SEC Identifikasi 16 Kripto Sebagai Sekuritas di Platform Kraken

Kraken saat ini tersedia untuk perdagangan aset kripto yang telah menjadi subjek tindakan penegakan SEC sebelumnya berdasarkan statusnya sebagai sekuritas aset kripto

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 25 Nov 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi Kripto (Foto: Traxer/unsplash)
Ilustrasi Kripto (Foto: Traxer/unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Dalam gugatan terbaru Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terhadap bursa kripto Kraken yang diajukan pada Senin, 20 November 2023 menyebut 16 token kripto di platform Kraken sebagai sekuritas.

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (24/11/2023), beberapa dugaan sekuritas kripto sama dengan yang disoroti dalam tuntutan hukum SEC terhadap Coinbase dan Binance dalam kasus-kasus sebelumnya. 

Kraken saat ini tersedia untuk perdagangan aset kripto yang telah menjadi subjek tindakan penegakan SEC sebelumnya berdasarkan statusnya sebagai sekuritas aset kripto, termasuk perdagangan aset kripto dengan simbol ADA, AXS, ALGO, ATOM, CHZ, COTI, DASH, FIL, ALIRAN, ICP, MANA, MATIC, DEKAT, OMG, PASIR, dan SOL.

SEC menunjukkan beberapa aset kripto di atas telah disebutkan dalam beberapa kasus hukum sebelumnya, termasuk yang melibatkan Coinbase, Binance, dan Bittrex. Ketua SEC Gary Gensler telah berulang kali mengatakan dia memandang semua token kripto, kecuali bitcoin, sebagai sekuritas. 

Namun, keputusan pengadilan baru-baru ini yang memenangkan Ripple atas tuntutan SEC menemukan XRP belum tentu merupakan sekuritas.

Menanggapi tuduhan SEC  CEO Kraken Dave Ripley menekankan pada platform media sosial X pihaknya sangat tidak setuju dengan klaim SEC, berpegang teguh pada pandangan perusahan tidak mencatatkan sekuritas, dan berencana untuk mempertahankan posisi dengan penuh semangat.

Seperti Kraken, Coinbase bersikeras platformnya tidak mencantumkan sekuritas kripto. Pada bulan Juli, kepala bagian hukum Coinbase, Paul Grewal, menegaskan bahwa interpretasi SEC tentang kontrak investasi melanggar hukum.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya