Jika Jadi Gubernur, Ini Jurus Ridwan Kamil Atasi Tawuran Pelajar Jakarta

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengaku bakal memprioritaskan program yang terkait dengan pencegahan tawuran di Jakarta jika menjadi gubernur terpilih.

oleh Winda Nelfira diperbarui 28 Sep 2024, 23:28 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 23:28 WIB
Ridwan Kamil
Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), di DPD Golkar, Jakarta Pusat, Sabtu (28/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengaku bakal memprioritaskan program yang terkait dengan pencegahan tawuran di Jakarta jika menjadi gubernur terpilih.

Dia bilang, akan membuat para pelajar menjadi lebih sibuk dengan kegiatan kepanitiaan di luar sekolah atau car free night di wilayah masing-masing.

"Cara dibikin sibuk adalah mereka akan jadi panitia car free night, dimana car free night ini panitianya adalah pemuda-pemuda antar kampung di wilayah itu, nanti diatur oleh pak camatnya," kata RK di DPD Golkar, Jakarta Pusat, Sabtu (28/9/2024).

Dengan begitu, RK berharap pelajar lebih banyak berkomunikasi dengan warga sekitar. Sehingga, kata dia tak ada waktu untuk terlibat tawuran.

"Akhirnya waktu yang tadinya senggang dipakai oleh provokasi, lebih banyak waktunya sibuk oleh kreasi-kreasi," ujar RK.

Adapun program car free night digagas RK sejalan dengan janji pemberian dana Rp100 juta hingga Rp200 juta untuk RT-RW di Jakarta. Dia menyebut, dana itu bisa digunakan untuk kegiatan kepemudaan.

"Rp200 juta itu bisa diatur kan juga porsi untuk kegiatan kepemudaan yang selama ini nggak ada. Nah mudah-mudahan dengan resep dari RIDO ini, Insyaallah dengan kesibukan mereka berkurang tawuran," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Elektabilitas Ridwan Kamil

Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil di Rumah Ramah, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil di Rumah Ramah, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil surveinya tentang Pilkada Jakarta 2024. Suara warga Betawi yang tinggal di Jakarta cenderung memilih pasangan calon (paslon) nomor urut satu Ridwan Kamil dan Suswono (RK-Suswono).

Menanggapi hal tersebut, RK mengaku bahagia dengan hasil Survei Poltracking. Menurutnya, hal itu menunjukkan orang Betawi paham siapa paslon yang peduli dengan Betawi.

"Yang saya bahagia juga dari suku Betawi ternyata malah memilih RIDO kan. Jadi artinya orang Betawi juga paham bahwa siapa yang peduli dengan budaya Betawi, mungkin itu yang mereka pilih," kata RK di Waduk Aseni, Jakarta Barat, Sabtu (28/9/2024).

Adapun dari hasil survei Poltracking, Ridwan Kamil-Suswono didukung 48 persen suku Betawi, Pramono Anung-Rano Karno 31,8 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana sekitar 2,4 persen.

Meski begitu, RK meminta Ketua Tim Sukses Cagub-Cawagub Nomor Urut 1, Riza Patria atau Ariza tak lengah. Sebab, ujarnya survei masing-masing paslon menunjukkan perbedaan hasil yang tipis.

"Ya saya bilang dari awal Pilkada Jakarta akan ketat, akan dinamis, itulah kenapa ke Pak, Ariza ke tim, jangan lengah. Terus sosialisasi menjangkau masyarakat," jelas dia.

"Berbagai survei rentangnya di 47,48,57, metodenya beda-beda lah. Tapi yang saya terima angkanya berkisar plus minus di rentang itu," tandasnya.

Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya