Harapan Petani Kedelai untuk Program Bantuan Pemerintah yang Lebih Konkret

Para petani berharap pemerintah memberikan perhatian khusus kepada petani kedelai

oleh Sulung Lahitani diperbarui 26 Jul 2024, 22:02 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 22:02 WIB
Harapan Petani Kedelai untuk Program Bantuan Pemerintah yang Lebih Konkret
Harapan Petani Kedelai untuk Program Bantuan Pemerintah yang Lebih Konkret (doc: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Kelompok Petani Perempuan Lestari Karisma dan Paguyuban Petani Lestari Boro, yang aktif di wilayah Kulon Progo, telah menunjukkan ketekunan dan keuletan mereka dalam membina perempuan untuk menjadi mandiri dan berdaya. Pada pertengahan tahun ini, mereka berhasil menyelesaikan panen kedelai varietas Galunggung, Grobogan, dan Wilis dengan hasil memuaskan dari segi kualitas dan kuantitas.

Cuaca yang mendukung serta curah hujan yang cukup menjadi faktor penting dalam keberhasilan panen kali ini.

"Petani di sini telah kembali ke tradisi bertani dengan menggunakan sistem non-monokultur, di mana satu lahan tidak hanya ditanami satu jenis tanaman saja. Pengolahan dilakukan secara alami, mulai dari menentukan benih, siklus tanam, hingga masa panen. Pupuk yang digunakan berasal dari olahan daun dan kotoran ternak," ungkap Herni, salah satu penggerak Paguyuban Petani Lestari Boro.

Tidak hanya fokus pada bercocok tanam, kelompok tani ini juga secara rutin mengadakan berbagai pelatihan dan kegiatan yang bertujuan untuk mencapai kedaulatan pangan bagi perempuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Misi mewujudkan ketahanan pangan nasional

Harapan Petani Kedelai untuk Program Bantuan Pemerintah yang Lebih Konkret
Harapan Petani Kedelai untuk Program Bantuan Pemerintah yang Lebih Konkret (doc: Istimewa)

Misi ini sejalan dengan pilar keberlanjutan yang diusung PT FKS Multi Agro dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional. Oleh karena itu, pada 21 Juli 2024, PT FKS Multi Agro Tbk merealisasikan program penyerapan kedelai dari hasil panen kedua kelompok tani tersebut.

Sukis Rahardjo, Kepala Gudang PT FKS Multi Agro Tbk Semarang, menyatakan bahwa uji mutu telah dilakukan sebelum penyerapan ini direalisasikan. Menurutnya, kualitas kedelai tersebut sangat baik dan PT FKS Multi Agro Tbk siap menyerap sebanyak 20 ton kedelai untuk didistribusikan kepada pengrajin tahu tempe, khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Program serupa telah secara konsisten dilakukan oleh PT FKS Multi Agro Tbk beberapa tahun terakhir sebagai upaya konkret perusahaan untuk membantu penyerapan kedelai lokal, mendukung program jangka panjang pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

 


Harapan bantuan dari pemerintah

Para petani berharap pemerintah memberikan perhatian khusus kepada petani kedelai, mengingat komoditas ini merupakan bahan baku pangan strategis selain beras dan jagung.

Pemerintah diharapkan dapat berkomitmen menyerap hasil panen yang ada dan merealisasikan program bantuan yang konkret, agar petani kedelai lokal memiliki semangat untuk menanam kedelai dalam rangka memenuhi kebutuhan nasional.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya