Jerman Diperkirakan Rugi Rp 2 Triliun Gara-Gara Bitcoin, Kok Bisa?

Penurunan BTC sebesar 12% selama penjualan pemerintah Jerman juga menyebabkan hangusnya keuntungan.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 22 Jul 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 13:00 WIB
Jerman Diperkirakan Rugi Rp 2 Triliun Gara-Gara Bitcoin, Kok Bisa?
Pemerintah Jerman diperkirakan kehilangan potensi keuntungan sebesar USD 124 juta atau sekitar Rp.2 triliun karena penjualan bitcoin. (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jerman diperkirakan kehilangan potensi keuntungan sebesar USD 124 juta atau sekitar Rp.2 triliun karena penjualan Bitcoin (BTC) yang terlalu cepat.

Melansir Cointelegraph, Senin (22/7/2024) negara bagian Saxony di Jerman pada 13 Juli 2024 menyelesaikan penjualan 50,000 Bitcoin simpanan yang disita dari situs pembajakan film, movie2k, menghasilkan sekitar USD 2,87 miliar atau sekitar Rp.46,5 triliun.

Dengan melakukan hal tersebut, mereka memperoleh keuntungan lebih dari USD 740 juta (Rp.12 triliun) jika dibandingkan dengan biaya akuisisi sebesar USD 2,13 miliar (Rp.34,5 triliun) pada bulan Januari 2024.

Namun, tepat setelah penjualannya, harga Bitcoin meroket hingga 16,55%, didorong lebih tinggi menyusul insiden penembakan terhadap mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang sejak itu meningkatkan peluangnya untuk terpilih kembali pada Pilpres AS 2024.

Peluang pemerintah Saxony untuk menghasilkan keuntungan maksimum adalah yang tertinggi pada bulan Maret 2024, ketika BTC mencatat rekor harga tertingginya menjadi sekitar USD 74,000.

Penjualan teoretis sebesar 50.000 BTC pada Maret dapat menghasilkan keuntungan sebesar USD 1,5 miliar (Rp.24,3 triliun) bagi negara itu.

Sementara itu, penurunan BTC sebesar 12% selama penjualan pemerintah Jerman juga menyebabkan hangusnya keuntungan.

Pada Juni 2024 ,Kantor Kejaksaan Dresden memerintahkan "penjualan darurat" Bitcoin dengan nilai mata uang kripto tersebut diperkirakan turun lebih dari 10%.

"Penjualan barang-barang berharga sebelum berakhirnya proses pidana yang sedang berlangsung diwajibkan secara hukum setiap kali ada risiko hilangnya nilai secara signifikan sekitar sepuluh persen atau lebih," jelas Kantor Kejaksaan Dresden.

'Kondisi ini selalu dipenuhi dengan volatilitas Bitcoin karena fluktuasi harga yang sangat besar dan sangat cepat," imbuhnya.

Selain itu, kantor tersebut juga menekankan bahwa merupakan tindakan ilegal bagi lembaga penegak hukum untuk berspekulasi mengenai nilai barang yang disita, terutama dengan menunggu harga naik sebelum menjualnya. Sebaliknya, niat mereka di balik penjualan darurat 50,000 Bitcoin adalah untuk mendapatkan dana proses pidana terhadap movie2k.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bertepatan Dengan Meningkatnya Permintaan Bitcoin

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

"Dalam penjualan darurat ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya di Republik Federal Jerman, harga pasar yang adil selalu tercapai," tulis kantor Kejaksaan Agung Dresden.

“Selalu ada volume perdagangan yang besar di pasar Bitcoin," bebernya.

Pernyataan ini bertepatan dengan meningkatnya permintaan Bitcoin di kalangan ETF dan investor dana lainnya selama penjualan BTC oleh pemerintah Jerman.

"Bitcoin mencatat rekor arus masuk mingguan terbesar ke-5 dengan USD 1,35 miliar, sementara Bitcoin pendek mengalami arus keluar mingguan terbesar sejak April sebesar USD 8,6 juta,"  kata James Butterfill, peneliti di perusahaan manajemen aset CoinShares untuk pekan yang berakhir 13 Juli 2024.

Kami percaya pelemahan harga karena penjualan bitcoin Pemerintah Jerman dan perubahan sentimen karena CPI yang lebih rendah dari perkiraan di AS mendorong investor untuk menambah posisi," ungkap Butterfill.

Tahun lalu, pemerintah AS menjual sebagian simpanan Bitcoin yang disita dari Silk Road, sementara negara-negara seperti El Salvador secara resmi mengakumulasi BTC sebagai aset cadangan strategis. Namun baru-baru ini, ada lebih banyak pembicaraan tentang AS yang menggunakan Bitcoin sebagai cadangan strategisnya pada tahun 2028.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Analis Prediksi Reli Bitcoin Tak Akan Bertahan Lama, Kenapa?

Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Sebelumnya, harga Bitcoin menguat sejak awal pekan ketiga Juli 2024. Bitcoin berhasil menyentuh level USD 64.579 atau setara Rp 1,04 miliar (asumsi kurs Rp 16.202 per dolar AS). 

Penguatan kembali ini didorong beberapa sentimen, beberapa di antaranya adalah pemerintah Jerman yang menyudahi penjualan Bitcoin dan insiden penembakan Donald Trump.

Meskipun sedang mengalami reli, Analis Bitfinex menganggap reli Bitcoin saat ini hanya sementara. Mereka sudah pernah melihat aksi seperti ini sebelumnya, khususnya pada akhir pekan. Biasanya, Bitcoin mengalami peningkatan pada Sabtu, namun pada pertengahan minggu, harga turun. Para analis menunjukkan selama sebulan terakhir, sejak Sabtu terlihat pengembalian rata-rata 1,6 persen untuk BTC. 

"Ketika memperluas cakupan untuk mencakup seluruh rentang musim panas, rata-rata pengembalian pada hari Sabtu turun menjadi 0,9 persen,” kata analis Bitfinex dalam keterangannya, dikutip dari Coinmarketcap, Jumat (19/7/2024). 

Akhir pekan dinilai sangat baik bagi Bitcoin akhir-akhir ini. Para analis percaya hal ini lebih disebabkan oleh berita dibandingkan fundamental sebenarnya. Harga bereaksi terhadap berita utama. 

Pemegang Bitcoin Jangka Panjang Pemenangnya

Analis Bitfinex memperhatikan perlambatan besar dalam aksi ambil untung oleh pemegang saham jangka panjang. Kelompok investor ini memiliki sekitar 14,8 juta Bitcoin. Jumlah ini turun dari 16,2 juta Bitcoin pada Januari 2024.

Stabilisasi selama tiga bulan terakhir ini berarti berkurangnya tekanan jual dari pemegang saham jangka panjang ini. Ini adalah sinyal yang beragam, karena meskipun lebih sedikit Bitcoin yang dijual, pasar masih belum pulih. 

"Pemegang jangka panjang telah memperlambat realisasi keuntungan. Pasokan yang dimiliki oleh pemegang ini telah stabil di sekitar 14,8 juta Bitcoin, turun dari 16,2 juta Bitcoin pada Januari 2024,” pungkasnya.

 

 


Penipuan ATM Bitcoin Meningkat di North Carolina

Bitcoin (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)
Bitcoin (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)

Sebelumnya, Jaksa Agung Carolina Utara Josh Stein mengeluarkan peringatan konsumen yang memperingatkan tentang penipuan ATM bitcoin, menyusul banyak keluhan dari individu yang ditipu.

“Orang mungkin menggunakan ATM bitcoin untuk alasan yang sah, namun penipu mungkin menggunakannya untuk mencoba mencuri uang hasil jerih payah Anda. Begitu seseorang mengonversi atau mengirim uang melalui mata uang kripto, sulit bagi penegak hukum untuk memulihkan dana tersebut,” kata Stein, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (16/7/2024).

Dalam membantu menghindari penipuan tersebut, Stein memberikan beberapa tips. Pertama, berhati-hatilah terhadap pesan yang tidak diminta yang meminta pembayaran mata uang kripto. 

Stein meminta semua orang untuk memikirkan baik-baik sebelum mengirim uang melalui kartu hadiah, transfer kawat, atau mata uang kripto, karena ini adalah taktik penipuan yang umum. 

Kedua, waspadalah terhadap hubungan online yang cepat berubah menjadi finansial. Penipu sering kali menjalin ikatan di platform seperti Facebook atau Linkedin dan akhirnya meminta uang. 

“Jika seorang kenalan online atau kekasihnya meminta uang melalui ATM bitcoin, kemungkinan besar itu adalah penipuan, demikian catatan peringatan tersebut,” jelasnya.

Ketiga, verifikasi identitas dan kredibilitas siapa pun yang menawarkan nasihat investasi. Penipu mungkin berpura-pura menjadi profesional untuk menipu pendatang baru. 

Selain itu, kantor Kejaksaan Agung menyarankan konsumen untuk berhati-hati terhadap skema cepat kaya dan taktik menakut-nakuti, dengan memperingatkan:

Stein menambahkan, pelaku kejahatan terkadang memikat orang dengan menjanjikan keuntungan cepat dari investasi mata uang kripto mereka. Jika kesepakatan tersebut tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian.

 

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya