Kiat-Kiat Mencuci Penggiling Kopi yang Benar Berdasarkan Jenisnya

Orang-orang yang gemar kopi sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya minum kopi di berbagai belahan dunia.

oleh Fahmi Zaenal Mutakin diperbarui 02 Mei 2024, 09:04 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2024, 09:04 WIB
Membersihkan penggiling kopi
Seseorang sedang membersihkan alat penggiling kopi (Foto.Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang yang gemar kopi sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya minum kopi di berbagai belahan dunia. Dari pecinta kopi hitam pekat hingga penggemar kopi susu yang lembut, minuman ini telah menjadi simbol pertemuan sosial, momen pribadi, dan bahkan menjadi ritual sehari-hari bagi banyak orang.

Salah satu alat yang tak boleh dilewatkan saat ingin membuat kopi yang segar tentunya penggiling kopi itu sendiri, alat ini berperan dalam mengubah biji kopi yang keras menjadi bubuk halus yang siap diseduh. Meski terlihat sederhana, penggiling kopi memiliki peran yang sangat penting dalam proses penyeduhan kopi yang baik.

Penggiling kopi biasanya terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama, seperti logam atau keramik. Ada dua jenis utama penggiling kopi: manual dan elektrik. Penggiling manual umumnya lebih sederhana dalam desainnya, terdiri dari wadah tempat biji kopi dimasukkan dan pegangan untuk menggiling. Sementara itu, penggiling elektrik dilengkapi dengan mesin kecil didalamnya yang memudahkan proses penggilingan kopi menjadi efektif dan efisien tanpa menggunakan kekuatan kita sendiri.

Tentunya semakin sering penggiling kopi ini digunakan, tak terbatas berapa banyaknya anda memasukkan biji kopi kedalamnya, dan juga mau itu biji kopi tersebut dalam keadaan basah atau tidak, tentunya berpengaruh terhadap kebersihan alat itu sendiri.

Meskipun Anda mengira hanya sebatas menggiling biji kopi saja, ini tidak berarti Anda tidak membersihkannya dengan berkala. Anda harus ingat untuk membersihkannya, berikut ialah cara-cara yang ampuh untuk membersihkan alat penggiling kopi secara keseluruhan, melansir dari Lifehacker.com, Selasa (19/03/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengapa harus membersihkan penggiling kopi?

Mengatasi Uban dengan Menggunakan Bubuk Kopi yang Kaya Kafein
Bubuk kopi yang kaya akan kafein cocok untuk mengatasi uban (unsplash/janco ferlic).

Pertama, mari kita pahami mengapa Anda harus membersihkan penggiling kopi milik Anda.

Meskipun biji kopi mungkin tidak terlihat basah atau kotor, biji kopi bisa saja memiliki minyak di bagian luarnya yang menumpuk, yang pada akhirnya dapat membuat kopi Anda terasa tidak enak.

Jika Anda menggunakan mesin ini setiap hari, Anda seharusnya membersihkannya setiap satu atau dua minggu sekali. Jika Anda lebih jarang menggunakannya, cobalah membersihkannya setiap kali Anda sudah menggunakan alat tersebut, lakukan hal terebut sebelum Anda menyimpannya kembali ke dalam lemari dapur.

Sebagai aturan umum, jika kopi Anda sudah mulai terasa aneh, bersihkan saja penggiling Anda.

Berikut ini adalah cara membersihkan dua jenis utama penggiling, yang menggunakan mata pisau dan Burr (Gerinda) didalamnya. Sebelum melakukannya, nyalakan mesin penggiling dengan tingkat kecepatan maksimal untuk menghancurkan sisa-sisa biji kopi yang mungkin masih menyangkut.


Cara membersihkan penggiling kopi berjenis mata pisau

penggiling kopi berjenis mata pisau
Penggiling kopi berjenis mata pisau (Foto.Pixabay)

Jika penggiling Anda menggunakan mata pisau, Anda harus fokus untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang dikeluarkan oleh biji kopi.

Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan tablet pembersih penggiling yang dibeli di toko offline maupun online, dan biasanya harga satu box tablet tersebut sekitar Rp 300-400 ribu.

Anda juga bisa menggunakan beras biasa. Apa pun itu, Anda akan menambahkan tablet atau beras (sekitar seperempat cangkir) ke dalam alat, lalu menggilingnya menjadi bubuk, seperti yang Anda lakukan pada biji kopi.

Matikan alat penggiling dan cabut stekernya, lalu buang bubuknya ke tempat sampah, dan pastikan tidak ada yang tertinggal sebelum Anda membersihkannya.

Anda bisa menggunakan kain basah atau tisu untuk membersihkannya. Jangan coba-coba memasukkan alat ini ke dalam mesin pencuci piring, karena mesin ini menggunakan listrik.

Sebagai gantinya, gunakan saja kain basah untuk membersihkannya apa pun di dalam dan di luar alat, lalu biarkan mengering sepenuhnya sebelum Anda menggunakan kembali atau menyimpannya.


Cara membersihkan penggiling kopi berjenis burr (gerinda)

Cara membersihkan penggiling kopi berjenis burr (gerinda)
Penggiling kopi berjenis gerinda (Foto.Freepik)

Untuk penggiling bertipe gerinda, pisahkan komponen-komponennya dan bersihkan setiap komponennya dengan kain basah atau air sabun. Ingat! jangan basahi komponen listrik apa pun.

Untuk membersihkan gerindanya itu sendiri, lihat buku panduan untuk mengetahui cara melepaskannya dan jangan kaget jika ini membutuhkan obeng atau tenaga kerja ekstra

Sikat sisa biji-biji kopi beserta ampasnya, lalu usap dengan kain kering atau tisu untuk menyerap minyak.

Hindari ciptratan air pada gerindanya agar tidak berkarat, tetapi jika terpaksa, pastikan Anda benar-benar mengeringkannya dengan kain kering. Keringkan setiap komponen secara terpisah sebelum dipasang kembali.

INFOGRAFIS JOURNAL: Mengenal Apa itu Konsep Slow Bar Kopi
INFOGRAFIS JOURNAL: Mengenal Apa itu Konsep Slow Bar Kopi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya