MicroStrategy Catatkan Penurunan Rp 11,3 Miliar dari Kepemilikan Bitcoin pada Kuartal III 2022

Penurunan aset digital perusahaan mencerminkan penurunan harga bitcoin.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 02 Nov 2022, 11:39 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2022, 11:39 WIB
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - MicroStrategy (MSTR) membukukan biaya penurunan nilai aset digital sebesar USD 727.000 atau sekitar Rp 11,3 miliar pada kepemilikan bitcoin (BTC) pada kuartal ketiga, turun secara signifikan dari USD 917,8 juta.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (2/11/2022), penurunan aset digital perusahaan mencerminkan penurunan harga bitcoin versus harga saat bitcoin diperoleh. 

Di bawah aturan akuntansi standar, nilai aset digital seperti cryptocurrency harus dicatat pada biayanya dan kemudian hanya disesuaikan jika nilainya terganggu, atau turun. Tetapi jika harga naik, itu tidak akan dilaporkan kecuali aset dijual.

Antara 2 Agustus hingga 19 September, MicroStrategy membeli 301 bitcoin seharga sekitar USD 6 juta, menurut pengajuan dengan Securities and Exchange Commission. 

Pembelian tersebut membawa total kepemilikan bitcoin MicroStrategy menjadi hampir 130.000. Dengan harga bitcoin saat ini sekitar USD 20.440, maka total nilai kepemilikan tersebut sekitar USD 2.66 miliar. 

Pembelian besar Bitcoin MicroStrategy pada 2021 dan awal 2022 didanai melalui penerbitan surat berharga dan penjualan saham biasa. Pembelian bitcoin perusahaan jauh lebih sederhana pada kuartal kedua dan ketiga 2022 dilakukan hanya dengan menggunakan kelebihan uang tunai perusahaan.

Pada 30 September 2022, dasar biaya asli dan nilai pasar kepemilikan bitcoin MicroStrategy masing-masing adalah USD 3,983 miliar dan USD 2,532 miliar, yang mencerminkan biaya rata-rata per bitcoin sekitar USD 30.639 dan harga pasar per bitcoin sebesar USD 19.480,51, perusahaan melaporkan.

Secara keseluruhan, MicroStrategy melaporkan kerugian pendapatan yang disesuaikan pada kuartal ketiga sebesar 96 sen per saham versus perkiraan konsensus analis untuk kerugian 15 sen, dengan pendapatan sebesar USD 125,4 juta, di bawah perkiraan sebesar USD 127,2 juta.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Bitcoin Melesat 6,1 Persen Sepanjang Oktober 2022

Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Sebelumnya, harga bitcoin berhasil menguat 6,1 persen sepanjang Oktober 2022, ini menjadi bulan positif untuk Bitcoin sejak Juli 2022. Sepanjang pertengahan 2022, Bitcoin terus alami penurunan terdampak berbagai sentimen, salah satunya kenaikan suku bunga The Fed untuk menjinakkan inflasi AS.

Terobosan harga cryptocurrency terbesar di atas USD 20.000 (Rp 311,7 juta) yang dicapai minggu lalu menjadi yang pertama kalinya dalam 18 hari, didorong oleh likuidasi pedagang yang bertaruh pada penurunan harga lebih lanjut. 

Pada momen tersebut, para trader memanfaatkan trading dengan jangka pendek dan berhasil menghidupkan kembali tren bullish di pasar. Tetapi menurut analis riset di Coinbase Institutional memperingatkan pada Jumat (28/10/2022) sinyal dari grafik harga terlihat bercampur aduk.

“Pergerakan harga mungkin tidak jelas, kami belum tahu apakah ini pertanda bullish atau tidak. Kami tidak percaya narasi investasi telah berubah,” kata analis Coinbase dikutip dari CoinDesk, Senin (31/10/2022).

Investor Tunggu Data The Fed

Trader kripto, bersama dengan investor di sektor keuangan tradisional, saat ini menantikan pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve berikutnya, yang akan berakhir pada Rabu waktu setempat. 

Banyak analis dan ekonom yakin, The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (0,75 poin persentase) minggu ini, tetapi ada spekulasi yang berkembang pejabat mungkin turun ke kecepatan yang lebih lambat. 

Minggu ini juga akan ada laporan pekerjaan AS untuk Oktober, yang akan dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja pada Jumat mendatang. Para ekonom memperkirakan ada penambahan 195.000 pekerjaan selama satu bulan, perlambatan dari kenaikan 263.000 September tetapi masih merupakan kecepatan yang kuat. 

Pertumbuhan yang kuat mungkin menjaga tekanan pada The Fed untuk mempertahankan tingkat ratcheting lebih tinggi.


Volatilitas Bitcoin Menurun, Analis Sebut Penurunan Segera Berakhir

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, volatilitas Bitcoin akhir-akhir sedikit menurun yang menunjukkan pergerakan harga kripto terbesar itu mulai lebih stabil. Para analis menyebut hal ini merupakan tanda-tanda harga hampir mencapai titik bawah.

Pekan lalu, volatilitas bergulir 20 hari cryptocurrency turun di bawah indeks Nasdaq dan S&P 500 untuk pertama kalinya sejak 2020, menurut data dari perusahaan riset kripto Kaiko.

Mata uang digital telah turun tajam sejak 2021 yang melihat bitcoin naik setinggi USD 68.990 atau sekitar Rp 1 miliar. Tetapi selama beberapa bulan terakhir, harga bitcoin telah melemah hingga sekitar USD 20.000 sebagai tanda volatilitas di pasar telah selesai.

Saham dan cryptocurrency keduanya turun tajam tahun ini karena kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS dan penguatan dolar membebani sektor ini. Korelasi Bitcoin dengan saham telah meningkat dari waktu ke waktu karena semakin banyak investor institusional yang berinvestasi di kripto.

Harga bitcoin yang mulai stabil baru-baru ini disambut positif oleh para investor karena menurut mereka itu adalah pertanda baik.

Kepala internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar mengatakan Bitcoin pada dasarnya telah terikat dalam kisaran antara USD 18.000 hingga USD 25.000 selama 4 bulan sekarang, yang menunjukkan konsolidasi dan potensi mencapai titik terendah.

“Kami juga melihat indeks Dolar naik. Dalam kasus sebelumnya seperti pada 2015, kami telah melihat BTC terbawah ketika indeks Dolar telah berada di atas, jadi kami dapat melihat pola yang sangat mirip bermain di sini,” ujar Ayyar dikutip dari CNBC, Senin (31/10/2022).


Akhir dari Musim Dingin Kripto

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Akhir dari Musim Dingin Kripto?

Cryptocurrency telah mengalami penurunan brutal tahun ini, kehilangan nilai USD 2 triliun sejak puncak reli pada 2021. Bitcoin, koin digital terbesar di dunia, turun sekitar 70 persen dari puncaknya pada November 2021.

Apa yang disebut "musim dingin kripto" saat ini sebagian besar merupakan hasil dari pengetatan agresif dari The Fed, yang telah menaikkan suku bunga dalam upaya untuk menjinakkan inflasi yang meroket. 

Perusahaan kripto ternama seperti Three Arrows Capital terbebani oleh tekanan pada harga, yang semakin mempercepat penurunan pasar.

Namun, beberapa investor berpikir musim dingin kripto sudah berada di penghujung fase. Ayyar mengatakan ada tanda-tanda fase akumulasi, ketika investor institusional lebih bersedia untuk bertaruh pada bitcoin mengingat harga yang tenang.

“Bitcoin terjebak dalam kisaran seperti itu memang membuatnya membosankan, tetapi ini juga saat ritel kehilangan minat dan uang pintar mulai menumpuk,” pungkas Ayyar.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya