Stadion 974 Bisa Dibongkar Pasang, Ini 7 Keunikan Lokasi Laga 16 Besar Piala Dunia 2022

Stadion 974 adalah stadion Piala Dunia 2022 yang terbuat dari 974 kontainer.

oleh Azizah Savira diperbarui 21 Nov 2022, 13:48 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2022, 12:02 WIB
Foto: 974, Stadion Unik dan Inovatif di Piala Dunia 2022 Qatar
Karena konstruksinya menggunakan kontainer, Stadion 974 pun menjadi stadion pertama dalam sejarah Piala Dunia FIFA yang bisa didekonstruksi atau ditata ulang. (AFP/Karim Jaafar)

Liputan6.com, Doha - Qatar, pada Sabtu, 19 November 2022, meluncurkan venue ketujuh mereka untuk Piala Dunia 2022 yaitu Stadion 974. Salah satu stadion yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 dan berkapasitas 40.000 kursi tersebut sangat unik karena menggunakan angka sebagai nama.

Tempat ini seperti Khalifa International, Al Janoub, Education City, Ahmad Bin Ali, Al Bayt dan Al Thumama yang dinyatakan siap untuk menyelenggarakan pertandingan untuk Piala Dunia Qatar 2022, dengan hanya satu tempat lagi yang tersisa untuk diresmikan.

Sebelumnya dikenal sebagai Ras Abu Aboud, Stadion 974 akan diresmikan selama Piala Arab yang dimulai pada 30 November 2021.

Dilansir Times of Doha pada Senin (21/11) Stadion 974 akan menjadi tuan rumah pertandingan antara Suriah dan UEA pada hari pembukaan. Stadion 974 akan menjadi tuan rumah untuk tujuh pertandingan Piala Dunia 2022, hingga tahap Babak 16 Besar.

Stadion 974 diklaim memiliki konstruksi lebih sedikit dan membutuhkan bahan material, sehingga mengurangi limbah serta meminimalisir jejak karbon pada proses pembangunannya.

Tempat ini memiliki banyak aspek menarik. Berikut lima fakta yang harus kamu ketahui tentang Stadion 974,

1. Mengapa disebut Stadium 974?

Nomenklatur tempat ini menarik. Kamu mungkin berpikir, mengapa sebuah angka ditetapkan sebagai bagian dari nama untuk tempat penyelenggaraan Piala Dunia. Tetapi ini memiliki beberapa alasan yang sangat menarik.

Stadion 974 dibangun menggunakan kontainer pengiriman, seperti yang telah disebutkan bahwa 974 adalah jumlah kontainer pengiriman yang digunakan untuk membangun venue. Menarik, bukan? Bukan itu saja.

974 juga merupakan kode panggilan internasional Qatar dan itu juga berperan di balik nama stadion. Nama ini juga seharusnya mencerminkan posisi strategis stadion, yang terletak dekat dengan Bandara Internasional Hamad, Bandara Doha dan Pelabuhan Doha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stadion pertama yang dapat dibongkar dan tidak memiliki pendingin

Stadion 974, paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Stadion 974, paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)

2. Stadion pertama yang sepenuhnya dapat dibongkar dalam sejarah Piala Dunia

Stadion 974 dianggap cukup menarik karena dapat sepenuhnya dibongkar setelah digunakan dalam sejarah Piala Dunia. Stadion ini dibangun menggunakan kontainer pengiriman dan rangka baja modular, yang mencerminkan sejarah maritim Qatar.

Desain stadion membuatnya menarik secara visual sekaligus memastikan efektivitas biaya, mengingat lebih sedikit bahan yang digunakan dibandingkan dengan stadion tradisional.

3. Tidak perlu Teknologi Pendinginan Canggih

Salah satu fitur yang paling menonjol dari venue Piala Dunia 2022 adalah Advanced Cooling Tech yang akan menjaga suhu di dalam stadion agar tetap optimal, baik untuk para penggemar maupun para pemain.

Namun, Stadion 974 akan menjadi satu-satunya tempat Piala Dunia yang tidak akan memiliki teknologi pendingin. Stadion ini tidak membutuhkannya, mengingat desainnya yang inovatif.

Stadion ini berventilasi alami karena desain dan lokasinya yang sangat dekat dengan tepi laut.


Memiliki warna yang berbeda dan efek keberlanjutan

Stadion 974 di Doha, Qatar, dibangun menggunakan bahan yang bisa didaur ulang (Photo: AFP)
Stadion 974 di Doha, Qatar, dibangun menggunakan bahan yang bisa didaur ulang (Photo: AFP)

4. Keberlanjutan di garis depan

Stadium 974 adalah contoh keberlanjutan yang cemerlang dalam beberapa hal.

Mengingat tidak diperlukannya teknologi pendinginan, dikombinasikan dengan desain stadion yang efisien, berarti penggunaan air di tempat ini telah berkurang hampir 40 persen.

Desain modular stadion memanfaatkan kontainer pengiriman. Lebih menarik lagi, kontainer pada awalnya digunakan untuk mengangkut bahan bangunan untuk venue sebelum menjadi bagian dari kerusakan.

Sebagai tambahan, sebagian besar struktur stadion telah dibangun menggunakan baja daur ulang.

5. Setiap warna kontainer memiliki fungsi beda beda

Kontainer ini memiliki berbagai warna yang berbeda-beda mulai dari biru, kuning, hitam, silver dan hijau. Dari perbedaan warna-warna tersebut mereka juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Warna biru berfungsi untuk kantin tempat penonton membeli makanan dan cemilan. Lalu warna kuning untuk toilet sedangkan warna hitam untuk ruang para pemain.

Selanjutnya warna silver untuk ruang VIP dan warna hijau untuk medical assistance atau pertolongan pertama.


Mudah diakses dan penyelenggara Influencer Cup

Foto: 974, Stadion Unik dan Inovatif di Piala Dunia 2022 Qatar
Bisa dibilang 974 Stadium merupakan salah satu stadion paling unik dan inovatif di dunia lantaran dibangun dari kontainer pengiriman barang. (AFP/Karim Jaafar)

6. Sangat mudah diakses

Mengakses Stadium 974 seharusnya mudah bagi para penggemar. Sebab, lokasinya memang sangat strategis.

Stadion ini terletak dalam jarak 4 km dari Bandara Internasional Hamad. Juga sangat dekat dengan Bandara Doha dan Pelabuhan Doha.

Venue ini juga mudah diakses menggunakan Doha Metro. Stadion ini terletak dalam jarak 800 m dari Stasiun Ras Abu Abboud di jalur emas metro.

Bepergian ke sana ke mari dari stadion untuk Piala Dunia harus menjadi hal yang menyenangkan bagi para penggemar.

7. Menjadi penyelenggara turnamen unik

Stadium 974 akan jadi tuan rumah Influencer Cup. Itu adalah turnamen untuk pembuat konten dari berbagai belahan dunia yang berlangsung di Doha, Qatar, pada 28-29 Maret 2022.

Acara ini diselenggarakan oleh Qatar Supreme Committee for Delivery and Legacy. Turnamen itu juga akan mengumpulkan Duta Warisan Qatar dan legenda FIFA lainnya seperti Cafu, Samuel Eto'o, Tim Cahill, Javier Mascherano, Lothar Matthaeus, hingga Marcel Desailly.

Di antara para peserta, influencer terkenal seperti Billy Wingrove, Sean Garnier, Werevertumorro, dan Morena Beltran.

 

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya