Mantan CEO Pertukaran Kripto Bangkrut FTX Sam Bankman Fried Hadapi Tuntutan Baru

Mantan CEO FTX Sam Bankman Fried didakwa dengan tuntutan memberikan sumbangan politik ilegal.Ia kini hadapi 12 dakwaan pidana termasuk empat dakwaan penipuan.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 25 Feb 2023, 08:52 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2023, 08:52 WIB
CEO dan Pendiri FTX Sam Bankman-Fried Hadapi Tuntutan Baru
Mantan CEO dan Pendiri FTX Sam Bankman-Fried kini hadapi 12 dakwaan pidana. (Mario Duncanson/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan CEO dan pendiri pertukaran kripto bangkrut, FTX Sam Bankman-Fried (SBF) didakwa dengan tuntutan kriminal baru pada Kamis, 23 Februari 2023, dalam dakwaan yang diperluas yang menuduh SBF bersekongkol untuk memberikan lebih dari 300 sumbangan politik ilegal.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (25/2/2023), Bankman-Fried kini menghadapi 12 dakwaan pidana, termasuk empat dakwaan penipuan dan delapan dakwaan konspirasi, naik dari delapan dakwaan dalam dakwaan sebelumnya, yang dia mengaku tidak bersalah.

Dakwaan baru menambah tekanan pada mantan miliarder berusia 30 tahun itu, yang telah melihat dua mantan pegawai utamanya mengaku bersalah. Dia juga berusaha meyakinkan hakim dia harus tetap bebas dengan jaminan.

Jaksa mengatakan Bankman-Fried berkonspirasi dengan dua mantan eksekutif FTX lainnya untuk menyumbangkan puluhan juta dolar untuk mempengaruhi anggota parlemen agar mengesahkan undang-undang yang menguntungkan perusahaan.

Sumbangan itu melanggar hukum karena dilakukan melalui donor "jerami" atau dengan dana perusahaan, sering kali memungkinkan Bankman-Fried untuk menghindari batas sumbangan, kata jaksa penuntut.

Bankman-Fried adalah salah satu donor terbesar untuk kampanye Demokrat pada paruh waktu 2022, dakwaan tersebut mengatakan dia tidak ingin dikenal sebagai partisan yang berhaluan kiri, atau namanya dilampirkan secara publik kepada kandidat dari Partai Republik.

Jaksa mengatakan Bankman-Fried mengarahkan satu eksekutif untuk menyumbang terutama kepada kandidat dan organisasi yang berhaluan kiri dan yang lainnya kepada Partai Republik, dengan banyak sumbangan yang didanai oleh hedge fund Alameda Research miliknya dan termasuk dana pelanggan FTX.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ternyata Investor Indonesia Ikut Jadi Korban Kebangkrutan Pertukaran Kripto FTX

Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Berita penangkapan ini tentunya tidak mengejutkan, mengingat pada Jumat lalu, Departemen Kehakiman mengatakan bahwa pihaknya terus memantau kebangkrutan FTX, yang diperkirakan akan merugikan lebih dari satu juta orang. (Mario Duncanson/AFP)

Sebelumnya, akhir tahun lalu, industri kripto secara global terguncang akibat bangrkutnya salah satu pertukaran kripto terbesar di dunia, FTX yang merugikan nasabah hingga sekitar USD 30 miliar atau setara Rp 455,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.181 per dolar AS). 

Terkait runtuhnya pertukaran kripto FTX ini, Ketua umum Asosiasi Konsumen aset kripto Indonesia atau Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA), Rob Rafael Kardinal mengungkapkan ada beberapa investor kripto di Indonesia yang turut terdampak kasus FTX. 

“Sejujurnya ada beberapa investor Indonesia yang terdampak. Penyebabnya mungkin banyak investor Indonesia yang memilih produk kripto berjangka di platform luar, karena mereka mencari produk lain, tidak hanya produk kripto spot yang ada di Indonesia,” ungkap Rob dalam acara Indonesia Crypto Consumer Summit 2023.

Menurut Rob, sebelum runtuhnya FTX, ada beberapa konsumen kripto di Indonesia yang terdampak oleh platform lain karena mereka mencari produk berjangka kripto. Sejauh ini di Indonesia, para pertukaran kripto hanya diperbolehkan untuk melakukan perdagangan kripto pada produk spot dan bukan produk future atau berjangka. 

“Terkait hal ini, yang bisa diawasi oleh asosiasi dan Bappebti adalah perusahaan kripto yang terdaftar. Maka konsumen yang terdampak di luar itu juga menjadi salah satu tugas ICCA untuk bisa mengedukasi mereka agar berinvestasi di platform yang terdaftar, sehingga bisa kami lindungi,” jelas Rob.

Rob menambahkan jika berinvestasi di platform luar dan perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan, kemungkinan aset investor akan sulit untuk kembali. Maka dari itu, Rob selalu mengingatkan agar investor kripto diusahakan berinvestasi pada platform lokal sehingga mendapat perlindungan dari regulator dan asosiasi. 


Pendirian Pertukaran Kripto Bitzlato Ditangkap di Rusia Terkait Kasus Pencucian Uang

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Salah satu pendiri bursa aset digital Bitzlato, Anton Shkurenko, telah ditangkap di Moskow, Rusia. Menurut sebuah posting yang diterbitkan pada Selasa, 7 Februari 2023 pengusaha kripto itu dicari oleh penyelidik Prancis yang mencurigainya melakukan pemerasan, pencurian data, dan pencucian uang.

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (11/2/2023), lebih dikenal di pasar berbahasa Rusia, Bitzlato diselidiki oleh penegakan hukum internasional pada Januari 2023.

Bitzlato dikatakan telah memproses lebih dari USD 700 juta atau setara Rp 10,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.133 per dolar AS) dana ilegal yang diterima dari entitas kriminal.

Pertukaran kripto Bitzlato didirikan pada 2017 oleh Shkurenko dan rekannya Anatoly Legkodymov, setelah meluncurkan tahun sebelumnya sebagai bot perdagangan bernama BTC Banker yang memfasilitasi transaksi peer-to-peer.

Sebelumnya, Legkodymov, seorang warga negara Rusia yang tinggal di China, ditangkap oleh otoritas AS di Miami bulan lalu. Laporan sebelumnya mengklaim sekitar setahun yang lalu dia mentransfer sahamnya di Bitzlato kepada rekannya dan meninggalkan jabatan CEO.

Badan Kerjasama Penegakan Hukum Uni Eropa (Europol) menahan tiga eksekutif Bitzlato lainnya  CEO perusahaan saat ini, direktur keuangan, direktur pemasaran, dan seorang administrator sistem, di Spanyol dan Siprus. Otoritas penegak hukum Perancis mengambil alih server dan situs webnya.

Menurut data dari perusahaan analitik blockchain Chainalysis, pertukaran kripto terbesar di dunia, Binance, sempat mentransfer cryptocurrency senilai hampir USD 346 juta atau setara Rp 5,2 triliun pada platform tersebut.

Otoritas Rusia belum memutuskan apakah akan mengekstradisi Anton Shkurenko ke Prancis. Berita penangkapannya muncul setelah minggu lalu dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan saluran Youtube kripto tim Bitzlato yang tersisa bermaksud untuk memindahkan bisnis ke Rusia dan meluncurkan kembali operasi, termasuk penarikan.

 


SEC Selidiki Pertukaran Kripto Kraken, Ada Apa?

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) sedang menyelidiki pertukaran cryptocurrency Kraken yang berbasis di San Francisco karena melanggar undang-undang sekuritas.

Kraken adalah pertukaran aset digital yang memungkinkan pelanggan untuk membeli dan menjual cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Ini adalah bursa terbesar keempat berdasarkan volume harian, menurut data CoinGecko.

Dilansir dari Decrypt, Jumat (10/2/2023), menurut laporan Bloomberg pada Rabu penyelidikan berada pada "tahap lanjut" dan dapat mengarah pada penyelesaian dalam beberapa hari mendatang, mengutip orang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Kraken menghadapi tuduhan dari otoritas federal. Pada November, Kraken setuju untuk membayar Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS sebesar USD 362.158 atau setara Rp 5,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.130 per dolar AS) atas pelanggaran nyata sanksi terhadap Iran.

SEC telah menindak beberapa pertukaran kripto baru-baru ini: Pada Januari, SEC memeriksa pertukaran kripto Genesis dan Gemini dengan tuduhan menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar.

Banyak Koin Kripto Adalah SekuritasKetua SEC, Gary Gensler mengklaim banyak mata uang kripto selain Bitcoin adalah sekuritas yang tidak terdaftar. Sekuritas adalah alat investasi yang digunakan untuk meningkatkan modal di pasar publik dan swasta.

Di AS sendiri, ada beberapa kripto yang dianggap sebagai komoditas salah satunya Bitcoin, sedangkan ada koin kripto yang dianggap seperti sekuritas karena melakukan hal yang disebut Initial Coin Offering (ICO) layaknya perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO).

Gensler telah mengatakan industri kripto “sangat tidak patuh” dan undang-undang yang jelas sudah ada dengan tujuan melindungi konsumen tetapi lebih banyak yang harus dilakukan untuk melindungi investor.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya