Morgan Stanley Jualan ETF Bitcoin ke Orang Kaya

Penawaran ETF Bitcoin itu dibuka hanya untuk klien Morgan Stanley dengan kekayaan bersih minimal Rp 24,1 miliar.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 05 Agu 2024, 13:15 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 13:15 WIB
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa perbankan di Wall Street, Morgan Stanley dikabarkan akan membuka penawaran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin (BTC) kepada klien terkaya mereka pekan ini. 

Mengutip Coindesk, Senin (5/8/2024) sejumlah sumber terkait melaporkan bahwa Morgan Stanley mengizinkan lebih dari 15.000 penasihat keuangannya untuk menjual saham IBIT milik BlackRock dan FBTC milik Fidelity.

Penawaran ETF Bitcoin itu dibuka hanya untuk klien Morgan Stanley dengan kekayaan bersih minimal USD 1,5 juta atau sekitar Rp.24,1 miliar.

Bank yang memiliki aset kelolaan senilai USD 1,5 triliun itu, mengambil langkah tersebut sebagai respons terhadap permintaan dari klien, menurut laporan CNBC.

Morgan Stanley memegang dana sebesar USD 269,9 juta dari Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC) per 31 Maret 2024, sebuah tanda bahwa perusahaan tersebut mungkin berencana untuk menawarkan ETF kepada klien di beberapa titik.

Persetujuan ETF bitcoin spot di AS pada bulan Januari membawa harapan bahwa roda investasi tersebut akan menarik kantong tebal lembaga keuangan ke mata uang kripto.

Namun, perusahaan besar seperti Morgan Stanley sering kali memiliki proses kepatuhan dan peninjauan yang panjang untuk dilakukan sebelum mereka menyetujui dana yang akan ditawarkan kepada klien mereka.

Sementara itu, pihak Morgan Stanley tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait kabar penawaran ETF Bitcoin pada kliennya.

Menurut data dari Coinmarketcap, Senin (5/8), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) merosot 10,25% dalam 24 jam dan 21,35% dalam sepekan.

Harga Bitcoin hari ini berada di level Rp.878,018,396.99.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arus Masuk Harian ETF Bitcoin Spot Sentuh Rp 6,8 Triliun

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

ETF bitcoin spot mengalami arus masuk yang signifikan pada Selasa, 16 Juli 20244 waktu AS mengumpulkan total USD 422,67 juta atau setara Rp 6,8 triliun (asumsi kurs Rp 16.151 per dolar AS). Ini menandai arus masuk satu hari tertinggi sejak 5 Juni.

Penambahan ini menjadikan arus masuk bersih kumulatif dari 11 ETF, mulai 11 Januari 2024, menjadi USD 16,53 miliar atau setara Rp 267 triliun. IBIT Blackrock menerima USD 260,23 juta pada 16 Juli, diikuti oleh FBTC Fidelity dengan USD 61,05 juta. Sejak 11 Januari, FBTC telah mengumpulkan 177.563 BTC, bernilai sekitar USD 11,5 miliar. 

Pendiri ETF Institute, Nate Geraci menjelaskan kontribusi signifikan dari dana terkemuka seperti IBIT Blackrock dan FBTC Fidelity menggarisbawahi dukungan institusional yang kuat dan meningkatnya peran ETF bitcoin di pasar keuangan yang lebih luas.

"Saya membagikan Bitcoin ETF sekarang dengan aset lebih dari USD 20 miliar dan menghasilkan seperempat miliar pada Selasa secara acak. USD 20 miliar dalam 6 bulan setelah peluncuran,” kata Geraci dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (19/7/2024). 

ARKB Ark Invest dan 21shares mengumpulkan USD 29,85 juta, HODL Vaneck menerima USD 22,04 juta, dan BTCO Invesco dan Galaxy mengumpulkan USD 20,54 juta. 

BITB milik Bitwise mencatat arus masuk USD 7,34 juta, sementara EZBC milik Franklin Templeton menghasilkan USD 9,42 juta. Dana Valkyries, BRRR, memperoleh USD 2,21 juta, sedangkan GBTC Grayscale, BTCW Wisdomtree, dan DEFI Hashdex mengalami hari perdagangan netral, menurut statistik sosovalue.xyz.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Sentimen The Fed Dorong Arus Keluar ETF Bitcoin Senilai Rp 9,8 Triliun

Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)

Sebelumnya, produk dan dana yang diperdagangkan di bursa aset digital (ETF) menghadapi arus keluar yang besar minggu lalu. Berdasarkan data dari CoinShares arus keluar mencapai USD 600 juta atau setara Rp 9,8 triliun (asumsi kurs Rp 16.421 per dolar AS), terbesar sejak 22 Maret.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (19/6/2024), laporan CoinShares menyoroti arus keluar sebagian besar berasal dari sarana investasi Bitcoin, yang menghasilkan eksodus sebesar USD 621 juta. Sebaliknya, dana pendek Bitcoin mengalami arus masuk yang kecil sebesar USD 1,8 juta. 

Laporan tersebut mengaitkan pelarian modal ini dengan sikap Federal Reserve yang lebih hawkish dari perkiraan, yang menyarankan mempertahankan suku bunga tinggi. Prospek ini kemungkinan besar mendorong investor untuk menarik kembali aset pasokan tetap seperti Bitcoin.

Meskipun skenario Bitcoin suram, altcoin menunjukkan ketahanan. Kendaraan investasi Ether menarik arus masuk USD 13,2 juta, sementara produk investasi LIDO dan XRP masing-masing menghasilkan USD 2 juta dan USD 1,1 juta. 

Altcoin lainnya, termasuk BNB, Litecoin, Cardano, dan Chainlink, juga mencatat arus masuk mingguan yang kecil. Namun, peningkatan tersebut tidak mencukupi, sehingga menyebabkan penurunan total aset digital yang dikelola.

Meskipun awalnya ada antusiasme setelah peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin di Amerika Serikat, banyak ahli percaya bahwa keterlibatan institusional masih dalam tahap awal. 

CEO Franklin Templeton Jenny Johnson berpendapat adopsi institusional masih dalam tahap awal. Ia berpendapat bahwa gelombang kepentingan institusional dan penyebaran modal yang lebih kuat kemungkinan besar akan terjadi pada fase investasi selanjutnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya