Top 3: Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Artikel tentang 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan fisik dan mental menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 02 Okt 2024, 11:02 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 11:02 WIB
Top 3: Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Fisik dan Mental
Top 3: Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Fisik dan Mental (Photo by Toa Heftiba on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Mendaki gunung menjadi aktivitas yang menantang dan memerlukan kekuatan fisik serta kesehatan mental yang baik. Ini bukanlah kegiatan yang bisa diselesaikan dalam satu atau dua jam, tapi seringkali, pendakian memerlukan waktu satu hari atau bahkan lebih untuk mencapai puncak.

Namun, manfaat mendaki gunung tidak hanya terbatas pada kebugaran fisik. Aktivitas ini juga berkontribusi pada peningkatan kesehatan otot dan organ tubuh, membantu tubuh menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Selain itu, mendaki gunung menawarkan berbagai manfaat psikologis dan emosional bagi para pendaki. 

Artikel tentang 5 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan fisik dan mental menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 5 manfaat konsumsi jambu biji, mengontrol gula darah hingga melancarkan sistem pencernaan.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang penuh misteri, 4 zodiak ini suka menyimpan rahasia dalam hubungan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ilustrasi mendaki gunung, petualang
Ilustrasi mendaki gunung, petualang. (Photo by Mathias Jensen on Unsplash)

Berikut beberapa keuntungan dari aktivitas luar ruangan ini, seperti yang dilansir dari A World to Travel, Senin (30/9/2024).

Meningkatkan Kebugaran Fisik

Saat Anda mendaki gunung, Anda telah meningkatkan kebugaran secara fisik. Mendaki gunung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuhmu.

Mendaki gunung sama halnya dengan latihan aerobik. Dengan mendaki gunung, Anda telah meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru dan sistem predaran darah.

Anda akan memperoleh pasokan oksigen yang cukup sehingga mengurangi penyakit diabetes tipe 2. Selain itu, mendaki gunung juga dapat mengatur berat badan dan mengatasi obestitas. Dengan mendaki gunung metabolisme tubuh Anda akan meningkat. Mendaki gunung juga dapat mengencangkan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selengkapnya...


2. 5 Manfaat Konsumsi Jambu Biji, Mengontrol Gula Darah hingga Melancarkan Sistem Pencernaan

Ilustrasi jambu biji
Ilustrasi jambu biji (pixabay.com/joaolimafotografias)

Buah jambu biji memiliki rasa yang manis, daging buah ini berwarna merah muda dengan dipenuhi oleh biji. Untuk mengonsumsi buah ini Anda dapat memakannya secara langsung setelah kulitnya di kupas. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah ini dengan cara diolah menjadi minuman jus.

Buah ini mengandung banyak senyawa dan vitamin yang dapat memberikan kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak sifat seperti anti peradangan, anti bakteri dan lainnya yang dapat melawan penyakit yang akan menyerang tubuh Anda.

Dilansir dari Health, Senin (30/09/2024) ditemukan beberapa khasiat dan manfaat bagi kesehatan yang dapat Anda peroleh jika Anda rutin mengonsumsi buah jambu sebagai berikut.

1. Mengontrol Gula Darah

Jambu biji digunakan sebagai obat tradisional untuk mengontrol gula darah. Penelitian mengatakan bahwa ekstrak daun buah jambu memiliki pengaruh terhadap sensitivitas insulin. Dengan mengonsumsi daun biji jambu dapat meningkatkan glukosa plasma puasa dan resistensi insulin.

Studi 2016 juga mengatakan bahwa buah jambu biji memiliki efek yang baik dalam menurunkan kadar gula darah. Kandungan pektin di dalamnya mampu menghambat penyerapan glukosa di usus. Buah ini tidak dapat dijadikan obat secara utuh, Anda tetap memerlukan obat resep dari dokter.

Selengkapnya...


3. Penuh Misteri, 4 Zodiak Ini Suka Menyimpan Rahasia dalam Hubungan

Ilustrasi pasangan cinta, romantis
Ilustrasi pasangan cinta, romantis. (Photo by Veronika Bykovich on Unsplash)

Dalam pencarian cinta sejati, banyak individu mendambakan pasangan yang dapat menerima mereka apa adanya. Namun, beberapa zodiak justru merasa bahwa sedikit kerahasiaan bisa menambah daya tarik dalam hubungan.

Zodiak-zodiak ini memiliki pendekatan unik terhadap cinta yang melibatkan sedikit misteri. Mereka percaya bahwa dengan menjaga beberapa aspek hubungan tetap rahasia, mereka dapat menciptakan ikatan yang lebih kuat dan menarik. Dalam dunia cinta, sedikit rahasia bisa menjadi bumbu yang menyegarkan hubungan!

Nah, penasaran siapa saja mereka? Ini dia zodiaknya, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (1/10/2024):

1. Aquarius

Aquarius dikenal memiliki kepribadian yang kuat dan sulit dipahami. Mereka seringkali tidak ingin pasangannya mengenal mereka sepenuhnya sejak awal. Bagi pemilik zodiak ini, menjaga ruang pribadi dan saling menghormati privasi adalah kunci untuk menciptakan aura misterius dalam hubungan.

Meski mereka membangun hubungan emosional yang mendalam, mereka tetap percaya bahwa sedikit misteri bisa memicu kembali percikan cinta yang ada di awal hubungan.

2. Virgo

Virgo memiliki pandangan unik tentang hubungan. Mereka menyadari bahwa kerahasiaan dan kesopanan bisa memperkuat ikatan mereka. Individu dengan zodiak ini percaya bahwa pasangan yang saling menghormati lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalam perselisihan.

Oleh karena itu, mereka tidak terlalu banyak bertanya tentang jadwal harian pasangan dan lebih memilih untuk menyimpan detail kecil agar hubungan tetap harmonis.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya