Apakah Mata Biru Lebih Baik dalam Kondisi Gelap? Ini Penjelasan Ilmuwan

Setiap orang memiliki warna mata yang berbeda. Mata biru adalah salah satu warna mata paling umum setelah warna mata coklat.

oleh Naba'ulma Chilmi Noor diperbarui 28 Mei 2024, 19:57 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 19:44 WIB
Warna Mata Biru
Warna mata biru dipercaya dapat melihat lebih baik saat berada dalam kegelapan (pexels/jenna hamra).

Liputan6.com, Malang Manusia memiliki beragam warna mata, yang umumnya dipengaruhi oleh kadar melanin. Melanin mempengaruhi bagaimana mata merespons cahaya, silau, atau kekurangannya. Warna mata biru adalah warna mata paling umum kedua setelah coklat dan sering dianggap lebih menarik.

Mata biru diklaim memiliki penglihatan yang lebih baik dalam kegelapan. Namun, apa yang sebenarnya menyebabkan mata menjadi biru dan bagaimana perbedaannya dengan warna mata lainnya? Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Bedanya Warna Mata Biru dan Coklat?

FOTO: Mata Indah Aktris Cantik Hollywood Alexandra Daddario
Alexandra Daddario adalah aktris cantik Hollywood yang terkenal dengan mata birunya yang indah. (Instagram/alexandradaddario)

Orang bermata biru tidaklah jarang ditemui. Secara global, 27% populasi memiliki mata biru, sedangkan 45% memiliki mata coklat.

Individu dengan mata biru menunjukkan sedikit variasi dalam DNA melanin, yang mengindikasikan asal usul yang sama. Mata biru muncul sekitar 6.000 hingga 10.000 tahun yang lalu di Eropa Tenggara akibat mutasi genetik yang kemudian diwariskan ke generasi berikutnya.


Benarkah Mata Biru dapat Melihat Lebih Baik dalam Gelap?

Evi Mata Biru
Evi, gadis Jawa Barat bermata biru yang dipotret oleh fotografer Prancis Marius Moragues. (Dok. Instagram/@imperfectframe)

Orang dengan mata cokelat memiliki lebih banyak melanin, sehingga mata mereka kurang mampu memantulkan cahaya. Akibatnya, mereka biasanya melihat lebih baik di siang hari tetapi mungkin mengalami kesulitan dalam cahaya terang.

Sebaliknya, orang dengan mata biru atau warna yang lebih terang memiliki lebih sedikit melanin dan cenderung dapat melihat lebih baik di malam hari, meskipun mereka mungkin juga menghadapi masalah dengan cahaya terang. Hal ini karena mata yang lebih terang mampu memantulkan cahaya lebih baik dibandingkan dengan mata yang lebih gelap.


Apakah Warna Mata Biru Langka?

Pemilik warna mata biru hanya berjumlah 10% di dunia. 

 


Apa Kelebihan Warna Mata Biru?

Memiliki mata berwarna biru memiliki sejumlah keunggulan. Sebagai contoh, mereka dapat mengurangi risiko terkena katarak. Namun, ini juga bisa meningkatkan kemungkinan mengalami beberapa masalah kesehatan mata, seperti kanker. Melindungi mata dan menjalani pemeriksaan rutin sangatlah penting, tak peduli warna iris mata Anda.


Apa yang Menyebabkan Warna Mata Biru?

Black eye atau mata memar, yaitu perubahan warna menjadi hitam atau biru di sekitar mata karena cedera atau trauma pada mata. Ini bisa disebabkan oleh pukulan, benturan, atau cedera wajah lainnya.


Bola Mata Biru dari Negara Apa?

Black eye atau mata memar, yaitu perubahan warna menjadi hitam atau biru di sekitar mata karena cedera atau trauma pada mata. Ini bisa disebabkan oleh pukulan, benturan, atau cedera wajah lainnya.


Ada Berapa Warna Mata?

Skala tersebut mencakup 20 warna yang meliputi spektrum dari biru langit hingga nuansa coklat tua yang dalam, mencerminkan variasi alami dalam pigmen melanin di iris mata: Warna-warna normal berkisar dari coklat tua yang mendalam hingga biru terang yang mencolok.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya