5 Penampakan Hantu yang Hebohkan Pengguna Media Sosial

Penampakan sosok misterius yang dipercaya oleh beberapa orang adalah hantu, sering menjadi topik pembicaraan masyarakat.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 23 Des 2017, 19:48 WIB
Diterbitkan 23 Des 2017, 19:48 WIB
Tricia Endres merasa ada penampakan aneh (hantu) tepat di belakang tubuhnya. Sebuah cahaya tak lazim tertangkap oleh kamera (Twitter/@DKinchenFOX29)
Tricia Endres merasa ada penampakan aneh (hantu) tepat di belakang tubuhnya. Sebuah cahaya tak lazim tertangkap oleh kamera (Twitter/@DKinchenFOX29)

Liputan6.com, New York - Penampakan sosok misterius yang dipercaya oleh beberapa orang adalah hantu, sering menjadi topik pembicaraan hangat di masyarakat.

Mereka yang meyakininya sering kali menyodorkan bukti, berupa foto-foto penampakan hantu.

Sebaliknya, mereka yang tidak mempercayai keberadaan hantu menganggap, penampakan misterius yang terekam dalam kamera dianggap sebagai tipuan belaka atau efek pareidolia -- fenomena psikologis yang cenderung mengenali bentuk akrab dalam gambar acak atau samar.

Di zaman sekarang, pengaruh sosial media begitu besar. Informasi apa saja akan diterima oleh netizen dengan begitu cepat.

Sama halnya dengan pemberitaan seputar hantu yang tengah viral dan menghebohkan warga. Sekali lagi, ada yang percaya, namun ada pula yang tidak.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (23/12/2017), berikut 5 penampakan hantu yang hebohkan pengguna media sosial:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Hantu Kepala Buntung Gendong Bayi

Chris menyakini jika penampakan yang ia lihat adalah sosok menyerupai manusia berkepala buntung yang sedang menggendong bayi (Capture/ Youtube dans le monde)
Chris menyakini jika penampakan yang ia lihat adalah sosok menyerupai manusia berkepala buntung yang sedang menggendong bayi (Capture/ Youtube dans le monde)

Sejak awal, Chris Chalker sudah merasa ada yang tak beres dari sebuah rumah yang tengah ia perbaiki. Kehadiran arwah gentayangan yang ada di ruang bawah tanah tersebut juga dirasakan oleh teman-temannya.

Dilansir dari situs Mirror.co.uk, rumah yang masih dalam proses perbaikan tersebut terletak di Georgia, Bristol, Inggris.

Chris Chalker dan koleganya Darren Vowles yang tengah bekerja di ruang bawah tanah properti tersebut menangkap gambar hantu lewat rekaman kamera kepunyaannya.

Bangunan yang sudah lama berdiri tersebut, rencananya akan direnovasi dan akan diubah menjadi apartemen. Untuk itu, aktivitas bekerja keduanya sering dihabiskan di ruang bawah tanah sebagai tempat meletakan pasokan batu.

Mulanya, Chris menyalakan kamera. Dari gambar yang di dapat terdapat lingkaran-lingkaran putih.

"Lingkaran putih tersebut terlihat tak lama setelah saya memfilmkan ruangan gelap tersebut," ujar Chris.

Tak lama setelah menyalakan rekaman video, terlihat penampakan yang lewat begitu cepat. Saat diperlambat, Chris menyakini jika penampakan itu adalah sosok menyerupai manusia tapi berkepala buntung yang sedang menggendong bayi.

Hal ini diakui oleh Chris dan rekannya bahwa penampakan tersebut bukan yang pertama.

"Kejadian aneh yang saya alami adalah kehilangan tembakau. Kala itu, secara sengaja saya meninggalkan tembakau di ruang bawah tanah. Tiba-tiba, tembakau itu sudah terbakar," ujar Chris.

Kejadian aneh lainnya juga dialami oleh rekan Chris. Ia bilang, pernah terjadi lampu di ruang bawah tanah yang tiba-tiba meledak secara acak.

Setelah diselidiki, Chris mengatakan bahwa rumah tua tersebut adalah bekas kediaman keluarga aristokrat (bangsawan) pada Abad ke-18. Sehingga ada banyak cerita mistis yang terpengaruh dari kejadian masa lampau.


2. Penampakan Misterius di Kelab Malam Inggris

Penampakan hantu di kelab malam Brickworks Club (Capture/LATEST NEWS)
Penampakan hantu di kelab malam Brickworks Club (Capture/LATEST NEWS)

Berita penampakan makhluk astral memang sering terdengar. Salah satunya, pernah terjadi di Inggris tepatanya di sebuah klub terkenal bernama Brickworks Club pada Agustus 2017.

Dikutip dari laman Mirror.com, setumpukan kertas yang berada di atas kursi tiba-tiba bergeser tertiup angin oleh bayangan misterius.

Lampu toilet seketika memerah, dengan nyala yang tak sempurna. Terkadang berkedip-kedip, entah apa penyebabnya. Hal tersebut kerap terjadi pada larut malam dan membuat pengunjung kelab malam ketakutan.

Kejadian ini bermula ketika sebuah rekaman CCTV kelab malam tersebut tersebar di media sosial. Dalam rekaman singkat tersebut terlihat ada seorang wanita yang tengah menelepon. Pada sisi kiri terdapat pula tumpukan kertas yang tiba-tiba jatuh.

Pada saat kertas itu jatuh, si wanita tak merasa sama sekali karena ia menelepon dengan arah pandangan yang berbeda. Namun, tiba-tiba wanita itu berteriak ketakutan. Ada yang menduga jika gerakan wanita itu disebabkan oleh makhluk halus yang mengganggunya.

Banyak yang menduga jika wanita tersebut kaget karena pukulan makhluk astral tersebut.

Kelab malam yang sebelumnya diperuntukkan kepada kaum 'gay' tersebut sudah diubah namanya. Namun, kedatangan makhluk halus itu masih saja hadir.

Hal itu pun juga dibenarkan oleh pemilik kelab malam yang mengatakan, perubahan nama akan kembali dilakukan pada 26 Agustus 2017.

Meski tak semua orang yang menganggap video itu adalah sebuah rekayasa belaka, seorang staf yang bekerja di kelab malam tersebut mengatakan, bangunan yang digunakan sebagai kelab malam tersebut adalah gedung tua.

Atas dasar memiliki sejarah panjang dan diklaim sebagai bangunan tua, gedung tersebut kerap dikaitkan dengan kemunculan hantu.

Bangunan tua tersebut dikatakan telah dibangun pada tahun 1715 dan sempat menjadi gedung pertunjukan. Gedung itu kemudian dikosongkan dan beralih fungsi menjadi gudang gandum.


3. Hantu Malam Natal

Aneh dan menyeramkan, begitulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan foto seorang ibu bersama dua anaknya asal Delaware, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman FOX29.com, di tengah suasana perayaan Natal 2017, seorang ibu berfoto bersama dua buah hatinya yang masih kecil.

Hujan salju turun malam itu, menambah tebal tumpukan es halus yang menutupi permukaan tanah. Cahaya lampu hias Natal yang benderang menghangatkan suasana kala itu.

Tricia Endres merasa ada penampakan aneh (hantu) tepat di belakang tubuhnya. Sebuah cahaya tak lazim tertangkap oleh kamera (Twitter/@DKinchenFOX29)

Untuk mengabadikan momen tersebut, sang ibu mengajak dua anaknya berfoto membelakangi lampu yang terang. Namun, saat melihat hasilnya, wanita itu kaget bukan kepalang.

Saat ditanya oleh FOX29, Tricia Endres mengatakan bahwa ada penampakan aneh seperti hantu tepat di belakang tubuhnya. Sebuah bayangan tak lazim tertangkap oleh kamera.

"Awalnya saya sedikit panik. Sebab, bayangan itu begitu menyeramkan seperti hantu," ujar Endres.

"Untuk itu saya meminta suami saya untuk memeriksa penampakan apa yang ada di dalam foto," tambahnya.

Hal ini kemudian menarik John Levy, pendiri Olde City Paranormal.

Jika Endres menganggap bayangan itu adalah sosok hantu, maka beda halnya dengan Levy.

"Itu adalah gambar yang begitu keren. Tapi saya melihat itu hanyalah efek matricking dan bisa terjadi kapan saja jika Anda tengah memotret," ujar Levy.

"Jika Anda melihat di kanan dan kiri terdapat lampu dekat jendela, maka efek itu diciptakan dari hasil pantulan cahaya," tambahnya.

Jadi, paranormal tersebut memastikan jika cahaya tersebut bukan berasal dari hantu.


4. Penampakan Misterius di Hotel Harlingen Texas

Detik-detik aktivitas makhluk astral yang terekam di hotel Harlingen, Amerika Serikat (Facebook/Frank Ramirez)
Detik-detik aktivitas makhluk astral yang terekam di hotel Harlingen, Amerika Serikat (Facebook/Frank Ramirez)

Ada yang tak beres di kamar hotel yang dihuni oleh Frank Ramirez, pria asal Texas, Amerika Serikat. Bukan bocor pada atap atau kehilangan barang-barang pribadi, melainkan kehadiran makhluk astral atau hantu yang mengganggu waktu istirahatnya.

Dikutip dari laman Wideopencountry.com, Hotel Harlingen tempat Ramirez menginap seketika menjadi lokasi menyeramkan.

Alih-alih menikmati malam yang menyenangkan dan dapat tidur dengan tenang, ia malah dihadapkan secara langsung dengan makhluk gaib yang menunjukkan kehadirannya.

Frank Ramizer yang baru saja check in ke kamar hotel melihat ada sesuatu hal aneh pada kamar tidurnya.

Banyak barang-barang di kamar hotel yang bergerak sendiri. Misalnya sebuah cangkir yang semula berada di kamar mandi tiba-tiba terbang ke meja.

Sebuah gagang telepon pun terlihat terlepas dari pesawatnya. Tak hanya itu, sebuah handuk yang semula ia letakkan di atas meja tiba-tiba jatuh ke lantai.

Semua kejadian aneh tersebut berhasil direkam oleh Ramirez melalui kamera teleponnya. Hal itu ia lakukan untuk menangkap semua momen-momen yang menyeramkan itu.

Video rekaman Ramirez yang berdurasi hampir enam menit tersebut viral di sosial media. Saat ini saja, video tersebut sudah dilihat lebih dari 8,3 juta orang.

Namun, banyak orang yang meragukan tentang keaslian video tersebut. Meski begitu, tak sedikit pula yang percaya jika kejadian ini adalah sesuatu hal yang nyata.


5. Hantu Perempuan Jepang Buntuti Pria Naik Taksi

Sosok 'hantu' yang membuntuti seorang pria
Sosok 'hantu' yang membuntuti seorang pria (Daily Mail)

Sebuah rekaman yang membuat bulu kuduk merinding beredar di internet. Dalam video tersebut tampak sosok diduga hantu mengikuti seorang pria yang hendak menaiki taksi.

Ketika pria itu mendekat ke taksi, 'hantu' tersebut tampak makin jelas. Ia terlihat seperti perempuan berambut panjang dan mengenakan jubah hitam.

Namun pria yang diikuti tak sadar akan kehadiran sosok 'hantu' perempuan itu. Ia pun tampak menaiki taksi tanpa rasa curiga.

Walaupun banyak netizen merasa takut dengan rekaman penampakan hantu Jepang itu, namun sejumlah pengguna internet lain justru membuatnya menjadi bahan candaan. Mereka berkata, hantu itu mungkin lelah dan ingin duduk, atau jatuh cinta dengan pria itu.

Namun beberapa netizen lain menganggap rekaman itu hanyalah trik kamera dan telah mengalami proses editing.

Ternyata, penumpang hantu bukanlah hal baru di Jepang.

Sopir taksi yang bekerja di salah satu daerah paling parah terkena dampak bencana gempa bumi Maret 2011, dilaporkan beberapa kali memiliki penumpang hantu.

Mereka mengaku beberapa kali memiliki penumpang yang tiba-tiba hilang di tengah perjalanan.

Beberapa korban gempa yang selamat juga melaporkan adanya 'penampakan'. Namun hal tersebut dari segi ilmiah disebut sebagai gangguan pasca-trauma.

Sementara itu salah satu sopir lainnya menceritakan tentang pengalamannya ketika menjemput seorang perempuan dari Stasiun Ishinomaki menuju distrik Minamihama.

Ketika supir berkata bahwa daerah tujuan telah tersapu akibat bencana, perempuan itu berkata, "Jangan-jangan aku telah meninggal?"

Saat supir membalikkan badan, penumpang perempuan itu menghilang.

Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Tohoku, Jepang, pada 11 Maret 2011 menewaskan lebih dari 19 ribu penduduk.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya