6 Daftar Pemain Tertua di Piala Dunia 2022 Qatar

Tanpa memandang usia, sejumlah pesepak bola yang sudah berumur kemungkinan akan menjadikan Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi laga Piala Dunia terakhir mereka.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 21 Nov 2022, 11:53 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2022, 11:52 WIB
Ilustrasi - Lionel Messi, Harry Kane, Kylian Mbappe, Neymar, Cristiano Ronaldo Piala Dunia 2022
Ilustrasi - Lionel Messi, Harry Kane, Kylian Mbappe, Neymar, Cristiano Ronaldo Piala Dunia 2022 (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar baru saja dimulai pada Minggu 20 November 2022. 

Beberapa negara telah mengumumkan skuad resmi mereka untuk turnamen ini dan para penggemar sepak bola di seluruh dunia sedang menunggu tim kebanggaan mereka untuk memulai aksinya.

Ajang Piala Dunia 2022 Qatar merupakan salah satu event olahraga terbesar di dunia dengan jutaan penggemar yang akan terus memadati stadion dengan berbagai macam aksi yang dilakukan demi menunjukan kecintaan mereka terhadap sepak bola.

Olahraga ini juga telah menghasilkan banyak legenda dan pemain kelas dunia yang menunjukan kemampuan luar biasa mereka.

Para pemain pun mempunyai pengaruh yang sangat besar, khususnya dalam perkembangan sepak bola itu sendiri.

Piala Dunia juga menjadi titik balik dan tempat tertinggi dalam olahraga sepak bola untuk menunjukan kekuatan setiap negara dan kehebatan setiap pemain yang dimiliki.

Lewat Piala Dunia juga para legenda menunjukan kemampuan mereka dan ajang pembuktian bahwa mereka memang layak untuk disebut sebagai legenda.

Setiap pemain sepak bola pastinya bermimpi mewakili negaranya dalam turnamen terbesar di dunia sepak bola.

Tanpa memandang usia, sejumlah pesepak bola yang sudah berumur kemungkinan akan menjadikan Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi laga Piala Dunia terakhir mereka.

Meskipun usia mereka sudah tidak lagi, pengamalan dan kemampuan mereka masih menjadi ancaman yang menakutkan.

Mengutip dari laman Sports Keeda, Senin (21/11/2022) berikut enam daftar pemain tertua di Piala Dunia 2022 di Qatar:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cristiano Ronaldo (Portugal) - 37 Tahun

Foto: Deretan Pemain Top yang Mungkin Akan Bermain untuk Terakhir Kalinya di Piala Dunia 2022, Termasuk Ronaldo dan Messi
Nama pertama ada Cristiano Ronaldo. Piala Dunia 2022 akan menjadi edisi kelimanya bersama Timnas Portugal. CR7 sendiri telah mengoleksi 188 caps dan 177 gol untuk Seleccao. Pada tahun ini, Ronaldo telah berumur 37 tahun dan empat tahun lagi usianya akan menginjak 41 tahun. Hal tersebut membuat edisi kali ini mungkin akan menjadi ajang terakhir bagi sang bintang. Di Qatar, Ronaldo dkk tergabung dalam Grup H bersama Uruguay, Ghana, dan Korea Selatan. (AFP/Pedja Milosavljevic)

Ketika ia memimpin timnya dalam piala dunia di Qatar, Cristiano Ronaldo akan bergabung dengan daftar pemain elit yang telah bermain di lima Piala Dunia yang berbeda.

Ini kemungkinan besar akan menjadi Piala Dunia terakhir Ronaldo, karena ia memasuki turnamen empat tahunan sebagai pencetak gol terbanyak dalam sepak bola internasional pria (117).

Ronaldo akan memimpin barisan untuk Portugal di Piala Dunia FIFA 2022 dan akan berharap untuk membawa pulang trofi kemenangan yang sangat diharapkan penggemar.


2. Thiago Silva (Brasil) - 38 Tahun

Foto: Masuk Skuad Brasil ke Piala Dunia 2022 Qatar, Dani Alves di Ambang Rekor Jadi Pemain Tertua Brasil Sepanjang Sejarah Piala Dunia
Rekor Djalma Santos sebenarnya bukan hanya akan dipecahkan oleh Dani Alves seorang di Piala Dunia 2022 Qatar. Thiago Silva yang berusia 38 tahun juga masuk dalam skuad Brasil di Qatar nanti. Bila keduanya diturunkan, maka Thiago Silva juga berhasil memecahkan rekor Djalma Santos. (AFP/Carl De Souza)

Bek tengah veteran tim Chelsea dan Brasil, Thiago Silva akan berusaha untuk membawa semua pengalamannya ke depan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Meskipun sudah berusia 38 tahun, Silva terus menjadi pemain yang dominan di jantung pertahanan baik untuk klub maupun negara.

Ia akan menunjukan setiap kemampuan dan pengalaman yang dimiliki untuk membawa pulang piala kebanggaan.


3. Dani Alves (Brasil) - 39 Tahun

Foto: Masuk Skuad Brasil ke Piala Dunia 2022 Qatar, Dani Alves di Ambang Rekor Jadi Pemain Tertua Brasil Sepanjang Sejarah Piala Dunia
Beberapa kejutan memang telah diambil oleh Tite, pelatih Timnas Brasil menyusul diumumkannya 26 nama skuad Tim Samba yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Selain tidak memasukkan nama Roberto Firmino, publik juga seolah dibuat bertanya-tanya dengan keputusannya memnyertakan pemain senior Dani Alves yang telah menginjak usia 39 tahun. Jika ia dimainkkan di Qatar nanti, otomatis ia akan mencatat rekor sebagai pemain tertua Brasil yang bermain di Piala Dunia sepanjang sejarah. (AFP/Douglas Magno)

Dani Alves akan menjadi pemain tertua Brasil di Piala Dunia 2022 dan ia juga akan menjadi pemain Brasil tertua yang pernah tampil di Piala Dunia Qatar 2022.

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Djalma Santos, yang bermain di Piala Dunia 1966 pada usia 37 tahun.

Bek kanan ikonik ini sebelumnya berpartisipasi dalam tiga Piala Dunia, tetapi tidak menjadi bagian dari tim untuk edisi Piala Dunia pada 2018 karena cedera.


4. Eiji Kawashima (Jepang) - 39 Tahun

Eiji Kawashima
Penjaga gawang tim nasional Jepang, Eiji Kawashima. (AFP/Nicolas Asfouri)

Kiper veteran Eiji Kawashima, yang akan berusia 40 tahun pada Maret 2023, namun Ia tetap masuk dalam skuad Jepang untuk Piala Dunia 2022.

Dia telah menjadi kiper pilihan pertama Jepang selama 12 tahun dan tampil mengesankan di Piala Dunia 2018.

Kawashima kini telah memecahkan rekornya sendiri sebagai pemain Jepang tertua dalam sejarah Piala Dunia dan kemungkinan akan menjadi kiper pilihan pertama di Qatar.


5. Pepe (Portugal) - 39 Tahun

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Irlandia vs Portugal
Reaksi bek timnas Portugal Pepe pada laga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa melawan Republik Irlandia di Stadion Aviva, Jumat (12/11/2021) dinihari WIB. Diwarnai kartu merah Pepe, Portugal ditahan imbang 0-0 oleh Irlandia. (AP Photo/Peter Morrison)

Bek tengah Portugal, Pepe telah memiliki karier yang mengagumkan baik untuk klub maupun negaranya.

Dia adalah pemain legendaris dan terus menjadi salah satu bek pilihan pertama Portugal pada usia 39 tahun.

Pengalaman Pepe di panggung besar akan sangat penting bagi Portugal di Piala Dunia FIFA 2022.

Pepe adalah bagian dari tim Portugal yang memenangkan UEFA Euros pada 2016 dan UEFA Nations League 2019.

Dan memenangkan Piala Dunia akan menjadi puncak karier yang luar biasa.


6. Atiba Hutchinson (Kanada) - 39 Tahun

Foto: Deretan Pemain dengan Caps Terbanyak dari Masing-masing Tim di Grup F Piala Dunia 2022
Atiba Hutchinson menjadi salah satu pemain tertua yang akan berlaga di Piala Dunia 2022. Pria 39 tahun itu tercatat telah membuat 97 penampilan bersama Timnas Kanada. Sama seperti Romain Saïss, ia kini berkarier di klub Turki, Besiktas. Sebelumnya Hutchinson pernah berseragam FC Copenhagen dan PSV Eindhoven. (AFP/Wendell Escoto)

Kanada menuju ke Piala Dunia dengan skuad yang cukup muda dan berbakat, tetapi mereka juga memiliki pemain tertua di turnamen ini, yaitu Atiba Hutchinson.

Dia adalah satu-satunya pemain yang lahir ketika Kanada terakhir kali bermain di Piala Dunia pada tahun 1986.

Dia juga memegang rekor penampilan terbanyak untuk Kanada dengan 97 laga.

Infografis Grup A Piala Dunia 2022
Infografis Grup A Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya