Mahasiswa Urun Dana untuk Beli Paket Nugget

Beginikah cara mengemis di abad teknologi informasi? Meminta-minta lewat Internet?

oleh Alexander Lumbantobing diperbarui 17 Sep 2015, 16:00 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2015, 16:00 WIB
Mahasiswa Gunakan Dana Saweran untuk Beli Nugget Ayam
Gambar dari GoFundMe.com via Rise News.

Liputan6.com, Jacksonville - Seorang mahasiswa meminta dana $10 atau sekitar 140 ribu rupiah melalui situs penggalangan dana Go Fund Me untuk beli paket makanan 20 potong nugget ayam dari McDonald’s.

Michael Panik, seorang mahasiswa dari Jacksonville State University, mengatakan bahwa ia meminta dana itu setelah mendapatkan inspirasi dari berbagai kampanye dana gotong royong yang terbilang konyol di situs tersebut.

Dikutip dari Rise News, ia mengatakan, “Saya dan seorang teman sedang berbincang mengenai kampanye GoFundMe konyol yang telah kami lihat belakangan ini. Pada dasarnya mereka minta uang untuk beli barang-barang pribadi, seperti peralatan dan perangkat lunak baru. "

"Menurut saya itu tidak sopan, mengemis uang untuk barang yang tidak terlalu mahal dan sebenarnya bukan kebutuhan mereka," lanjutnya.

Sebelumnya ia sempat kecewa dengan konsep pendanaan gotong royong ini, karena pernah gagal menggalang dana di masa lalu melalui situs sejenis.

“Menurut saya meminta dana dengan cara ini bagus, tapi jika digunakan dengan baik. Saya melakukan kampanye US$ 10.000 atau 140 juta rupiah untuk membuat dokumenter musim semi lalu, namun gagal. Saya agak sedih, tapi konsepnya sudah jelas. Banyak yang melakukan hal-hal hebat dengan dana yang mereka dapatkan melalui GFM, Kickstarter, dan yang sejenisnya.”

Namun upayanya itu mendapatkan hasil yang tak diduga-duga, seorang pria bernama Michael Brown menyumbang uang US$10 melalui situs itu Go Fund Me dengan komentar "Enjoy! atau Selamat minkmati!".

“Jujur, saya senang pendanaan Chicken McNugget saya berhasil. Aku berharap semua dapat melihat ini dan menyadari, 'jika menginginkan seseuatu jangan habiskan waktu dengan mengemis-- keluar dan lakukan sesuatu, hasilkan uang Anda dengan sendiri.'"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya