Ingin Awet Muda? Lakukan 11 Hal Ini untuk Memperlambat Penuaan

Tak perlu obat-obatan atau menjalani operasi yang menghabiskan banyak waktu dan uang, proses penuaan bisa Anda tunda dengan cara alami tanpa membahayakan kesehatan dengan cara berikut ini.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 28 Okt 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2023, 21:53 WIB
Ingin Awet Muda? Lakukan 11 Hal Ini untuk Memperlambat Penuaan
Ingin Awet Muda? Lakukan 11 Hal Ini untuk Memperlambat Penuaan - Credit: pexels.com/Michelle

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu ingin tetap terlihat muda karena penampilan fisik seringkali memengaruhi rasa percaya diri dan bagaimana orang lain memandang seseorang. Penuaan membuat penampilan seseorang tak lagi menarik dan bahkan memperlambat gerak tubuh sehingga membuat orang tak lagi produktif.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan fisik agar terlihat awet muda. Awet muda juga sering kali berhubungan dengan kesehatan mental yang dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Selain itu, awet muda juga dapat mengurangi risiko penyakit terkait usia, menjaga tingkat energi, dan memungkinkan seseorang melakukan gaya hidup yang sehat dan aktif.

Sejak dahulu, mitos mengenai mata air yang dapat memperlambat proses penuaan telah beredar di seluruh dunia. Meskipun belum ditemukan atau dikonfirmasi keberadaanya, penelitian telah membuktikan bahwa ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat proses penuaan.

Tak perlu obat-obatan atau menjalani operasi yang menghabiskan banyak waktu dan uang, proses penuaan bisa Anda tunda dengan cara alami tanpa membahayakan kesehatan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat penuaan, seperti dilansir dari Bestlife, pada Senin (23/10/2023).

1. Ubah Pola Makan

Makanan olahan dan makanan yang mengandung gula dipercaya dapat mempercepat proses penuaan. Sebuah penelitian tidak hanya menemukan bahwa nutrisi yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan otak, namun diet khusus yang berfokus pada makanan utuh dan segar seperti diet mediterania terbukti dapat memperlambat proses penuaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Olahraga

Contoh ilustrasi olahraga
Beraktivitas fisik juga memberikan kenyamanan pada tubuh, tapi jangan lupa waktu terbaik untuk berolahraga ketika cuaca sedang panas-panasnya (Foto: Unsplash.com/Gabin Vallet)

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa olahraga merupakan metode terbaik untuk memperlambat proses penuaan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Aging Cell menemukan bahwa orang yang berolahraga akan memiliki massa otot, kadar kolestrol, dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih muda dan sehat.

3. Habiskan Waktu di Luar Ruangan

Vitamin D yang Anda dapatkan dari sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita dengan kadar vitamin D lebih tinggi juga memiliki telomer yang lebih panjang. Telomer merupakan bagian akhir sel DNA yang menentukan umur sel. Tentu hal ini akan memperlambat proses penuaan.

4. Gunakan Sunscreen

Meskipun vitamin D membantu Anda melindungi kulit wajah dari sinar UV, namun paparan sinar UV dalam jangka waktu panjang dapat membuat kulit wajah menjadi rusak dan bahkan menyebabkan kanker.

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk menutupi kulit Anda dengan pakaian, memakai sunscreen atau tabir surya, dan mencari tempat berteduh untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.


5. Minum Lebih Banyak Air

minum air putih
Ilustrasi minum air putih/copyright freepik.com/pvproductions

Hidrasi merupakan salah satu cara utama untuk memperlambat penuaan. Mayo Clinic menjelaskan bahwa air dapat membantu membuang kotoran melalui buang air kecil, dan buang air besar. Mengonsumsi air juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal, melumasi dan melindungi sendi, serta membantu melindungi jaringan sensitif.

6. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan kanker, tetapi juga mempercepat proses penuaan. Sebuah penelitian menemukan bahwa merokok dapat memengaruhi parameter biofisik kulit, terutama ketebalan dan kepadatan dermis dan epidermis serta lipatan nasolabial.

7. Menjaga Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan gigi tidak hanya akan membuat gigi Anda terlihat lebih baik, namun juga dapat membantu mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti penyakit kardiovaskular, stroke, dan diabetes. Penelitian terbaru juga mengaitkan penyakit gusi dengan risiko demensia dan Alzheimer yang lebih tinggi.


8. Menjaga Kesehatan Usus

Usus
Kesehatan usus (Sumber: Freepik)

Meningkatkan jumlah bakteri "baik" di usus Anda alias mikrobioma usus dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berkaitan dengan usia seperti demensia.

9. Mengurangi Stres

Sejumlah penelitian mengaitkan stres kronis dengan percepatan penuaan. Salah satu penelitian yang menemukan bahwa telomer dalam sel orang yang mengalami stres kronis dapat memendek lebih cepat. Stres juga dikaitkan dengan peradangan.


10. Kualitas Tidur yang Baik

Hindari Begadang, Ini 9 Manfaat Baik Menjaga Kualitas Tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz.

Tidur tidak hanya memberikan sel-sel Anda kesempatan untuk memperbaiki kesempatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sleep Foundation, asupan z yang cukup dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kesehatan jantung, mengatur gula darah, meningkatkan fungsi mental, memulihkan sistem kekebalan tubuh, membantu menghilangkan stres, dan membantu penurunan berat badan.

11. Kurangi Konsumsi Alkohol

Jika Anda ingin hidup lebih lama dan memperlambat penuaan, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi alkohol. Mengonsumsi jenis alkohol tertentu dalam jangka waktu lama dapat mempercepat penuaan biologis, menurut sebuah penelitian Northwestern Medicine yang diterbitkan dalam jurnal Aging.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya