Flu Burung Ditemukan di Niger

Direktur OIE Bernard Vallat mengatakan kasus flu burung ditemukan di Niger. Sumber setempat menyebutkan kasus flu burung ditemukan di Desa Illea, sekitar 72 kilometer dari perbatasan Nigeria.

oleh Liputan6 diperbarui 28 Feb 2006, 10:01 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2006, 10:01 WIB
280206abreak-lnfluburung.jpg
Liputan6.com, Paris: Kasus flu burung kembali ditemukan di Afrika. Kali ini, penyakit yang diakibatkan virus avian influenza itu menyerang Niger. Konfirmasi penemuan kasus flu burung di Niger ini diungkapkan Direktur Organisasi Kesehatan Satwa Dunia (OIE) Bernard Vallat di Paris, Prancis, baru-baru ini.

Kendati tak menyebutkan lokasi penemuan flu burung dan jumlah unggas yang mati, Vallat menyakini penyakit ini masih akan menyebar ke sejumlah negara tetangga Niger dalam waktu dekat yaitu Benin, Kamerun, dan Chad. Namun sumber pemerintah Niger menyebutkan kasus flu burung ditemukan di Desa Illea, sekitar 72 kilometer dari perbatasan Nigeria.

Untuk diketahui, Nigeria adalah negara pertama di Benua Hitam yang terserang flu burung. Pada awal Februari silam, Kementerian Pertanian setempat membenarkan 400 ribu unggas di Kaduna, Nigeria Utara, mati terinfeksi virus AI subtipe H5N1. Untuk mengantisipasi penyebaran wabah flu burung, pemerintah Nigeria segera memusnahkan ratusan ribu unggas meliputi ayam, itik hingga burung unta [baca: Ratusan Ribu Unggas di Nigeria Dimusnahkan].

Sementara itu, para ahli tengah mengetes darah yang diambil dari puluhan bangkai unggas yang dibuang di wilayah Kasarani, Nairobi, Kenya. Hasil uji laboratorium belum dapat diketahui dalam waktu dekat ini.(TOZ/Yes)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya