5 Cara Membuat Masker Alami untuk Atasi Komedo, Mudah Dibuat di Rumah

Komedo dapat diatasi dengan menggunakan masker alami. Kandungan bahan-bahan alami memiliki khasiat yang baik untuk kulit wajah. Namun, Anda perlu memperhatikan kecocokan dari bahan alami ini dengan kulit wajah Anda.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 15 Okt 2024, 20:02 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 20:02 WIB
5 Cara Membuat Masker Alami untuk Atasi Komedo, Mudah Dibuat di Rumah
5 Cara Membuat Masker Alami untuk Atasi Komedo, Mudah Dibuat di Rumah/unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan banyak individu. Penampilan wajah yang menarik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memengaruhi penilaian orang lain terhadap kita.

Namun, wajah juga sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kering dan komedo.

Komedo, misalnya, terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati. Masalah ini dapat membuat kulit terlihat tidak bersih dan kurang sehat. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini, termasuk perawatan di klinik kecantikan.

Namun, tidak semua orang perlu pergi ke dokter. Banyak cara alami yang dapat dilakukan di rumah untuk merawat kulit wajah. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker alami.

Sebelum menggunakan masker, penting untuk memilih bahan yang cocok untuk jenis kulit Anda agar tidak menimbulkan iritasi atau masalah kulit lainnya.

Berikut beberapa bahan alami untuk membuat masker alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah komedo di wajah, seperti dilansir dari Cookist, Senin (14/10/2024).

1. Susu dan Madu

Masker alami susu dan madu adalah pilihan yang efektif untuk mengatasi komedo sekaligus mencerahkan kulit. Susu mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai eksfoliator alami, membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Madu, di sisi lain, dikenal mampu memberikan kecerahan dan kelembapan pada kulit, menjadikannya tampak lebih berseri.

 

Untuk membuat masker tersebut, Anda dapat mencampurkan dua sendok susu dan seperempat sendok madu hingga menyatu. Kemudian, oleskan masker susu dan madu pada wajah dengan bantuan kapas .

Lalu diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan ini dua kali seminggu. Dengan rutin menggunakan masker ini, Anda dapat merasakan manfaatnya untuk kulit yang lebih bersih dan bercahaya. 

2. Putih Telur dan Lemon

Selain Lemon, Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Masker Wajah
Ilustrasi menggunakan masker lemon. (Sumber foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Campuran putih telur dan lemon adalah masker alami yang efektif untuk mengatasi komedo membandel.

Putih telur mengandung astringent alami yang berfungsi sebagai toner, membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit tampak bersih serta bebas noda. Di sisi lain, air lemon memberikan efek pencerahan pada kulit secara alami.

 

Untuk membuat masker alami ini, Anda dapat mencampurkan satu putih telur dengan satu sendok air lemon. Kemudian, aplikasikan masker ini dengan menggunakan sikat wajah secara merata hingga mengering dan mengeras.

Tunggu 10-15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Setelah itu, gunakan pelembab kulit wajah. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu.

3. Kayu Manis dan Madu

Menggunakan Masker Madufi
Ilustrasi Madu Credit: unsplash.com/Alexander

Kayu manis dan madu adalah kombinasi bahan alami yang memiliki sifat antibakteri, menjadikannya pilihan tepat untuk mengatasi jerawat dan kulit yang rentan terhadap komedo. Kayu manis juga dikenal karena kemampuannya mengecilkan pori-pori, membersihkan, dan menghaluskan kulit.

Untuk membuatnya, campurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dengan tiga sendok makan madu. Lalu aduk rata hingga membentuk pasta.

Setelah itu, oleskan pada wajah yang bermasalah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini dua kali seminggu.

4. Jus Jeruk dan Gelatin

jus jeruk
Ilustrasi jues jeruk markisa menyegarkan/copyright unsplash.com/Jona Novak

Jus jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan, serta mengandung asam sitrat yang efektif dalam membersihkan sel kulit mati dari lapisan kulit atas. Kombinasi jus jeruk dan gelatin membuatnya menjadi pilihan masker alami yang ideal untuk mengatasi komedo.

Untuk membuatnya, panaskan sepertiga cangkir air hingga mendidih, lalu masukkan satu sendok makan bubuk gelatin. Setelah gelatin larut, campurkan dengan sepertiga cangkir jus jeruk dan aduk hingga merata.

Oleskan masker ini ke wajah, hindari area mata dan alis. Tunggu hingga masker mengering, sekitar 15 menit, lalu masker akan mengelupas. Bilas wajah dengan air dingin. Anda dapat menggunakan masker ini satu hingga dua kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

5. Teh Hijau dan Lidah Buaya

ilustrasi teh hijau sebagai masker/unsplash
ilustrasi teh hijau sebagai masker/unsplash

Teh hijau kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam mencegah peradangan pada kulit wajah. Di sisi lain, lidah buaya dikenal karena kandungan antibiotiknya yang dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kulit.

Kombinasi kedua bahan ini menjadikannya sebagai masker alami yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi komedo dan masalah kulit lainnya.

Untuk membuatnya, rebus teh hijau dan biarkan hingga dingin. Campurkan gel lidah buaya ke dalam teh hijau hingga membentuk pasta yang merata. Oleskan masker ini pada wajah menggunakan kapas, hindari area sensitif seperti mata.

Biarkan selama 20 menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin. Untuk hasil terbaik, gunakan masker ini satu hingga dua kali dalam seminggu.

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya