Menyembunyikan Sapu hingga Melempar Sepatu, Ini 12 Tradisi Natal Paling Unik di Seluruh Dunia

Untuk merayakan keunikan perayaan ini, berikut deretan kebiasaan paling tidak biasa saat Natal dari seluruh dunia.

oleh Camelia diperbarui 26 Des 2023, 23:17 WIB
Diterbitkan 25 Des 2023, 12:00 WIB
Menyembunyikan Sapu hingga Melempar Sepatu, Ini 12 Tradisi Natal Paling Unik di Seluruh Dunia
Menyembunyikan Sapu hingga Melempar Sepatu, Ini 12 Tradisi Natal Paling Unik di Seluruh Dunia (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Dari membawa pohon ke dalam ruangan dan mendekorasinya hingga membuat orang memakan kubis Brussel, Natal seringkali tampak seperti tradisi yang unik.

Inggris mempunyai cara tersendiri dalam merayakan Natal, namun dibandingkan dengan negara-negara lain di seluruh dunia, tradisi Natal di Inggris baik dekorasi, masakan, atau pemberian hadiah masih terbilang biasa saja.

Negara-negara lain tidak membuang waktu untuk berdebat tentang hal-hal sepele seperti hari apa untuk mulai mendekorasi rumah, atau makanan apa yang biasanya disertakan dalam makan malam Natal.

Sebaliknya, mereka malah membuang-buang sepatu, menyembunyikan peralatan kebersihan, menghiasi pohon dengan jaring laba-laba atau jaring kambing, dan makan di restoran ayam goreng.

Dari Catalonia hingga Caracas, dunia mempunyai banyak tradisi unik Natal yang mungkin dianggap sedikit aneh oleh banyak orang.

Ada yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, ada pula yang baru berumur puluhan tahun, namun semuanya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi Natal setempat.

Untuk merayakan keunikan perayaan ini, berikut deretan kebiasaan paling tidak biasa saat Natal dari seluruh dunia, seperti dikutip dari Independent, Senin (25/12/2023):

1. Krampus: Jerman dan Austria

Dalam cerita rakyat Pegunungan Alpen Austro-Bavaria, Krampus adalah teman menakutkan Bapak Natal, makhluk jahat yang menghukum anak-anak nakal sepanjang periode perayaan.

Binatang mitos yang berbulu, dengan kuku dan tanduk besar, 'dirayakan' setiap tahun pada tanggal 5 Desember di banyak kota di seluruh Jerman dan Austria dalam sebuah festival bernama Krampusnacht, sering ditandai dengan parade di mana ratusan orang berdandan seperti Krampus dan mengejar satu sama lain melalui jalan-jalan.


2. Buang air besar batang kayu: Catalonia

Ilustrasi (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi pohon natal. (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)

Ada beberapa tradisi Catalonia yang aneh, salah satunya adalah caga tio atau “buang air besar.” Dua minggu menjelang Natal, makhluk menyeringai dibuat dari batang kayu kecil dan diletakkan di meja ruang makan.

Kayu gelondongan tersebut harus diberi makan setiap hari dengan buah-buahan, kacang-kacangan, dan manisan, sebelum pada Malam Natal dipukul dengan tongkat, lalu mengeluarkan kotorannya. 

Adat Catalonian bertema kotoran lainnya adalah caganer, patung kecil buang air besar, yang secara tradisional muncul dalam kandang Natal.

Dalam beberapa tahun terakhir, para penyembah berhala yang dijual di toko-toko dan pasar Natal di seluruh wilayah telah mengambil bentuk hampir semua selebritas, mulai dari Donald Trump hingga pesepakbola saingan yang paling tidak Anda sukai.


3. Berseluncur ke gereja: Caracas

Ilustrasi pohon natal
Ilustrasi pohon natal.l (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)

Di Caracas, ibu kota Venezuela, orang-orang yang bersuka ria melakukan perjalanan ke kebaktian gereja di pagi hari dengan menggunakan sepatu roda sepanjang periode perayaan. Jalan-jalan bahkan ditutup terutama pada pagi hari antara tanggal 16 Desember dan malam Natal.

4. Ayam goreng: Jepang

Natal bukanlah hari libur nasional di Jepang tetapi hal itu tidak menghentikan banyak orang untuk merayakan festival tersebut. Bapak Natal, atau Santa Kurohsu, dikatakan memiliki mata di belakang kepalanya untuk mengawasi anak-anak nakal, sedangkan kue Natal Jepang biasanya terbuat dari bolu, krim kocok, dan stroberi.

Selain itu, banyak orang Jepang yang mengunjungi cabang KFC pada atau sekitar Hari Natal, dan minggu menjelang tanggal 25 Desember dilaporkan menjadi minggu paling menguntungkan dalam setahun di Jepang.


5. Mengingat orang mati: Portugal

Ucapan Cinta Kasih Perayaan Natal
Ilustrasi Hari Natal (Foto: pixabay.com)

Di Portugal, Natal yang lebih religius juga merupakan waktu untuk mengenang, karena keluarga menyiapkan tempat tambahan di meja makan pada Malam Natal (atau terkadang pada pagi Natal) untuk kerabat yang telah meninggal.

Praktek ini disebut consoda dan dianggap membawa keberuntungan bagi keluarga, dengan makanan yang terdiri dari ikan cod asin, kentang, dan berbagai makanan penutup daerah. Secara tradisional berlangsung setelah seharian berpuasa.

6. Melempar sepatu: Republik Ceko

Saat Natal, wanita Ceko menggunakan trik cerdas untuk memprediksi kehidupan cinta mereka di tahun mendatang. Wanita yang belum menikah berdiri membelakangi pintu depan dan melemparkan sepatu ke bahu mereka.

Jika sepatu mendarat dengan ujung mengarah ke pintu, wanita tersebut mungkin akan merencanakan pernikahan dalam 12 bulan ke depan.


7. Menyembunyikan sapu: Norwegia

Ilustrasi Natal
Ilustrasi Natal. (Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay)

Di Norwegia, Malam Natal diperkirakan bertepatan dengan kedatangan roh jahat dan penyihir. Dalam upaya melindungi diri mereka sendiri, banyak keluarga menyembunyikan semua sapu dan kain pel mereka sebelum tidur.

8. Jaring laba-laba di pohon: Ukraina

Pohon Natal Ukraina secara tradisional dihiasi dengan laba-laba dan jaring palsu. Adat yang konon membawa keberuntungan ini bermula dari kisah seorang istri tua tentang seorang perempuan miskin yang tidak mampu mendekorasi pohonnya.

Dia terbangun pada pagi hari Natal dan menemukan seekor laba-laba menutupinya dengan jaring yang berkilauan.


9. Kulit ikan paus untuk makan malam: Greenland

Ilustrasi Natal
Ilustrasi Natal. (Image by Satheesh Sankaran from Pixabay)

Jika menurut Anda kecambah itu buruk, Anda harus mencoba salah satu hidangan Natal Greenland. Mattak, kulit ikan paus mentah dengan lemak, adalah salah satunya. Lainnya adalah kiviak, yaitu auk (burung kecil) dibungkus dengan kulit anjing laut, dikubur beberapa bulan, lalu dimakan setelah membusuk.

10. Pohon mangga: India

Hanya sekitar 2,3 persen penduduk India yang beragama Kristen, namun jumlah tersebut masih setara dengan 25 juta orang. Hari itu dirayakan dengan misa tengah malam dan pemberian hadiah, tetapi jika tidak ada pohon cemara atau pohon pinus, maka pohon pisang dan pohon mangga malah dihias.


11. Kambing Yule: Skandinavia

Ilustrasi Hari Natal
Ilustrasi Hari Natal. (Image by Angeles Balaguer from Pixabay)

Sebagai simbol Natal tradisional Skandinavia, kambing Yule diyakini sebagai roh yang akan muncul sebelum musim perayaan untuk memastikan perayaan dilaksanakan dengan benar.

Pada abad-abad berikutnya, peran kambing adalah sebagai pemberi hadiah, sebelum akhirnya digantikan oleh Bapak Natal. Saat ini, kambing kecil yang terbuat dari jerami menjadi hiasan pohon yang populer di seluruh Skandinavia.

12. Melempar puding: Slovakia

Di Slovakia, merupakan tradisi makan malam Natal bagi anggota keluarga yang paling senior untuk melemparkan puding (biasanya terbuat dari susu, roti, biji poppy, dan sesuatu yang manis) ke langit-langit. Jumlah yang menempel menandakan keberuntungan yang harus diterima setiap orang di tahun mendatang.

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19
Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya