Kepada Jokowi, Mahmoud Abbas Curhat Soal Pengungsi Palestina

Merespons hal tersebut, Jokowi menyampaikan Indonesia akan memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 06 Mar 2016, 19:54 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2016, 19:54 WIB
20150930-Kegembiraan Warga Sambut Pengibaran Bendera Palestina di Markas PBB-Palestina
Warga Palestina melambaikan bendera nasional mereka saat menunggu live-screening pidato Presiden Mahmud Abbas sebelum pengibaran bendera Palestina di markas besar PPB di New York, Rabu (30/9/2015). (AFP PHOTO/ABBAS Momani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat berbincang dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di hari pertama gelaran KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI) di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam. Dalam kesempatan itu, Abbas antara lain menceritakan soal nasib jutaan pengungsi Palestina.

"Tadi beliau bercerita juga mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perbatasan, permukiman ilegal, pengungsi Palestina yang ada di luar Palestina dan jumlahnya sangat besar kurang lebih 5 juta (orang)," tutur Jokowi di JCC, Jakarta, Minggu (6/3/2016).

Merespons hal tersebut, Jokowi menyampaikan Indonesia akan memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina.‎ Dengan merdeka, maka pemerintah negara itu dapat lebih baik lagi mengurus rakyatnya.

‎"Indonesia mendukung penuh inisiatif yang akan dilakukan Palestina International Conference. Indonesia berharap hasil KTT di Jakarta ini bisa dijadikan masukan yang konkret di mekanisme konferensi-konferensi selanjutnya," ujar Jokowi.

"Indonesia akan terus ikut berpartisipasi dalam rangka memperjuangkan Palestina," imbuh dia.

Rangkaian kegiatan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 tentang Palestina dan Al-Quds Al-Sharif telah dimulai hari ini.

Di hari pertama, selain bertemu Abbas, Presiden Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan Pangeran Yordania El Hassan Bin Talal.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya