7 Rekomendasi Drakor tentang Self Love yang Bisa Membuatmu Lebih Percaya Diri

Dari membahas isu-isu sosial hingga menggambarkan perjalanan pribadi, drama-drama ini menawarkan alur cerita yang menarik dan karakter yang berkembang dengan baik.

oleh Bella Zoditama diperbarui 12 Okt 2024, 17:04 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 17:04 WIB
Potongan Drama "Start-Up"
Potongan Drama "Start-Up" (Foto: Netflix)

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang berpikir kalau drama Korea hanya berkutat tentang cerita romansa yang klise dan tidak ada sesuatu hal yang baru. Ya, memang tidak salah kalau memang ada beberapa judul yang mengambil tema yang seperti itu tapi tetap mendapatkan banyak apresiasi dari penonton.

Namun, ada juga beberapa drakor yang mendalami serangkaian topik yang beragam, terutama karena isu-isu masyarakat dan budaya terus berkembang dan menjadi yang terdepan dalam diskusi tentang seperti apa Korea Selatan di zaman modern.

Seperti misalnya kisah menjadi lajang di usia yang tidak lagi muda hingga bergulat dengan masyarakat dan budaya yang terobsesi dengan penampilan, para protagonis dari drama Korea berikut ini melakukan pencarian jati diri. Sementara yang lain menemukan sesuatu yang baru tentang diri mereka sendiri dalam proses mencintai diri sendiri dengan lebih banyak self love.

Merangkum dari Movie Web, Kamis (10/10/2024), ini dia rekomendasi drakor yang bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Terlebih jika saat ini Anda sedang mengalami rasa rendah diri dan mungkin krisis identitas.

1. Start-Up (2020)

Dirilis pada tahun 2020, Start-Up berkisah tentang menemukan jati diri dan mengejar impian. Dalam acara ini, Seo Dal-mi tahu bahwa ia ingin menjadi Steve Jobs berikutnya di Korea Selatan, meskipun berasal dari latar belakang kelas bawah.

Ketika ia menemukan peluang untuk diundang ke Sandbox, yang merupakan Silicon Valley di Korea, ia pun menerimanya. Hal itu membuatnya bertemu dengan seorang pria bernama Nam Do-san, yang akan mengubah hidupnya.

Drakor ini wajib ditonton karena karakter utamanya, Seo Dal-mi, sangat mengenal dirinya sendiri dan mengejar impiannya. Ia adalah contoh sempurna tentang apa yang terjadi ketika seseorang memiliki energi dan inisiatif untuk terus maju, bahkan dalam menghadapi kesulitan.

2. My Liberation Notes (2022)

My Liberation Notes
My Liberation Notes (via:soompi.com)

Dirilis di tahun 2022, My Liberation Notes adalah salah satu drama Korea yang berkembang seperti puisi. Berlatar di Gyeonggi-do, di luar ibu kota Seoul, tiga saudara kandung berjuang menghadapi hidup mereka dengan cara yang berbeda.

Dengan kedatangan orang asing baru, mereka semua mulai menyadari bahwa mereka ingin meninggalkan hidup mereka dan memulai hidup baru. My Liberation Notes tidak hanya memukau untuk ditonton, tetapi juga memiliki alur cerita yang berkembang dengan baik.

Dengan masing-masing karakternya tidak bahagia dengan hidup mereka, mereka belajar untuk menyadari kebutuhan dan keinginan mereka di sepanjang jalannya serial, mendorong mereka untuk mengambil tindakan agar mengubah keadaan mereka. 

Song Kang dan Park In-hwan membintangi drama Navillera yang mengangkat tema yang agak tidak biasa untuk drama Korea. Dalam serial tersebut, seorang pria tua pensiunan (Park) memutuskan sudah waktunya untuk mengejar mimpinya.

Meskipun pria seusianya biasanya tidak akan belajar balet, ia akan tetap berusaha meraih bintang, dan ketika ia muncul di akademi tari, ia bertemu dengan seorang dewasa muda (Song), yang juga tidak akan diduga akan datang ke kelas balet.

Navillera menunjukkan kepada penonton bahwa tidak ada kata terlambat untuk mengejar impian Anda, dan di sepanjang jalan Anda mungkin bertemu dengan beberapa orang yang akan mengubah hidup Anda.

Terlepas dari apa yang diharapkan masyarakat dari seseorang, mengenal diri sendiri dan apa yang Anda inginkan adalah hal yang paling utama dalam acara ini.

4. Be Melodramatic (2019)

Be Melodramatic
Sinopsis Drakor Be Melodramatic (Dok. Vidio)

Be Melodramatic menampilkan tiga sahabat yang berada di ambang perubahan besar dalam hidup mereka. Salah satunya adalah seorang penulis yang akan meraih kesuksesan besar.

Di mana ia berkesempatan untuk menulis serial televisi, tetapi ketika ia jatuh cinta pada sutradaranya, segalanya menjadi panas. Temannya yang lain adalah seorang pembuat film dokumenter yang tunangannya meninggal muda karena kanker, dan ia sedang bersiap untuk membuat film baru.

Sementara yang terakhir adalah seorang ibu tunggal yang berusaha untuk bekerja dan menyeimbangkan waktu dengan anaknya. Bersama-sama, ketiganya menghadapi dunia dan mengejar impian mereka.

Saat menontonnya, Anda akan mendukung ketiga wanita ini dan kesuksesan mereka. Meskipun mereka memulai dengan masa-masa sulit, mereka belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan satu sama lain selama jalannya serial, sehingga secara keseluruhan menjadi tontonan yang luar biasa.

5. My ID Is Gangnam Beauty (2018)

5 Drama Korea Berlatar Dunia Kampus, Yuk, Intip Juga Gaya Fashion Tokoh Utama!
My ID is Gangnam Beauty.

Dalam My ID is Gangnam Beauty tahun yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama, karakter utamanya, Kang Mi-rae, membenci penampilannya. Karena dirundung, ia memutuskan untuk melakukan operasi plastik dan mengubah segalanya saat kuliah.

Saat ia memutuskan untuk melakukan itu, ia bertemu dengan teman sekelasnya di sekolah menengah yang mengingat penampilan lamanya. Kemudian melalui hubungan mereka yang sedang berkembang, ia belajar untuk mencintai dirinya sendiri apa adanya.

6. Romance Is a Bonus Book (2019)

Romance Is a Bonus Book memiliki karakter utama yang tidak biasa di dunia drama Korea: Kang Dan-i. Bercerai dan menganggur, dia disewa oleh teman masa kecilnya, Cha Eun-ho, untuk mencari seseorang untuk membersihkan rumahnya.

Karena sangat membutuhkan uang, dia menerima pekerjaan itu. Akan tetapi, ketika Cha Eun-ho mengetahui kebenarannya, dia mempekerjakannya untuk perusahaan penerbitan bukunya. Di suatu tempat di sepanjang jalan, keduanya akhirnya jatuh cinta.

Drakor ini wajib ditonton untuk menunjukkan bahwa ada harapan. Selain itu, saat Anda sedang meragukan diri sendiri dan semuanya berantakan, semuanya ternyata bisa baik-baik saja pada akhirnya.

7. Reply 1988 (2015)

Drama Korea tvN Terpopuler yang Hadir di Vidio, Ada Reply 1988
Nonton drama Korea tvN terpopuler hanya di Vidio. (Dok. Vidio)

Serial Reply sangat populer di Korea Selatan, dan Reply 1988 tentu saja tidak terkecuali dalam hal popularitas ini. Berlatar tahun 1988, menjadikannya kisah nostalgia yang sangat efektif bagi mereka yang hidup pada masa itu.

Drakor ini berfokus pada sekelompok orang dewasa muda yang tinggal di lingkungan yang sama dengan Seoul. Saat mereka tumbuh dewasa bersama, mereka akan belajar menghadapi suka duka saat mendekati masa dewasa.

Reply 1988 adalah drama yang tepat untuk dijadikan rujukan saat membahas tentang masa dewasa muda dan apa artinya menjadi dewasa. Meskipun berlatar akhir tahun 80-an merupakan kisah nostalgia, serial ini memiliki beberapa cerita dan tema yang solid yang hadir di setiap episode, yang membuat serial ini tetap bertahan dengan cara yang sangat menarik.

Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonesia
Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya