5 Tanda di Wajah yang Mengindikasikan Masalah Kesehatan Serius

Seorang dokter telah mengungkapkan lima tanda di wajah Anda yang bisa menjadi tanda risiko kesehatan yang serius

oleh Sulung Lahitani diperbarui 22 Jul 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 18:30 WIB
Wajah Terlihat Pucat
Ilustrasi Wajah yang Pucat Karena Darah Rendah Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter telah mengungkapkan lima tanda di wajah Anda yang bisa menjadi tanda risiko kesehatan yang serius dan ia mendesak masyarakat untuk mencoba mengenali indikasi tersebut sejak dini agar dapat menerima perawatan tepat waktu.

Dr Donald Grant, dokter umum dan Penasihat Klinis Senior di The Independent Pharmacy mengatakan bahwa mulai dari kekurangan vitamin hingga penyakit hati, perubahan pada wajah seringkali menandakan berbagai masalah kesehatan.

Dokter umum, yang berspesialisasi dalam pengobatan ortopedi dan telah menjadi dokter umum yang berbasis di Bristol sejak tahun 1985, memperingatkan bahwa memahami tanda-tanda awal kondisi kesehatan yang serius adalah kunci untuk mendapatkan pengobatan yang efektif dengan cepat.

Dr Grant menyarankan: “Dari kekurangan vitamin hingga penyakit hati, wajah kita sering kali menandakan berbagai masalah kesehatan. Memahami bagaimana wajah dapat mengindikasikan kesehatan adalah cara efektif untuk mengenali kondisi sejak dini dan menerima perawatan terbaik."

Berikut ini tanda-tanda tersebut seperti dihimpun dari Mirror:

1. Kulit pucat

Dr Grant berkata: "Penyakit kronis, pola makan yang buruk, atau kekurangan vitamin semuanya dapat menyebabkan kulit pucat. Hal ini sering kali disebabkan oleh kurangnya sel darah merah atau hemoglobin, yang menyebabkan perubahan warna pada wajah. Jika Anda menderita pucat kulit, masukkan makanan kaya zat besi ke dalam makanan Anda seperti daging merah, kacang-kacangan, dan lentil."

2. Kulit atau Mata Kuning

Dr Grant berkata: "Jika kulit atau mata Anda mulai menguning, itu mungkin merupakan indikator penyakit kuning - ini adalah saat jumlah bilirubin menumpuk di dalam tubuh. Penyakit kuning dapat disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan seperti penyakit hati, hepatitis atau penyakit sel sabit."

“Karena penyakit kuning dapat menandakan berbagai implikasi kesehatan, sangat penting untuk mencari nasihat medis dari dokter umum yang berkualifikasi untuk memahami akar penyebab di balik perubahan wajah tersebut.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Wajah Bengkak

Ilustrasi mata sakit, kedutan
Ilustrasi mata sakit, kedutan. (Photo by Kamran Aydinov on Freepik)

Dr Grant berkata: "Wajah bengkak sering kali menjadi tanda masalah kesehatan ringan seperti demam atau reaksi alergi lainnya. Namun, wajah bengkak juga bisa mengindikasikan retensi cairan - tanda umum komplikasi ginjal.

Wajah bengkak juga bisa menjadi tanda kondisi seperti selulitis, infeksi kulit yang membuat kulit tampak merah dan bengkak. Infeksi ini bisa terjadi di seluruh tubuh, termasuk di wajah. Untuk mengatasi selulitis, dokter umum bisa meresepkan antibiotik. dengan infeksi biasanya hilang setelah sekitar satu minggu pengobatan."

 


4. Ruam Wajah

Ilustrasi sakit kepala
Anemia dapat ditandai dengan sakit kepala. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Dr Grant berkata: "Selanjutnya, ruam yang terus-menerus di wajah mungkin mengindikasikan penyakit lupus, suatu penyakit autoimun. Ruam ini cenderung muncul di hidung dan pipi sebelum menyebar ke lengan dan dada.

“Lupus adalah kondisi jangka panjang yang dapat didiagnosis melalui tes darah. Sangat penting untuk segera mencari pertolongan medis jika Anda merasa menderita penyakit ini. Selain lupus, ruam pada wajah bisa menjadi tanda alergi atau rosacea.”

 


5. Bibir atau kulit kering

Ilustrasi bibir kering
Ilustrasi bibir kering. (Photo Copyright by Freepik)

Dr Grant berkata: “Terakhir, meskipun bibir atau kulit kering sering kali merupakan tanda perubahan kondisi cuaca atau penuaan, hal ini juga disebabkan oleh dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi meliputi; kulit memerah, batuk kering, rasa haus, dan kencing berwarna kuning tua. Penting untuk diperhatikan. pertahankan asupan air yang sehat sepanjang hari, sesuaikan ketika suhu mulai naik."

“Secara keseluruhan, penting untuk menyadari berbagai indikator kesehatan yang diberikan pada wajah kita. Dengan memahami tanda-tanda umum penyakit atau infeksi, orang dapat menerima perawatan medis dini untuk meminimalkan gejala.”

Infografis Jenis-Jenis Bullying di Sekolah
Jenis-jenis bullying yang patut diwaspadai. (dok. Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya