5 Tanda yang Menunjukkan Pasangan Anda Belum Siap Menikah

Berikut ini deretan tanda yang menunjukkan bahwa pasangan Anda sebenarnya belum siap untuk menikah.

oleh Camelia diperbarui 08 Feb 2023, 19:03 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2023, 19:03 WIB
Rawan Terjadi Pertengkaran
Ilustrasi Pasangan Seumuran Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara semuanya akan berakhir pada dua pilihan, yaitu berakhir di tengah jalan atau di pelaminan. Sebagian besar dari kita, baik dalam waktu dekat atau di masa depan tentu mengincar yang terakhir. 

Menurut Pew Research Center, pernikahan adalah tujuan hidup yang ingin dicapai oleh kebanyakan orang Amerika, dengan sekitar 61 persen pria dan wanita yang belum menikah mengatakan bahwa mereka ingin menikah pada suatu saat dalam hidup mereka. Tetapi apakah pasangan Anda siap untuk mengambil langkah yang serius itu?

Rupanya pakar hubungan telah mengidentifikasi tanda-tanda yang jelas bahwa pasangan Anda belum siap untuk menikah saat ini. Dilansir dari Best Life, Rabu (8/2/2023), berikut ini deretan tanda yang menunjukkan bahwa pasangan Anda sebenarnya belum siap menikah. 

1. Mereka mengubah topik setiap kali membicarakan pernikahan 

Kebanyakan orang sangat ingin membicarakan hal-hal yang mereka sukai. Di sisi lain, mereka cenderung menghindari topik yang membuat mereka tidak nyaman.

Sandra Myers, pakar hubungan bersertifikat dan presiden Select Date Society, mengatakan bahwa banyak pasangan akan bekerja keras untuk mengubah topik pembicaraan kapan pun pernikahan muncul jika itu bukan langkah yang ingin mereka ambil dalam waktu dekat.

"Ketika pasangan Anda tidak dapat melakukan percakapan terbuka tentang pernikahan, mereka belum siap," kata Myers kepada Best Life. 

"Banyak orang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa pasangan mereka hanya gugup tentang subjek padahal kenyataannya mereka tidak siap. Jangan abaikan tanda ini," sambungnya.

Anda harus langsung bertanya kepada pasangan Anda apa pendapat mereka tentang masa depan Anda bersama dan seperti apa bagi mereka, menurut Jaida Pervis, seorang pakar hubungan bersertifikat dengan pengalaman lebih dari satu dekade. 

"Jika Anda menemui kesunyian yang canggung atau perubahan subjek yang cepat, itu pertanda pasangan Anda tidak nyaman dengan topik tersebut," dia memperingatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Mereka membuat komentar negatif tentang pernikahan secara umum

Pasangan
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay

Beberapa orang lebih terbuka dengan kebencian mereka terhadap pernikahan, bahkan dalam pengertian yang lebih umum. Menurut Pervis, Anda dapat mengukur bagaimana perasaan pasangan Anda tentang pernikahan dengan mendengarkan bagaimana mereka merespons setiap kali topik itu muncul.

"Jika mereka membuat komentar negatif ketika topik pernikahan muncul dengan teman atau bahkan keluarga, perhatikan apa yang dikatakan," sarannya.

Jangan mencoba mengabaikan apa yang mereka katakan juga, karena pembicaraan anti-pernikahan biasanya merupakan indikator yang jelas tentang bagaimana perasaan mereka sebenarnya tentang konsep tersebut, menurut Myers.

"Jika pasangan Anda selalu berkomentar tentang betapa buruknya pernikahan atau berbicara tentang bagaimana semua orang menikah yang mereka kenal tidak bahagia, itu pertanda bahwa mereka tidak ini terburu-buru ke jenjang tersebut," jelasnya. "Jangan abaikan komentar ini. Sebaliknya, bicarakan kekhawatiran pasanganmu dan cari contoh pernikahan yang positif."


3. Suasana hati mereka berubah ketika berbincang tentang pernikahan

Berkata Bohong Berkali-kali
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay

Ini bukan hanya tentang apa yang mereka katakan juga. Menurut Susan Trombetti, seorang pakar hubungan dan CEO dari Exclusive Matchmaking, perubahan halus dalam suasana hati mereka dapat membuat sangat jelas bagaimana perasaan pasangan Anda tentang kemungkinan pernikahan.

Trombetti memberi tahu kehidupan terbaik bahwa jika emosi mereka memburuk setiap kali pernikahan diangkat, itu bukan pertanda baik untuk mengambil langkah selanjutnya.

"Pasangan Anda belum siap untuk menikah jika suasana hatinya sedang buruk saat Anda membicarakannya," katanya, menambahkan bahwa jika mereka tampak bersemangat tentang hubungan Anda dengan cara lain, kemungkinan perubahan emosi mereka ini diarahkan secara khusus pada pernikahan. "Mereka menyukai hubungan apa adanya, dan mereka bahkan mungkin menjadi pasangan yang hebat. Mereka belum siap."


4. Mereka belum mencoba memperkenalkan Anda kepada keluarganya

Mudah Marah Pada Hal Kecil
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay

Ketika seseorang serius untuk menikah dengan Anda, mereka akan ingin mengintegrasikan Anda ke dalam kehidupan mereka, menurut Tiffany Homan, pakar hubungan yang bekerja dengan Hukum Perceraian Texas.

Jadi, jika pasangan Anda belum mengambil langkah apapun untuk memperkenalkan Anda kepada keluarganya, kemungkinan pernikahan belum ada di pikirannya.

"Selain menjengkelkan secara umum, ini mungkin juga menjadi petunjuk yang jelas bahwa hubungan itu tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat. Mereka menyatakan bahwa mereka tidak melihat Anda di masa depan dengan tidak menghadirkan Anda kepada keluarga mereka," kata Homan.

"Ketika pasangan Anda tulus tentangmu, mereka ingin memasukkan Anda ke dalam hidup mereka dan membual tentang Anda kepada teman dan keluarga mereka," sambungnya.


5. Mereka menghindari percakapan tentang masa depan

Melarang Komunikasi dengan Lawan Jenis
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay

Anda juga bisa menentukan apakah pasangan Anda sudah siap untuk menikah melalui percakapan lainnya. Menurut Trombetti, seseorang yang tidak siap berjalan menuju pelaminan cenderung menghindari percakapan mendalam tentang masa depan secara umum.

"Mereka menunda langkah selanjutnya dalam hubungan seperti mendiskusikan tempat baru untuk Anda berdua tinggal, atau apapun yang berkaitan dengan menggabungkan hidup Anda bersama," katanya.

"Langkah-langkah ini membuat Anda semakin dekat dengan pernikahan, dan mereka belum menginginkannya," lanjutnya.

Dan jika mereka berbicara tentang masa depan, Pervis menyarankan Anda untuk memperhatikan kata-kata spesifik yang mereka gunakan.

"Ketika seseorang benar-benar berinvestasi untuk bersama Anda, mereka tidak hanya menunjukkannya melalui tindakan, tetapi biasanya terjadi dialog terbuka tentang masa depan bersama. Ini termasuk karier, keputusan hidup, keluarga berencana, dan pernikahan," katanya.

"Dengarkan baik-baik, dan jika percakapan selalu tentang 'aku' daripada 'kita', kemungkinan besar tidak ada masa depan dan pernikahan dalam rencananya," tambahnya.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya