Jangan Asal Pakai Skincare, Simak 5 Cara Memilihnya Menurut Ahli

Jika ingin mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan skincare, setiap orang harus pandai memilih dan memilah produk yang cocok dan berefek pada tubuh.

oleh Ditha Kirani diperbarui 13 Jun 2024, 10:03 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 10:03 WIB
Jangan Asal Pakai Skincare, Simak 5 Cara Memilihnya Menurut Ahli
Jangan Asal Pakai Skincare, Simak 5 Cara Memilihnya Menurut Ahli - Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, industri kecantikan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak orang sudah menyadari pentingnya menjaga penampilan. Selain berlomba tampil menarik dengan makeup, memiliki kulit wajah yang sehat juga tidak kalah penting.

Untuk memiliki wajah yang sehat dan mulus, diperlukan usaha dengan menggunakan berbagai macam skincare. Skincare berfungsi dalam menjaga kelembapan kulit serta melindungi kulit dari kerusakan lingkungan seperti sinar matahari, polusi udara, dan radikal bebas.

Jika ingin mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan skincare, setiap orang harus pandai memilih dan memilah produk yang cocok dan berefek pada tubuh.

Jennifer David, seorang dokter kulit spesialis dermatologi kosmetik dan kulit mengungkapkan bahwa produk yang berhasil di sahabat kamu mungkin tidak berhasil di kamu. Namun, ada pula beberapa produk yang bagus untuk semua jenis kulit.

Bagi kamu yang memiliki pengetahuan kesehatan atau kimia mungkin hal ini bukanlah suatu yang sulit. Namun bagi orang yang awam dengan hal tersebut, memilih produk skincare bisa menjadi hal yang cukup menantang.

Namun, saat ini kamu tidak perlu risau. Dilansir dari Realsimple, Rabu (12/6/2024), berikut beberapa cara memilih skincare yang baik untuk kulit menurut ahli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ketahui Jenis Kulitmu

skincare-kezo
ilustrasi produk untuk mengangkat minyak diwajah/unsplash

Seorang dokter kulit kosmetik Michele Green mengungkapkan bahwa tidak ada produk yang buruk, namun terkadang orang menggunakan produk yang salah untuk jenis kulitnya.

Oleh sebab itu, mengetahui jenis kulit merupakan hal yang sangat dasar dalam menentukan produk skincare. Terdapat 3 jenis kulit utama, yaitu berminyak, kering, dan sensitif.

Untuk kulit berminyak, carilah produk yang mengandung glycolic acid, salicylic acid, benzoil peroksida, atau hyluronic acid. Bahan ini efektif untuk mengendalikan produksi sebum berlebih.

Untuk kulit kering, cari produk yang menggunakan shea butter dan asam laktat agar dapat memberikan hidrasi.

Sedangkan untuk kulit sensitif, carilah produk yang mengandung lidah buaya serta oatmeal. Bahan ini mengandung pelembab yang baik dan tidak membuat kulit pecah-pecah.


2. Ketahui Daftar Beberapa Bahan Penting

Cara Menggunakan Serum agar Wajah Lebih Bercahaya
Ilustrasi memakai serum. (dok. Scandinavian Biolabs/Unsplash.com)

Jika kamu terlalu sulit mengetahui nama bahan-bahan kimia dalam skincare, sebenarnya kamu hanya perlu memperhatikan kandungan utamanya saja. Berikut beberapa nama bahan yang penting untuk kamu ingat.

  • Gliserin: menurut ahli, bahan ini sangat bagus untuk melembabkan kulit.
  • Ceramide dan hyaluronic acid: bahan pelembab penting yang secara alami ditemukan di kulit,
  • Vitamin C: memiliki antioksidan yang berfungsi membalikkan kerusakan akibat radiasi sinar UV serta dapat merangsang produksi kolagen.
  • Vitamin E: bahan ini memiliki sifat yang mirip dengan vitamin C. Menggabungkan keduanya dapat memberikan perawatan terbaik bagi kulit.
  • Retinol: retinol merupakan kandungan yang penting untuk ada di jajaran skincare malam kamu. Bahan ini berfungsi untuk memperbaharui sel kulit serta merangsang kolagen.
  • Niacinamide: bahan ini sangat bagus untuk mengontrol minyak, menghidrasi kulit, serta meratakan warna kulit.

3. Hindari Bahan-Bahan Ini dalam Skincare

Retin-A, retinol, dan retinyl palmitate
Ilustrasi Produk Skincare Credit: unsplash.com/Sisy

Selain ada bahan yang perlu diperhatikan, terdapat pula bahan yang perlu kamu hindari dalam memilih skincare. Hal ini penting terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif.

  • Pewangi/parfum: pewangi dalam skincare dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit.
  • Paraben: bahan ini dapat menimbulkan efek bahaya karena dapat mengganggu keseimbangan hormon seiring berjalannya waktu.  
  • Sulfat: meskipun bahan ini biasanya ditemukan di sabun atau sampo, sulfat dapat menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kulit iritasi.

4. Perhatikan Urutan Bahannya

Teknik Yoga Wajah di Rumah, Bermanfaat untuk Mengencangkan dan Meremajakan Kulit
Ilustrasi saat melakukan face yoga (dok. Unsplash/ Park Street)

Setelah Anda mengetahui bahan yang harus digunakan dan dihindari, penting untuk memperhatikan urutan bahan tersebut. Seorang dokter merekomendasikan agar pengguna memperhatikan 5 bahan pertama yang ada di dalam daftar komposisi pada kemasan.

Dalam penulisan komposisi, bahan yang digunakan diurutkan dari yang tertinggi ke terendah. Jadi, jika ada bahan yang bermasalah atau berpotensi menyebabkan iritasi umumnya ada di 5 bahan pertama. 

5. Produk Populer Belum Tentu Cocok

Beberapa brand memasarkan produk mereka agar menjadi viral dan banyak digunakan oleh para influencer. Hal ini tentu memancing lebih banyak orang agar mau mencoba produk tersebut. 

Namun hal tersebut tidak menjamin sebuah produk dapat cocok dengan dirimu. Oleh sebab itu, memastikan bahan yang terkandung di dalamnya merupakan cara terbaik. Meskipun produk tersebut viral, namun memiliki kandungan yang tidak pas denganmu, lebih baik kamu mencari produk lain.

Infografis Skincare Lokal
Infografis Skincare Lokal. (Liputan6.com/Triyasni)  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya