5 Rekomendasi Racun Tikus Paling Ampuh, Efektif dengan Harga Ramah Dompet

Mempunyai tempat tinggal yang terdapat banyak tikus merupakan suatu hal yang menyebalkan. Pasalnya, tikus merupakan salah satu hewan hama yang paling meresahkan. Untuk itu, berikut rekomendasi racun tikus yang paling ampuh.

oleh Rokhmi Noviastussani diperbarui 01 Nov 2023, 17:29 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2023, 17:29 WIB
Ilustrasi Racun Tikus Paling Ampuh
Ilustrasi Racun Tikus Paling Ampuh (Sumber : Tokopedia)

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di rumah yang banyak hewan pengganggu seperti tikus sangatlah menyebalkan. Banyak orang setuju bahwa tikus merupakan hewan yang menjengkelkan. Pasalnya, hewan tersebut biasanya mengotori, merusak, hingga membawa bakteri, hingga kuman yang berbahaya ke dalam rumah.

Hewan-hewan meresahkan seperti tikus, tidak bisa dibiarkan berkeliaran di rumah terus menerus. Masalah seperti ini harus segera diatasi, salah satunya yakni dengan memberikan obat pengusir hama atau racun tikus. Racun tikus ini bisa menjadi alternatif bagi orang yang akan membersihkan rumahnya dari tikus-tikus yang berkeliaran.

Racun tikus sendiri mempunyai banyak macam, mulai dari lem hingga bubuk. Harganya juga bermacam-macam. Melansir dari beberapa sumber pada Senin, (30/10/2023), berikut rekomendasi racun tikus paling ampuh dengan harga murah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dora

Racun Tikus Dora (Sumber : Tokopedia)
Racun Tikus Dora (Sumber : Tokopedia)

Racun tikus paling ampuh yang pertama yakni racun dengan merek Dora. Kemampuan racun jenis ini adalah mampu membuat tikus tergoda untuk memakannya. Racun ini banyak disukai tikus karena bentuknya yang seperti sepotong makanan yang bisa menarik perhatian tikus.

Cara menggunakan racun tikus merk Dora ini adalah dengan menyiapkan 1 gram obat pada wadah, kemudian letakkan di tempat yang menjadi area tikus berkeliaran. Setelah itu, tambahkan racun sampai tikus tidak mau memakannya lagi. Jika racun tersebut sudah habis, itu berarti tikus sudah mati di tempat tersembunyi. 

Racun Dora ini bisa ditemukan di toko obat atau di online shop dengan harga mulai dari dari Rp5.000 hingga Rp15.000 tergantung pada ukuran kemasan.


Bayratt

Racun Tikus Bayratt (Sumber : Tokopedia)
Racun Tikus Bayratt (Sumber : Tokopedia)

Rekomendasi racun tikus paling ampuh selanjutnya adalah merk Bayratt. Bayratt merupakan racun tikus produksi Racoon yang dibuat dengan teknologi rodentisida dari Jerman. Racun ini memiliki aroma yang disenangi tikus tetapi tidak disukai hewan peliharaan. Apabila tikus memakan racun ini, maka akan mati dalam keadaan kering sehingga tidak menyebabkan bau bangkai yang menyengat.


Racumin Waxblock 0,0375 BB

Racumin Waxblock 0,0375 BB (Sumber : Tokopedia)
Racumin Waxblock 0,0375 BB (Sumber : Tokopedia)

Bayer memiliki reputasi yang tak diragukan lagi sebagai produsen obat-obatan dan alat pengendali hama. Racumin Waxblock 0,0375 BB adalah salah satu produk yang efisien untuk mengatur populasi tikus, dengan target tikus sawah dan tikus pohon. Di dalamnya terdapat senyawa antikoagulan coumatetralyl sebesar 0,0375%.

Dosis yang digunakan telah dibandingkan dengan efektivitasnya terhadap predator alami lain, termasuk burung hantu, dan memiliki risiko yang rendah terhadap hewan lainnya. Jika Anda memiliki kebun yang luas, produk ini sangat cocok untuk digunakan, dan juga bisa diterapkan di dalam rumah.


Racun Tikus Cap Padi

Racun Tikus Cap Padi (Sumber : Tokopedia)
Racun Tikus Cap Padi (Sumber : Tokopedia)

Rekomendasi racun tikus paling ampuh selanjutnya yaitu racun tikus cap padi. Racun jenis ini sering digunakan para petani untuk membasmi tikus di sawah. Racun ini mengandung Zinc Phosphide 80% sehingga ampuh untuk membasmi tikus.

Tidak hanya digunakan untuk tikus sawah saja, racun tikus ini juga bisa digunakan untuk membunuh tikus di rumah, yaitu dengan mencampurkan racun ke dalam umpan.


Lem Perangkap Tikus Cap Gajah

Lem Perangkap Tikus Cap Gajah (Sumber : Tokopedia)
Lem Perangkap Tikus Cap Gajah (Sumber : Tokopedia)

Jika memilih racun tikus berjenis lem, lem perangkap tikus cap gajah bisa menjadi solusinya. Lem tikus ini sudah diaplikasikan di lembaran papan, sehingga hanya perlu meletakan umpan di papan tersebut untuk menarik perhatian tikus. 

Kelebihan dari produk ini adalah, lem tidak berbau menyengat, dan penggunaannya praktis karena hanya perlu menaruh umpan di papan saja. Dengan harga mulai dari Rp 18.900 maka tikus di rumah langsung hilang.


Racun Tikus yang Bagus Merk Apa?

Rekomendasi racun tikus yang bagus yakni racun tikus dengan Merk Dora. Racun ini Mengandung senyawa kimia warfain, yang dapat membekukan darah tikus hingga mengering. Kelebihan racun ini adalah tidak bau dan tikus mati dalam keadaan kering sehingga tidak menimbulkan bau yang menyengat.


Apa Obat Tikus Alami?

Selain menggunakan racun tikus, cara membasmi tikus juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir tikus diantaranya adalah minyak peppermint dengan aromanya yang tidak disukai tikus, kulit jeruk, cengkeh, bawang putih dan daun kemangi.


Berapa Lama Efek Racun Tikus Bekerja?

Racun tikus beroperasi sebagai penghambat vitamin K di dalam sirkulasi darah dan menghentikan perkembangan pembekuan darah. Setelah mengkonsumsi racun, tikus akan menghembuskan nafas terakhir dalam jangka waktu satu minggu. Dr. Wahyu, salah satu dokter yang mengembangkan racun tikus, menekankan bahwa proses kematian yang memakan waktu seminggu ini bukanlah sebuah kebetulan.


Bau Apa yang Tidak Disukai Tikus?

Terdapat aroma-aroma yang tidak disukai tikus yaitu, aroma menyengat bumbu dapur seperti cengkeh, lada, dan serai. Bumbu dapur tersebut bisa dimanfaatkan untuk membasmi tikus, yakni dengan cara meletakan di tempat tikus biasa berkeliaran.


Apa Penyebab Banyak Tikus di Rumah?

Tikus merupakan hewan omnivora dan suka berada di tempat yang kotor. Alasan rumah banyak tikus adalah terdapat makanan yang menarik perhatian tikus atau rumah yang kotor dan berantakan sehingga menarik tikus untuk bersarang di tempat tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya