucing ini sangat menyukai mainan, dan terkadang terlalu keras kepala untuk berbagi dengan kucing lain. Mereka berkembang pada perhatian dan biasanya penuh kasih sayang dengan keluarga mereka.

 

Kucing Korat
Kucing Korat (Wikipedia)

7. Savannah

[Bintang] 5 Binatang Hybrid Hasil Perkawinan Silang
Kucing Savannah. (Foto: i.ytimg.com)

Savannah adalah ras langka dan eksotis dengan kecerdasan tinggi. Dikembangkan dengan menyilangkan serval Afrika liar dengan kucing domestik, hibrida besar ini mempertahankan beberapa sisi liarnya dalam penampilan dan sikap.

Mereka membutuhkan banyak ruang untuk berlari, melompat, dan bermain. Dan mereka cepat bosan, mereka membutuhkan interaksi yang cukup dan stimulasi lingkungan.

Ras ini akan berjalan-jalan dengan tali, mencari air untuk bermain, dan mengobrak-abrik sudut, laci, lemari, dan kotak.

Kucing ini bahkan bisa menyalakan keran. Pastikan Anda melindungi barang yang mudah pecah di rak karena kucing yang suka melompat ini suka memanjat dan menjelajah.

 


9. Siamese

Kucing Siamese
Kucing Siamese (Freepik)

Salah satu ras kucing yang paling populer dan dikenali di dunia adalah Siamese. Ras ini dikenal karena bulunya yang indah, sifat penasarannya, dan kecenderungan cerewet.

Kucing ini cerdas, penuh kasih sayang, dan energik. Mereka suka bermain dan sangat membutuhkan perhatian dan kebersamaan.

Sibukkan otak kucing ini dengan mainan puzzle dan teaser. Anda juga bisa berikan pohon kucing yang besar untuk dipanjat, kucing ini akan menghargainya.

Jika bosan, kucing Siamese akan menghibur dirinya dengan menyalakan keran, membuka lemari, atau mengobrak-abrik tempat yang tidak seharusnya.


10. Singapura

Kucing Singapura
Kucing Singapura (Wikipedia)

Sesuai dengan namanya, Singapura berasal dari jalanan Singapura. Ras ini datang ke AS selama tahun 1970-an dan masih dianggap langka.

Kucing kecil ini umumnya suka bermain, ramah, dan ingin tahu. Mereka suka terlibat dengan apa yang dilakukan manusia.

Ras ini agak aktif dan suka memanjat, jadi pastikan untuk menyediakan banyak ruang vertikal. Kucing nakal ini akan memanjat tirai atau melompat ke bahu Anda saat Anda berjalan untuk menumpang. Mereka juga dapat mengejar bola kecil di lorong.

Delirium, Gejala COVID-19, Gejala Baru COVID-19, Gejala Covid, Gejala Baru Covid
Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya