25 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Menurunkan Kolesterol dan Mengatasi Diare Secara Efektif

Daun singkong biasanya digunakan untuk berbagai macam masakan. Namun tahukah Anda, ternyata daun singkong juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan loh!

oleh Naba'ulma Chilmi Noor diperbarui 07 Jul 2024, 00:01 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 23:35 WIB
Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan
Manfaat daun singkong yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh (pexels/donsndvl)

Liputan6.com, Malang Selain sebagai makanan, banyak orang Indonesia juga memanen daun singkong untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Daun singkong kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, protein, mineral, dan asam amino alami, yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri.

Protein yang terdapat dalam daun singkong bermanfaat untuk pembentukan sel tubuh dan mengatur sistem enzim dalam tubuh. Terdapat pula banyak manfaat kesehatan lain yang ditawarkan oleh daun singkong. Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih detail mengenai manfaat daun singkong bagi kesehatan, yang disusun dari berbagai sumber pada Sabtu (06/07/2024).


Memiliki Kandungan yang Baik untuk Ibu Hamil

Mulut Pahit pada Ibu Hamil
Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/Juan

Singkong mengandung zat besi yang tinggi, baik untuk mencegah anemia pada ibu hamil dengan meningkatkan produksi sel darah merah.


Mengatasi Diare

Ilustrasi diare (iStockphoto)
Ilustrasi diare (iStockphoto)

Menurut penelitian dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, ekstrak daun singkong yang mengandung etanol memiliki sifat antidiare.

Studi ini dilakukan pada hewan yang mengalami diare, dan hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak tersebut mampu mengurangi akumulasi cairan di usus serta meningkatkan motilitas gastrointestinal.


Memperkuat Imun Tubuh

Ilustrasi sistem imun, imunitas tubuh
Ilustrasi sistem imun, imunitas tubuh. (Image by Freepik)

Vitamin C dan folat tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan bakteri, virus, dan meningkatkan produksi sel serta mencegah mutasi DNA.


Memperkuat Tulang

Menjaga Kekuatan Tulang
Ilustrasi Berlari Credit: pexels.com/Tina

Magnesium penting untuk kekuatan tulang karena mengoptimalkan kepadatan dan kekuatan tulang, serta mengurangi risiko patah tulang.


Mengatasi Peradangan pada Sendi

Tulang Kuat
Tulang Kuat (sumber: iStockphoto)

Daun singkong dapat membantu meredakan gejala radang sendi karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, mineral ini memiliki manfaat mengurangi peradangan serta memberikan banyak manfaat kesehatan.


Menjaga Berat Badan

Diet
Program diet dijalankan untuk menurunkan berat badan, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan. Sahabat Fimela tentunya harus memilih yang minim resiko. (Foto: Freepik/KamranAydinov)

Bagi yang sedang diet untuk menurunkan atau mengontrol berat badan, mengonsumsi daun singkong bisa menjadi pilihan. Kukus daun singkong ini dengan sedikit garam dapat membantu menurunkan nafsu makan, membantu mengontrol asupan makanan harian.


Meningkatkan Energi

Ilustrasi Olahraga Jogging (Sumber: Freepik)
Ilustrasi Olahraga Jogging (Sumber: Freepik)

Kandungan protein dan asam amino dapat meningkatkan energi tubuh, memungkinkan kamu untuk beraktivitas secara optimal.


Mencegah Terjadinya Infeksi

Melawan Bakteri yang Menginfeksi Tubuh
Ilustrasi Infeksi Bakteri Pada Tubuh Credit: pexels.com/pixabay

Infeksi bakteri pada pencernaan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Daun singkong yang dikukus dapat mengurangi risiko infeksi bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam pencernaan.


Melancarkan Sirkulasi Darah

Ayo Membuat Sel Darah Merah
Melancarkan sirkulasi darah

Daun singkong mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen dapat mengalir optimal ke seluruh tubuh, mendukung fungsi tubuh yang baik.


Melancarkan Pencernaan

Bantu Melancarkan Pencernaan
Ilustrasi Mengonsumsi Air Lemon Credit: pexels.com/Andrea

Daun singkong mengandung serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang optimal, kamu dapat mencegah gangguan penyakit pada sistem pencernaan.


Mencegah Radikal Bebas

Efektif Menangkal Radikal Bebas
Ilustrasi Polusi Udara Credit: unsplash.com/Veeterzy

Antioksidan dalamnya bermanfaat untuk mencegah paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh serta memicu peradangan jika terjadi secara berkelanjutan.


Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Menyembuhkan Luka
Ilustrasi Luka Credit: pexels.com/Cona

Daun singkong dapat digunakan untuk membantu penyembuhan luka ringan seperti tersayat atau terjatuh. Caranya, haluskan daunnya menjadi pasta dan balurkan pada luka ringan. Tetapi, untuk luka besar atau parah sebaiknya tidak digunakan.


Dapat Menurunkan Kolesterol

[Bintang] Kurangi Konsumsi Karbohidrat! Lalu Nikmati 5 Hal Menakjubkan Ini
Selamat tinggal kolestrol tinggi!| via: bjjcaveman.com

Menurut Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis, daun singkong mengandung flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa daun singkong lebih efektif dalam menurunkan kolesterol daripada bubuk biji alpukat.


Meningkatkan Sistem Metabolisme

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Ilustrasi Empon-Empon Credit: freepik.com

Kandungan vitamin B dalam daun singkong sangat penting untuk mendukung sistem metabolisme tubuh agar tetap optimal. Vitamin B membantu membangun sel-sel tubuh dan membentuk enzim yang mendukung metabolisme. Dengan demikian, daun singkong berperan penting dalam mendukung proses metabolisme tubuh manusia.


Meningkatkan Nafsu Makan

Napsu Makan Hilang
Ilustrasi Nafsu Makan Hilang Credit: pexels.com/Icons

Mengonsumsi daun singkong rebus dengan bawang putih dan garam diyakini meningkatkan nafsu makan.


Mencegah Resiko Kanker

Ilustrasi sel kanker | Klikdokter
Ilustrasi sel kanker | Klikdokter

Daun singkong mengandung senyawa fitokimia antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas dan mengurangi risiko kanker.


Meregenerasi Sel

Meregenerasi Kulit Itu Apa Sih? Begini Tips Perawatan untuk Angkat Sel Kulit Mati dengan Maksimal
(c) Shutterstock

Asam amino dalam daun singkong berperan penting dalam meregenerasi sel-sel tubuh manusia dan memperbaiki sel-sel yang rusak agar dapat berfungsi kembali.  


Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan retina mata
Melakukan pemeriksaan mata secara rutin dan berkala. (Foto: Freepik)

Vitamin A dalam daun singkong penting untuk kesehatan mata, membantu penglihatan normal, mencegah masalah mata, dan mengurangi risiko penyakit seperti katarak.


Mencegah Kekurangan Protein

Tanda Tubuh Kekurangan Protein
Protein / Sumber: iStockphoto

Daun singkong mengandung protein lisin yang membantu melawan kwashiorkor, kekurangan protein yang menghambat pertumbuhan anak.


Mengatasi Stroke

Sakit stroke (Sumber: alodokter.com)
Sakit stroke (Sumber: alodokter.com)

Daun singkong bermanfaat untuk mengatasi stroke karena mengandung isoflavon, jenis flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.


Menjaga Kestabilan Gula Darah

Ilustrasi Gula Darah
Ilustrasi Gula Darah (sumber: iStockphoto)

Daun singkong bermanfaat bagi penderita diabetes karena seratnya dapat menghambat penyerapan gula di usus, menjaga gula darah tetap stabil.


Berfungsi Sebagai Anti Aging

3 Manfaat Gula untuk Kecantikan Kulit Wajah
Ilustrasi penuaan dini. (via: stylecraze.com)

Daun singkong memiliki manfaat untuk membuat awet muda karena kandungan antioksidannya yang dapat mencegah penuaan dini. Selain antioksidan, terdapat juga lisin, arginin, dan asam amino yang membantu meregenerasi sel tubuh yang rusak. Penting untuk mengonsumsi dengan porsi yang tepat dan secara rutin untuk hasil optimal. Pastikan untuk mengolahnya dengan konsentrasi yang sesuai agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.


Mengatasi Jerawat

Physical sunscreen
Mengatasi kulit berjerawat (Foto: Freepik)

Masalah jerawat yang sulit diatasi dan sering kembali memang sangat mengganggu. Salah satu solusinya adalah menggunakan daun singkong. Selain membantu mengatasi penuaan dini, daun singkong juga efektif dalam mengatasi jerawat.


Dapat Digunakan Sebagai Bahan Obat Herbal

Berbahan Dasar Daun Pepaya, Obat Herbal DBD Ini Bisa Tingkatkan Jumlah Trombosit!
Ilustrasi obat herbal. (Shutterstock/Fecundap stock)

Air perasan daun singkong, jahe, dan kapur sirih dapat dicampur untuk manfaat pengobatan, seperti flu, luka bernanah, dan diare.


Meningkatkan Energi

Wanita sedang berlari
Berlari adalah salah satu olahraga yang baik untuk membakar lemak. (Foto: Pexels/Nathan Cowley)

Daun singkong kaya akan vitamin A, B, C, E, dan nutrisi beta. Singkong juga mengandung 70% karbohidrat, yang memberikan energi yang cukup bagi tubuh.


Penyakit Apa yang Tidak Mengkonsumsi Daun Singkong?

Daun singkong tidak cocok untuk orang dengan kadar asam urat tinggi, terutama jika dikonsumsi berlebihan karena mengandung zat purin yang bisa meningkatkan asam urat di persendian, menyebabkan nyeri dan peradangan.

 


Daun Singkong Dapat Mengobati Penyakit Apa?

Daun singkong kaya antioksidan untuk meningkatkan aliran darah yang lancar, sehingga oksigen dapat tersebar optimal ke seluruh tubuh, mendukung fungsi tubuh yang optimal yang membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau napas.


Bolehkah Penderita Darah Tinggi Mengonsumsi Daun Singkong?

Orang dengan tekanan darah tinggi harus menjaga agar tekanan darah tetap stabil dan menghindari makanan serta minuman yang bisa meningkatkannya. Salah satu contohnya adalah daun singkong.


Penyakit Apa yang Tidak Boleh Mengonsumsi Daun Singkong?

Meskipun lezat dan bermanfaat bagi kesehatan, mengonsumsi daun singkong secara berlebihan tidak dianjurkan, terutama bagi penderita hipertensi, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

 


Bolehkah Penderita Stroke Makan Daun Singkong?

Isoflavon dalam daun singkong diyakini bisa menyembuhkan stroke dengan cara mengurangi kadar kolesterol LDL, yang merupakan jenis flavonoid yang efektif untuk mengobati penyakit tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya