Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian Berdasarkan MBTI

Melalui Myers Briggs Type Indicator (MBTI), seseorang bisa mengetahui pekerjaan terbaik untuk setiap tipe kepribadian MBTI.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 22 Sep 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023, 12:30 WIB
Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian Berdasarkan MBTI
Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian Berdasarkan MBTI - Credit: unsplash.com/Amy

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui tipe kepribadian bisa menjadi salah satu cara individu dalam memilih karier yang cocok. Pengetahuan ini dapat membantu setiap individu dalam memahami tipe pekerjaan dan tempat pekerjaan yang cocok untuk mereka.

Melalui Myers Briggs Type Indicator (MBTI), seseorang bisa mengetahui karier terbaik untuk setiap tipe kepribadian MBTI.

Nah, penasaran pekerjaan apa yang cocok berdasarkan MBTI? Berikut ulasannya seperti melansir dari YouTango, Jumat (22/9/2023).

1. ISTJ (Introvert, Sensing, Thinking, Judgement): Keuangan, Teknik dan Teknologi

ISTJ sangat terorganisir dan suka menertibkan masalah sesering mungkin. Kapan pun mengambil keputusan, ISTJ akan melihat semua fakta dan menggunakan pengetahuan analitisnya sebelum mengambil kesimpulan.

Struktur, jadwal dan tenggat waktu sangat penting untuk menjaga ISTJ merasa memegang kendali.

Karier terbaik untuk ISTJ aalah karier yang memungkinkan mereka menggunakan sifat investigasinya sepanjang waktu. Bidang sains dan teknik adalah yang terbaik karena memerlukan pekerjaan yang didasarkan pada logika dan penelitian.

Karier lainnya termasuk akuntan, insinyur, dirgantara, pemrogram komputer dan pengembang perangkat lunak.

2. ISTP (Introvert, Sensing, Thinking, Perception): Arsitektur, Fotografi dan Mekanika

Kepribadian individu ISTP sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dnegan lingkungan sekitar. Tempatkan mereka di lingkungan baru dan mereka akan menggunakan kekuatan observasi dan kepraktisannya untuk memecahkan masalah apa pun yang mereka hadapi.

Seperti seorang pengrajin, ISTP dikenal karena perhatiannya terhadap detail dan kemampuannya membuat keputusan yang kreatif namun logis.

Karier terbaik untuk ISTP adalah karier yang memberikan hasil nyata. Daripada merasa puas secara teori, ISTP lebih suka menunjukkan sesuatu yang nyata atas kerja kerasnya.

Mereka juga mahir menggunakan alat-alat perdagangannya dengan terampil, sehingga karier di bidang pertukangan kayu, arsitektur, fotografi, atau mekanik adalah yang terbaik bagi mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. ISFJ (Introvert, Intuitive, Feeling, Judging): Kesehatan, Pekerjaan Sosial dan Pengabdian Masyarakat

kanker serviks
ilustrasi dokter/Photo by rawpixel.com from Pexels

Kepraktisan dan kepribadian ISFJ yang membumi menjadikannya pelindung yang hebat.

Mereka sangat berbelas kasih dan peduli terhadap orang-orang di sekitarnya, dan ingin orang-orang yang bekerja bersamanya mengetahui bahwa mereka sangat setia, apa pun yang mereka lakukan dan bahwa mereka bisa diandalkan dalam hal apa pun.

ISFJ percaya pada tradisi dan stabilitas, mengetahui bahwa hal terpenting ketika membina dan memelihara hubungan adalah selalu berpegang pada nilai-nilaimu dan membuktikan kesetiaanmu.

Karier apa pun di komunitas atau layanan sosial, seperti pekerjaan sosial atau industri kesehatan, adalah jalur karier terbaik untuk diikuti ISFJ.

4. ISFP (Introvert, Sensing, Feeling, Perception): Desain Grafis, Pelatihan Kebugaran dan Fashion

ISFP bersifat spontan dan lembut, memilih untuk hidup bahagia pada saat ini daripada khawatir tentang masa lalu atau masa kini.

ISFP juga dianggap pendiam, sederhana dan tidak menghakimi, selalu membantu pada seseorang yang membutuhkannya.

Mereka suka menemukan keindahan dalam kehidupan sehari-hari dan percaya pada kekuatan untuk tetap setia kepada orang-orang yang paling berarti.

ISF lebih suka bekerja di lingkungan di mana mereka bisa bekerja dengan tenang sebagai bagian dari tim yang ramah dan kooperatif.

Karier di bidang fesyen atau desain grafis, arsitektur, musik, seni dan pelatihan hewan atau kebugaran cocok bagi ISFP.

5. INFJ (Introvert, Intuitive, Feeling, Judging): Konseling, Pekerjaan Sosial dan Terapi Fisik

INFJ dianggap kreatif dan peduli dengan tujuan hidupnya untuk membantu orang lain mewujudkan tujuan hidupnya sendiri. Mereka tahu bagaimana membantu orang lain mengatasi tantangan dengan cara yang unik dan imajinatif.

INFJ sangat mengakar pada nilai-nilai pribadinya, memilih untuk membela apa yang mereka yakini daripada ragu-ragu ketika orang lain menyampaikan pendapatnya.

Untuk melakukan hal tersebut, mereka memerlukan karier di bidang yang dikenal mampu membawa perubahan, seperti menjadi ahli terapi fisik atau okupasi, konselor atau pekerja sosial, atau bahkan ilmuwan sosial.

 


6. INTJ (Introvert, Intuitive, Thinking, Judgement): Penulisan Teknis, Teknik, atau Statistik

Matematika
Lowongan Pekerjaan Pakai Rumus Matematika Berisi Info Nomor Telepon (Sumber: Ilustrasi: Pexels/Ya Krukau)

INTJ sangat analitis dan logis, tetapi juga dianggap sangat inovatif pada saat yang bersamaan.

Mereka cenderung mendekati semua permasalahan dengan akal dan kecerdasan, dibandingkan perasaan dan intuisi.

Ketika mereka memiliki kemampuan untuk melihat strategi dalam segala hal yang ingin mereka lakukan, kemungkinan besar mereka akan berhasil.

INTJ selalu mencari pengatahuan dan suka mempelajari hal-hal baru. Mereka memiliki standar yang tinggi dalam hal kesuksesan dan seringkali melampaui batas hanya untuk melihat apa yang bisa mereka capai.

Karier terbaik untuk INTJ adalah karier yang logis, cerdas dan analitis, seperti analis keuangan, ahli statistik, insinyur, ekonom dan penulis teknis.

7. INTP (Introvert, Intuitive, Thinking, Perceiving): Teknologi, Bisnis dan Bahasa

INTP adalah inovator kompleks yang suka memilah-milah dunia dan menemukan seluruh cara kerja di dalamnya. Terpesona oleh analitik dan desain, INTP lebih memilih untuk mundur menjadi pengamat, dibandingkan terjun ke dalam kekacauan suatu masalah.

Mereka mungkin tampak dingin di mata orang luar, namun jauh di lubuk hatinya sangat bersemangat dan selalu mengajukan pertanyaan tentang kehidupan dan menempuh jalannya sendiri untuk menemukan jawabannya.

INTP harus memiliki karier yang memungkinkan mereka berpikir secara mendalam dan kritis, namun tetap memberinya kesempatan untuk berkreasi dan mengikuti individualitasnya.

Profesi di bidang teknologi, teknik, bisnis dan bahasa bisa bersifat kreatif dan analitis yang terbaik bagi INTP.

8. ESTP (Ekstrovert, Sensing, Thinking, Perception): Kuliner, Manajerial dan Pialang Saham

ESTP dikenal energik, antusias terhadap kehidupan dan suka mencari sensasi. Mereka sangat mudah beradaptasi dan tahu cara membuat keputusan cepat dan cerdas dengan hasil yang praktis.

Meskipun ESTP sangat suka bersosialisasi, mereka juga sangat jeli, menggunakan kepribadian kupu- kupu sosialnya untuk beradaptasi dengan cepat terhadap situasi baru.

ESTP cenderung hidup pada saat ini dan bergerak seiring dengan perubahan situasi. Mereka berkembang dalam karier di mana terdapat tindakan segera dan tujuan jangka pendek, dibandingkan tujuan jangka panjang yang bisa dengan mudah membuatnya bosan.

ESTP harus memilih profesi yang bergerak cepat dan berjiwa sosial, seperti koki, bartender, instruktur kebugaran, manajer hotel, atau pialang saham.

 


9. ESTJ (Ekstrovert, Sensing, Thinking, Judgement): Real Estate, Hukum dan Asuransi

Ilustrasi Pengadilan
Ilustrasi Pengadilan. (Freepik)

ESTJ suka mengikuti aturan, sangat metodis dalam pekerjaannya dan selalu mencari karier yang tradisional dan teliti.

ESTJ cenderung menjadi orang yang paling membumi, mencari strategi yang faktual dan logis untuk masalahnya. Mereka cenderung bekerja paling baik bila ada aturan yang harus diikuti dan standar yang harus dipenuhi, memilih untuk menjadi pengawas di mana kekacauan lebih sedikit dan lebih banyak ketertiban.

Karena ESTJ cenderung berhasil dalam profesi yang melibatkan banyak organisasi, mereka sebaiknya mencari karier di bidang teknik mesin atau sipil, real estate atau asuransi, atau sebagai hakim dan pengacara.

10. ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving): Industri Jasa, Musik dan Koordinasi Acara

ESFP adalah individu yang sangat menawan dan suka bersenang-senang. Salah satu tujuan utama mereka dalam hidup adalah untuk menghibur dan melibatkan orang-orang di sekitarnya.

Individu ESFP cenderung hidup pada saat ini, menyibukkan diri dan hidup secara spontan dan aktif. Meskipun mereka snagat bersemangat dan energik, mereka juga sangat praktis dan rendah hati.

Para ESFP pada akhirnya menginginkan sebuah profesi di mana mereka bisa bersenang-senang dengan rekan-rekannya dan tetap aktif. Mereka lebih memilih pekerjaan di mana mereka bisa membantu orang lain dan membantu memecahkan masalah, selama tidak ada aturan ketat yang terlibat.

ESFP harus mencari karier sebagai koordinator acaa, pelatih kebugaran, musisi atau seniman, pramugari atau guru.

infografis makna tanggal lahir
Kepribadian Berdasarkan Tanggal Lahir
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya