Fakta Bruce Willis, Aktor Top Hollywood yang Terpaksa Pensiun Akting Karena Alami Demensia

Bruce Willis, seorang aktor terkenal Hollywood, kini memilih untuk pensiun dari dunia seni peran setelah diketahui mengidap afasia, yang kemudian berkembang menjadi demensia frontotemporal.

oleh Adhe NurhaLiza diperbarui 02 Mei 2024, 22:33 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2024, 22:26 WIB
[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Liputan6.com, Jakarta Pada hari Kamis, 16 Februari 2023, keluarga mengumumkan bahwa aktor legendaris Amerika, Bruce Willis, didiagnosis menderita demensia frontotemporal. Ini terjadi dua tahun setelah bintang film Die Hard itu pensiun dari dunia akting karena afasia yang memengaruhi kemampuan kognitifnya.

Gejala gangguan ini meliputi perubahan kepribadian yang drastis, perilaku yang menjauhkan diri secara emosional, dan hilangnya kemampuan menggunakan bahasa dengan benar. Menurut pernyataan mantan istrinya, Demi Moore, setelah mempertimbangkan banyak hal, Bruce memutuskan untuk meninggalkan karier yang sangat berarti baginya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Bruce Willis

[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Menurut laporan Biografi, Walter Bruce Willis—yang lebih dikenal sebagai Bruce Willis—lahir pada tanggal 19 Maret 1955, di Idar-Oberstein, Jerman Barat, di mana ayahnya bertugas di militer AS pada saat itu. Willis adalah anak tertua dari empat bersaudara. Pada tahun 1957, setelah ayahnya keluar dari dinas militer, Willis pindah bersama keluarganya ke Carney's Point, New Jersey.

Pada tahun 1987, ia menikah dengan Demi Moore, tetapi pernikahan tersebut berakhir pada tahun 2000. Kemudian, pada tahun 2009, ia menikah dengan Emma Heming yang masih bersamanya hingga sekarang. Bruce Willis memiliki lima anak, yaitu Rumer, Scout, Tallulah, Mabel, dan Evelyn.


Awal Karier

[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Setelah lulus SMA, Willis mengikuti jejak ayahnya dengan bekerja di pabrik kimia, kemudian sebagai penjaga keamanan, sebelum akhirnya menjadi mahasiswa drama di Universitas Montclair State di New Jersey. Meskipun masih tertarik pada akting, Willis memutuskan untuk berhenti sekolah setelah tahun kedua dan pindah ke New York City untuk mengejar karier sebagai aktor.

Puncak awal karier Willis terjadi pada tahun 1977 ketika ia membuat debutnya di dunia teater off-Broadway dalam drama Heaven and Earth. Pada tahun 1980, Willis memulai karier filmnya dengan mendapatkan peran kecil dalam film Frank Sinatra, The First Deadly Sin.

Dua tahun setelah itu, dia mendapatkan peran kecil lagi dalam film The Verdict, yang dibintangi oleh Paul Newman. Selain itu, dia juga tampil dalam beberapa peran di televisi, termasuk dalam episode Hart to Hart dan Miami Vice.


Mendapat Diagnosa Demensia

[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Keluarga mengumumkan bahwa Bruce Willis menderita demensia frontotemporal setelah hampir satu tahun didiagnosis mengidap afasia. Menurut laporan NDTV, FTD adalah kondisi yang memengaruhi area otak yang terkait dengan kepribadian, perilaku, dan bahasa.

Keluarga Willis optimis bahwa Bruce, yang telah pensiun dari dunia akting, dapat melawan penyakit ini. Putri sulungnya, Rumer Willis, juga membagikan pengumuman tersebut di Instagram dan menerima dukungan dari rekan-rekan di industri hiburan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terus mendukung ayahnya.


Penyebab Demensia Frontotemporal

[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Menurut laporan NDTV, pada pasien dengan FTD, lobus frontal dan temporal otak mengalami penyusutan. Meskipun belum diketahui penyebabnya secara pasti, kondisi ini dapat menyebabkan perubahan kepribadian atau modifikasi perilaku, yang mungkin membuat seseorang menjadi tidak sesuai secara sosial, impulsif, atau tampak acuh tak acuh terhadap orang-orang di sekitarnya.

Beberapa orang kehilangan kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa. Menurut Mayo Clinic, FTD bisa mulai terjadi antara usia 40 dan 65 tahun, dan menyebabkan hingga seperlima dari semua kasus demensia.


Pernah Menikah dengan Demi Moore

[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Demi dan Bruce pertama kali bertemu saat pemutaran film Stakeout di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada bulan Juli 1987. Setelah itu, mereka mulai pacaran dan akhirnya menikah di sebuah suite di hotel Golden Nugget, Las Vegas, dengan hanya sedikit tamu yang hadir.

Mereka memiliki tiga anak perempuan. Putri pertama mereka, Rumer Willis, lahir pada bulan Agustus 1988. Kemudian mereka menyambut dua putri lainnya: Scout pada tahun 1991, dan Tallulah pada tahun 1994. Setelah lebih dari satu dekade menikah, pasangan tersebut mengumumkan bahwa mereka berpisah.


Film dan Acara TV yang Dibintangi

[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Pada tahun 1984, setelah menggantikan Ed Harris dalam pertunjukan Fool for Love yang sukses di luar Broadway, Willis pergi ke Hollywood untuk mengikuti audisi untuk film Madonna, Desperately Seeking Susan. Meskipun tidak mendapatkan peran itu, dengan keputusan yang sangat cerdas, dia menyisihkan satu hari ekstra untuk mengikuti audisi sebuah acara komedi romantis TV baru yang disebut Moonlighting, di mana dia berperan sebagai detektif David Addison.

Pada tahun 1988, dia menjadi bintang film yang diakui dengan sukses film aksi blockbuster Die Hard. Ini diikuti dengan sekuel Die Hard 2 (1990), Die Hard with a Vengeance (1995), Live Free or Die Hard (2007), dan A Good Day to Die Hard (2013).

Beberapa film terbaru yang dibintanginya termasuk Breach (2020), Out of Death (2021), dan A Day to Die (2022).


Respons Para Aktor Hollywood terhadap Penyakitnya

[Liputan6] Bruce Willis
(Sumber: Instagram @brucewillisbw)

Rumer Willis menerima dukungan dari rekan-rekan di industri hiburan setelah ia membagikan postingan tentang kondisi ayahnya. Aaron Paul dari Breaking Bad menulis di Instagram Rumer Willis, "Aku sangat mencintaimu, sahabatku. Aku mengirimkan pelukan untukmu dan keluargamu yang indah. Ayahmu benar-benar legenda." Bonnie Hunt dari Jumanji dan Cars juga menulis di halaman Instagram Demi Moore: "Cinta yang berlimpah untukmu, Demi, untuk Bruce, untuk kalian semua.”


Netizen Juga Kepo dengan

Ada Apa dengan Bruce Willis?

Pada tanggal 30 Maret 2022, Bruce Willis mengumumkan bahwa ia akan mengakhiri karir aktingnya karena alasan kesehatan yang memengaruhi kemampuan berpikirnya. Keluarga dari aktor berusia 68 tahun tersebut kemudian mengungkapkan bahwa Willis memutuskan untuk pensiun karena mengidap demensia frontotemporal.

Bruce Willis dan Demi Moore Punya Anak Berapa?

Bruce Willis memiliki lima anak perempuan. Dia memiliki tiga putri (Rumer, 35 tahun, Pramuka, 32 tahun, dan Tallulah, 30 tahun) dari pernikahannya sebelumnya dengan Demi Moore, dan dua putri lainnya (Mabel, 12 tahun, dan Evelyn, 9 tahun) dari pernikahannya sekarang dengan Emma Heming Willis.

Apa Etnis Bruce Willis?

Walter Bruce Willis dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1955, di Idar-Oberstein, yang pada saat itu berlokasi di Jerman Barat. Ibunya, Marlene, berasal dari Kassel, Jerman, sedangkan ayahnya, David Willis, adalah seorang tentara Amerika.

Berapa Lama Bruce Willis Diperkirakan Akan Bertahan?

Secara umum, orang yang mengalami demensia frontotemporal, seperti yang dialami oleh Bruce Willis, dapat hidup selama tujuh hingga 13 tahun setelah didiagnosis, menurut Asosiasi Degenerasi Frontotemporal.

Apakah Bruce Willis Salah Satu Aktor Terbaik?

Sejak penampilannya yang luar biasa di serial TV Moonlighting, Bruce Willis telah dianggap sebagai salah satu bintang film terbesar di Hollywood selama hampir 40 tahun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya