Niat Puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab dan Latin Lengkap dengan Artinya

Jika sudah mengetahui hukum puasa bagi umat muslim, selanjutnya penting untuk mengetahui bacaan niat puasa Ramadhan. Berikut ini adalah niat puasa Ramadhan dalam bahasa arab dan latin lengkap dengan artinya:

oleh Camelia diperbarui 28 Mar 2023, 11:50 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 10:48 WIB
Amalan Sunnah di Hari Arafah
Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Setiap umat muslim yang telah baligh dan berakal diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ya, hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah wajib terutama bagi yang berakal sehat, sudah baligh atau dewasa dan mampu (sehat jasmani dan rohani). Hal ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah ayat 183)

Meskipun hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah wajib, namun ada pula beberapa golongan yang tidak wajib atau boleh meninggalkan ibadah puasa Ramadhan. Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 184.

“(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah ayat 184)

Jika sudah mengetahui hukum puasa bagi umat muslim, selanjutnya penting untuk mengetahui bacaan niat puasa Ramadhan. Berikut ini adalah niat puasa Ramadhan dalam bahasa arab dan latin lengkap dengan artinya:


Niat Puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab dan Latin

Niat Puasa Tarwiyah
Ilustrasi Membaca Niat Puasa Tarwiyah Credit: pexels.com/pixabay

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin an adai fardhi syahri ramadhana haadzhihis sanati lillahi taala.


Artinya

Macam-macam Puasa Sunnah
Macam-macam Puasa Sunnah (Sumber: Pixabay)

"Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala."

   


Bacaan Buka Puasa

drink-kezo
ilustrasi minuman rendah kalori untuk buka puasa/pixabay

Setelah mengetahui niat puasa Ramadhan penting juga untuk Anda tahu doa buka puasa Ramadhan. Bacaan doa buka puasa ini tak lain merupakan sebuah hadis riwayat dari Mu'adz bin Zuhrah dan Abu Daud.

Adapun bacaan doa buka puasa Ramadhan yang dikenal secara lebih luas tersebut yakni sebagai berikut:

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya,

"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

 

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta
Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya