4 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Asing

Berikut ini empat aplikasi pembelajaran bahasa asing terbaik untuk digunakan.

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 14 Des 2022, 08:40 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 08:40 WIB
Pasangan LDR Pasti Khatam Banget Sama Pelajaran Luar Biasa Ini
LDR memang sulit, tapi apa yang akan didapat membuatnya layak diperjuangkan. (Foto: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Hidup di dunia multibahasa menuntut kita untuk dapat menguasai lebih dari satu bahasa.

Bahasa-bahasa yang kita pelajari ini kemudian dapat digunakan untuk membangun koneksi dengan orang lain. Selain itu, mempelajari bahasa asing dapat mengubah karier seseorang secara drastis.

Hidup di dunia yang saling terhubung memiliki arti setiap perusahaan membuka lowongan pekerjaan yang mengutamakan pekerjanya memahami lebih dari satu bahasa. Hal ini pun menjadi penting untuk setiap pencari pekerjaan saat ini untuk mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa universal atau bahasa Inggris.

Seiring banyaknya perusahaan mulai membuka lowongan pekerjaan secara internasional dan menjalin hubungan dengan negara lain, karyawan sering diminta melakukan perjalanan ke luar pulau untuk bekerja. Hal ini biasanya dilakukan untuk membantu meningkatkan hubungan yang telah dijalin atau untuk merelokasi ke luar negeri.

Selain bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau memajukan karier yang sedang dirintis, mempelajari bahasa asing juga dapat memberi kita wawasan yang lebih luas mengenai budaya dari bahasa itu sendiri.

Saat kita telah mempelajari budaya dari bahasa tersebut, kita bisa menjadi lebih siap dan percaya untuk berkeliling dunia dan menjelajahi cara hidup orang lain.

Di sisi lain, terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh seseorang multibahasa. Di antaranya adalah dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak dan membantu meningkatkan pemahaman kita terhadap bahasa yang sudah dipahami.

Aplikasi pembelajaran bahasa bisa menjadi media praktis untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing. Terdapat berbagai jenis aplikasi yang menyediakan layanan mempelajari bahasa yang bisa dipilih.

Namun, bagian yang sulit adalah untuk mencari aplikasi yang sesuai dengan jenis pembelajaran yang kita butuhkan.

Setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda-beda. Merangkum dari situs CNET, Selasa (13/12/2022), berikut ini empat aplikasi pembelajaran bahasa asing terbaik untuk digunakan:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Duolingo

Duolingo.com
Duolingo (sumber: Duolingo.)

Duolingo telah menjadi aplikasi bahasa paling populer saat ini. Aplikasi ini menawarkan pelajaran seperti permainan yang bisa membantu kita belajar lebih dari 35 bahasa yang berbeda-beda dan semuanya gratis.

Aplikasi ini menggunakan metode pengajaran berbasis sains dan bisa gaya bahasanya bisa dipersonalisasi sesuai yang dibutuhkan.

Belajar menggunakan aplikasi ini bersifat progresif, artinya setiap pelajaran dibangun dari pelajaran sebelumnya.

Kita tidak bisa melanjutkan level permainan jika kita belum bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Lalu, jika kita tidak menggunakan aplikasi ini terlalu lama, Duolingo akan meminta kita untuk mengulang pelajaran dan memastikan kita tidak melupakan pelajaran sebelumnya.

 


2. Memrise

Memrise
Memrise (Memrise)

Aplikasi pembelajaran yang satu ini memiliki fokus membangun kosakata dan jenis percakapan santai yang mungkin akan kita lakukan saat bepergian.

Memrise merupakan alat pembelajaran yang berguna. Aplikasi android ini mudah diakses dan menggunakan pendekatan kartu flash yang sudah dikenal dengan pengulangan spasi untuk membantu kita menghapal kata dan frasa.

Dalam aplikasi ini, kita dapat menetapkan tujuan, teknik pembelajaran yang cepat, dan terdapat sedikit permainan dan dorongan untuk membuat kita terus belajar. Kita juga bisa mendapatkan banyak nilai dari versi gratisnya.

Selain itu, versi gratis Memrise memberi kita akses ke banyak hal, tetapi berbeda dengan fitur-fitur yang disediakan oleh versi yang berbayar.


3. Drops

Drops
Drops (Kahoot)

Drops memiliki pendekatan unik untuk membantu penggunanya mempelajari bahasa, dengan tampilan yang menarik untuk digunakan oleh seorang yang memiliki teknik belajar visual.

Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu kita membangun dan menambah kosakata. Aplikasi ini melakukannya dengan memasangkan gambar dan permainan mencocokkan dengan metode pengajaran.

Audio dari aplikasi ini membantu kita melatih pengucapan dari bahasa yang sedang dipelajari. Drops memiliki teknik yang menarik, karena mereka memberikan kita batasan saat belajar sehingga tidak membuat kita jenuh.

Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna merasa kewalahan karena belajar terlalu benyak sekaligus. Akan tetapi, fitur batasan ini hanya hadir untuk aplikasi versi berbayar.

 


4. Babbel

Babbel App
Babbel App (Screenshot Babbel)

Babbel merupakan pilihan yang tepat jika kita ingin mempelajari bahasa yang lengkap.

Babbel mengajarkan dasar-dasar tata bahasa, termasuk vokal dan konsonan khusus serta pengucapannya yang benar, sebelum beralih ke skenario percakapan dalam pengaturan umum.

Selain itu, Babbel juga menjelaskan aturan tata bahasa dengan baik saat kita berlatih untuk membangun pemahaman yang lebih dalam.

Campuran opsi pembelajarannya termasuk podcast dan permainan. Aplikasi ini memiliki kecepatan belajar yang bagus, dengan peningkatan kesulitan yang lambat dan banyak pengulangan spasi untuk memperkuat pembelajaran.

Infografis Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional
Infografis Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya