Bitcoin Sentuh Level Tertinggi 13 Bulan di Tengah Permintaan Investor Institusional

Cryptocurrency terbesar, Bitcoin sempat naik menjadi sekitar USD 31.450 atau setara Rp 477,9 juta

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 07 Jul 2023, 18:25 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2023, 18:25 WIB
Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin menyentuh level tertinggi 13 bulan pada Kamis, 6 Juli 2023 karena besarnya permintaan bitcoin institusional semakin besar menyusul komentar dari CEO BlackRock Larry Fink.

Dilansir dari CNBC, Jumat (7/7/2023), cryptocurrency terbesar itu sempat naik menjadi sekitar USD 31.450 atau setara Rp 477,9 juta (asumsi kurs Rp 15.196 per dolar AS), mencapai level tertinggi sejak Juni 2022. Setelah data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan meningkatkan kekhawatiran investor tentang jalur suku bunga.

Pergerakan sebelumnya berbeda dengan harga saham yang lebih lemah dan hasil yang meningkat  hasil pada catatan Treasury AS 10 tahun kemudian naik di atas 4 persen ke level tertinggi 16 tahun. 

Selain itu, risalah pertemuan Juni Federal Reserve, yang dirilis Rabu, menunjukkan sebagian besar pejabat akan mendukung lebih banyak kenaikan suku bunga ke depan. Likuiditas cryptocurrency telah rendah selama beberapa bulan, terus melebih-lebihkan pergerakan naik dan turun.

Sentimen Komentar CEO BlackRock

CEO BlackRock, Larry Fink memberi bitcoin dukungan terbesarnya dari pemain institusional utama. Berbicara di Fox Business News pada Rabu, Fink menyebut bitcoin sebagai aset internasional dan mengatakan itu tidak didasarkan pada satu mata uang apapun sehingga dapat mewakili aset yang dapat dimainkan orang sebagai alternatif.

Bitcoin terus naik sejak 15 Juni, ketika BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, pertama kali mengajukan peluncuran ETF bitcoin spot. 

Jumlah koin yang dipegang oleh institusi melalui perwalian, ETF, dan dana telah melonjak sejak saat itu, mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun, menurut CryptoQuant, dan minat terbuka bitcoin kembali ke level sebelum runtuhnya FTX.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya