7 Kandidat Cawapres Kamala Harris yang Dijagokan Maju Pilpres AS 2024

Berikut ini beberapa kandidat yang digadang-gadang bakal maju bersama Kamala Harris di Pilpres 2024

oleh Sulung Lahitani diperbarui 22 Jul 2024, 14:21 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 14:21 WIB
Joe Biden dan Kamala Harris Resmi Pimpin Amerika Serikat
Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris saat dilantik oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor di US Capitol di Washington, Rabu (20/1/2021). Kamala Harris datang menghadiri pelantikan didampingi sang suami Doug Emhoff. (AP Photo/Andrew Harnik)

Liputan6.com, Jakarta Joe Biden mundur dari ajang pemilu AS 2024 pada hari Minggu dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menjadi penggantinya. Ini merupakan sebuah langkah bersejarah yang kini menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang akan menjadi pasangan Harris jika dia mendapat persetujuan.

Tidak ada jaminan hal itu akan terjadi. Harris masih harus mendapatkan dukungan dari cukup banyak delegasi menjelang Konvensi Nasional Partai Demokrat bulan depan untuk menjadi calon resmi. Namun sebagai wakil presiden saat ini dan penerus yang dipilih sendiri oleh Joe Biden, dia jelas merupakan favorit.

Mengenai siapa yang bisa menjadi wakil presiden pilihannya, faktanya Kamala Harris tidak akan kekurangan kandidat potensial.

Berikut adalah beberapa kemungkinan pilihan tersebut seperti dihimpun dari The Hill:

1. Andy Beshear

Keberhasilan Gubernur Kentucky Andy Beshear sebagai gubernur Demokrat di negara bagiannya telah meningkatkan profilnya ketika partai tersebut bergulat dengan masa depannya di tengah meningkatnya polarisasi antara komunitas perkotaan dan pedesaan.

Beshear mengubah kursinya menjadi biru pada tahun 2019 dan mengalahkan penantangnya dari Partai Republik yang didukung Trump dalam pemilihan kembali yang kompetitif tahun lalu, bahkan setelah Kentucky dengan suara terbanyak memilih mantan Presiden Trump pada tahun 2016 dan 2020.

2. Pete Buttigieg

Saat menjadi Wali Kota South Bend, Ind., Pete Buttigieg menjadi terkenal ketika ia mencalonkan diri melawan Biden dalam pemilihan presiden tahun 2020, mengembangkan banyak pengikut dengan julukannya “Walikota Pete.”

Ketika Biden mengangkatnya ke dalam pemerintahan sebagai Menteri Transportasi, Buttigieg membuat sejarah sebagai anggota Kabinet gay pertama, dan keberhasilannya telah memicu pertanyaan tentang pencalonan presiden di masa depan, serta apakah ia dapat bergabung dengan Kamala Harris pada pilpres AS 2024.

Pada usia 42 tahun, generasi muda Buttigieg akan menonjol dibandingkan Harris setelah kritik berbasis usia berkontribusi pada tersingkirnya Biden secara bersejarah dari pencalonan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Roy Cooper

akil Presiden AS Kamala Harris Tinggalkan Indonesia
Wapres perempuan pertama di negara adidaya tersebut mendarat di Jakarta untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan mitra wicara strategis seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan Australia. (Yasuyoshi Chiba/Pool Photo via AP)

Gubernur Carolina Utara Roy Cooper memenangkan jabatan gubernur di Negara Bagian Tar Heel pada tahun 2016 dan 2020, meskipun Trump memenangkan pemilihan presiden pada kedua siklus tersebut.

Di bawah kepemimpinan Cooper, Carolina Utara telah muncul sebagai medan pertempuran bagi Partai Demokrat, dan memandangnya sebagai potensi perubahan. Karena alasan ini, beberapa orang berpendapat bahwa menempatkan Cooper pada tiket baru pada tahun 2024 dapat membuat negara bagian lebih ikut berperan.

4. Mark Kelly

Senator Arizona Mark Kelly telah menjadi suara yang berpengaruh bagi Partai Demokrat nasional, menjabat di Senat sejak tahun 2020. Ahli strategi Demokrat dan donor telah menyebut Kelly sebagai salah satu pesaing utama yang memiliki posisi terbaik untuk menjadi pasangan Harris.

Menurut memo dari kelompok jajak pendapat yang didanai Partai Demokrat, BlueLabs, Kelly termasuk di antara beberapa kandidat Partai Demokrat yang memiliki kinerja lebih baik daripada Biden di negara bagiannya masing-masing.

 


5. Wes Moore

Kamala Harris
Kamala Harris, wakil presiden Amerika Serikat. (Foto: Instagram/kamalaharris)

Gubernur Maryland Wes Moore, bintang besar lainnya di Partai Demokrat, telah menghentikan kampanye Biden di negara bagian North Carolina dan Wisconsin yang menjadi medan pertempuran. Ia juga tampil terdepan di luar Gedung Putih awal bulan ini setelah pertemuan antara gubernur Partai Demokrat dan Biden mengenai kinerja debatnya.

Namun, seperti banyak gubernur Demokrat lainnya yang sedang naik daun, Moore masih perlu mengembangkan ID nama nasionalnya. Selain itu, Moore tidak memiliki banyak pengalaman dalam kampanye federal.

6. Gavin Newsom

Gubernur California Gavin Newsom muncul dalam siklus ini sebagai calon pengganti Biden dan termasuk di antara nama-nama yang muncul bersama Harris sebagai calon pengganti petahana yang menduduki posisi teratas dalam kandidat presiden.

Pembelaannya terhadap Biden dan perdebatannya di hadapan publik dengan tokoh Partai Republik seperti Gubernur Florida Ron DeSantis (kanan), yang menjadi lawan bicaranya di Fox News tahun lalu, telah membantunya menjadi bintang partai dan memicu rumor tentang ambisinya pada tahun 2028.

 


7. Josh Shapiro

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris di KTT ASEAN
Ia pun melengkapi penampilan dengan aksesori anting mutiara yang serasi dengan kalung layering mutiara pula. Rambut coklat sebahu pun tertata rapi. [@pesona.indonesia]

Gubernur Pennsylvania masa jabatan pertama Josh Shapiro semakin digadang-gadang sebagai calon pilihan Harris seiring meningkatnya spekulasi mengenai mundurnya Biden dari pencalonan Biden. Seperti Harris, Shapiro sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung Pennsylvania. Dia juga telah membuktikan dirinya sebagai gubernur negara bagian yang populer, mengalahkan Doug Mastriano dari Partai Republik pada tahun 2022.

Shapiro menerima pujian minggu lalu atas nada persatuannya setelah upaya pembunuhan terhadap Trump. Gubernur ini juga menjadi berita utama atas tanggapannya terhadap penggelinciran kereta api di Palestina Timur, Ohio, yang berdampak pada Pennsylvania, tahun lalu.

 

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020
Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya