Juru Bicara David Beckham Akhirnya Angkat Bicara Terkait Keterlibatannya untuk Qatar

Setelah menuai banyak kritik dan tetapi diam, kini juru bicara Beckham akhirnya angkat suara.

oleh Anissa Rizky Alfiyyah diperbarui 16 Des 2022, 19:30 WIB
Diterbitkan 16 Des 2022, 19:30 WIB
Gaya Keren David Beckham Saat Saksikan Laga Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022
Mantan pemain dan kapten Inggris, David Beckham (kedua kiri) berbicara di tribun sebelum dimulainya pertandingan grup B Piala Dunia antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa, di Doha, Qatar, Senin (21/11/2022). (AP Foto/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta- David Beckham kembali dibicarakan publik setelah ramai dikritik karena ditunjuk sebagai duta Qatar untuk Piala Dunia 2022. Beckham mengklaim bahwa Piala Dunia 2022 di Qatar tersebut menjadi sebuah platform untuk kemajuan, inklusivitas, hingga toleransi.

Di tengah kritikan yang ia terima, Beckham terlihat diam dan tak berkomentar apapun. Tapi, Kamis lalu (15/12) juru bicara mantan kapten Inggris itu angkat suara. Terlebih, karena komedian Inggris Joe Lycett mengkritik Beckham habis-habisan. 

Juru bicaranya menyatakan, menurut Beckham kesepakatan senilai 272 juta us dollar atau Rp 4,2 triliun dengan Qatar dapat menjadi kekuatan untuk kebaikan. 

Mantan pesepakbola berusia 47 tahun ini dipercaya oleh negara tuan rumah untuk mempromosikan Piala Dunia FIFA, sekaligus memiliki kesepakatan 10 tahun untuk mempromosikan pariwisata di negara teluk tersebut. Dia adalah bagian dari kampanye pariwisata Qatar selama berbulan-bulan menjelang turnamen.

Diketahui bahwa Beckham ternyata mengantongi 17 juta us dollar atau setara Rp 265,6 miliar hanya untuk periode Piala Dunia 2022 saja. Lebih lanjut, promosinya tentang negara yang menentang homoseksualitas itu membuat masyarakat geram, mengingat Beckham merupakan salah satu ‘ikon’ komunitas gay.

“David terlibat dalam sejumlah Piala Dunia dan turnamen internasional besar lainnya baik sebagai duta maupun pemain dan dia selalu percaya bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk menjadi kekuatan untuk kebaikan di dunia,” ujar juru bicaranya, menanggapi kritik yang baru-baru ini datang untuk Beckham, melansir Wide World of Sport, Jumat (16/12/2022).


Tuai Kritik

Gaya Keren David Beckham Saat Saksikan Laga Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022
David Beckham saat menyaksikan pertandingan Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Senin (21/11/2022). Sebelumnya, Beckham menyampaikan pesan sebelum kick off Piala Dunia 2022 di Qatar dimulai pada Minggu 20 November 2022. (AP Foto/Martin Meissner)

Komedian Inggris Joe Lycett sebelumnya memprotes apa yang dilakukan Beckham dengan aksi menghancurkan uang setelah mengeluarkan ultimatum kepada mantan pesepakbola tersebut. 

Ia mencabik cabik uang sebesar 17.000 dollar sebagai protes atas peran Beckham bulan lalu, namun, Lycett kemudian mengkonfirmasi bahwa uang itu tidak disobek dan disumbangkan ke badan amal LGBTQ+.

Selain Lycett, tokoh sepak bola Australia yang kini menjadi pejuang keadilan sosial terkemuka, Craig Foster juga mengatakan bahwa tindakan Beckham benar-benar memalukan. 

"Bagi Beckham untuk menerima uang itu, tanpa mengakui pernyataan masa lalunya, dukungannya untuk komunitas LGBTI +, atau masalah aktual seperti yang terjadi saat ini di Qatar, benar-benar memalukan," kata Craig Foster kepada Wide World of Sports.


Klarifikasi Jubir Beckham

David Beckham
Mantan pemain Manchester United atau MU dan kapten timnas Inggris David Beckham (kedua kanan) berdiri sebagai penghormatan sebelum dimulai pertandingan Grup B Piala Dunia 2022 antara Inggris dan Iran di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022. (AP Photo/Martin Meissner)

Menanggapi berbagai kritik tersebut juru bicara Beckham juga melanjutkan bahwa hal yang Beckham lakukan merupakan hal positif. Terlebih, menurutnya, sepak bola merupakan olahraga paling populer dan memiliki kemampuan untuk menyatukan orang-orang dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. 

"Kami memahami bahwa ada pandangan yang berbeda dan sangat kuat tentang keterlibatan di Timur Tengah, tetapi melihatnya sebagai hal yang positif bahwa perdebatan tentang isu-isu utama telah dirangsang secara langsung oleh Piala Dunia yang pertama kali diadakan di wilayah tersebut,” lanjut juru bicara Beckham.

"Kami berharap bahwa percakapan ini akan mengarah pada pemahaman dan empati yang lebih besar terhadap semua orang dan bahwa kemajuan akan tercapai.


Sempat Diam Saat Diancam Lycett

Joe Lycett (sumber: twitter.com/joelycett)
Joe Lycett, tangkapan layar (sumber: twitter.com/joelycett)

Sebelum memberikan pernyataan, Beckham sempat diancam oleh Lycett, tapi, tetap diam. Lycett asalnya mengancam akan menghancurkan uang sebanyak 11.500 euro atau sebesar RP 198 juta jika Beckham tidak mundur sebagai duta bagi Qatar. Tetapi, ia akan menyumbangkan uang tersebut kepada badan amal LGBTQ+ jika mantan gelandang Manchester United itu mengundurkan diri pada November lalu. 

Namun, Beckham saat itu tidak mengundurkan diri dari kesepakatan itu dan tidak berkomentar apapun. Lycett kemudian membagikan video yang menunjukkan ia merobek-robek uang tunai. Meskipun kemudian ia mengungkapkan bahwa ia menyumbangkan uang itu. 

“Saya tidak pernah menunggu kabar apapun dari Beckham. Itu adalah ancaman kosong yang dirancang untuk membuat orang berbicara,” tutur Lycett. 

Beckham tetap diam atas kritik tersebut, namun akhirnya menanggapi kontroversi tersebut dengan sebuah pernyataan pada Kamis kemarin. Tanggapan tersebut diberikan dalam acara Lycett's Channel 4 Got You Back dan ditayangkan pada Kamis malam, tiga hari sebelum final Piala Dunia.

 

 

Infografis Final Piala Dunia 2022
Infografis Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya