Demo Hong Kong Memanas Lagi, KJRI Imbau WNI Waspadai 6 Tempat Ini

Lewat Media Sosial Facebook KJRI Hong Kong, menghimbau untuk menghindari beberapa tempat di Hong Kong demi keamanan WNI.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Agu 2019, 18:35 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2019, 18:35 WIB
Himbauan KJRI Hong Kong bagi WNI (KJRI Hong Kong)
KJRI Hong Kong menghimbau untuk menghindari tempat-tempat demonstrasi untuk para WNI. (KJRI Hong Kong)

Liputan6.com, Hong Kong - Konsulat Jenderal RI di Hong Kong mengumumkan imbauan perjalanan (Travel Advice) bagi para WNI pada Rabu (28/8) lalu, jika mereka hendak atau sedang berkunjung di wilayah Hong Kong.

Pihak KJRI mendapatkan informasi tersebut melalui berbagai sumber, dalam informasi yang disampaikan terlampir rencana aksi demonstrasi di wilayah tertentu hingga 3 September 2019.

"Berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang diterima oleh KJRI Hong Kong, terlampir disampaikan rencana aksi unjuk rasa di Hong Kong hingga 3 September 2019. Harap hindari tempat-tempat demonstrasi berikut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan." Sebut pihak KJRI Hong Kong di Halaman Facebook mereka.

Mereka juga mempersilakan untuk melapor aparat setempat atau KJRI Hong Kong jika memerlukan informasi atau bantuan.

Berikut beberapa wilayah yang harus dihindari, imbauan dari KJRI Hong Kong bagi para WNI, seperti dikutip Liputan6.com dari akun Facebook resmi KJRI Hong Kong pada Sabtu (31/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak pula video pilihan berikut:


1. Cathay Pacific City dan Chater Garden

Polisi Hong Kong menembakan gas air mata ke kerumunan demonstran (AP/Kin Cheung)
Polisi Hong Kong menembakan gas air mata ke kerumunan demonstran (AP/Kin Cheung)

KJRI mendapat informasi bahwa untuk tanggal 28/8/2019 akan ada dua titik unjuk rasa, yaitu di wilayah Cathay Pacific City, Chek Lap Kok, unjuk rasa oleh Hong Kong Confederation of Trade Unions. Serta di wilayah Chater Garden, unjuk rasa oleh Hong Kong Women's Coatition on Equal Opportunities di jam 20.00 waktu setempat.


2. The Cenotaph

Demonstran Hong Kong Bentuk Rantai Manusia Sepanjang Hampir 50 Km
Demonstran prodemokrasi membentuk rantai manusia di jalanan Hong Kong, Jumat (23/8/2019). Menurut panitia, panjang rantai manusia tersebut sekitar 30 mil atau hampir 50 kilometer. (AP Photo/Kin Cheung)

Pada tanggal 30/8/2019 akan ada unjuk rasa untuk peringatan 74 tahun Liberation Day, yang dimulai pukul 20.00 waktu setempat. Wilayah Chater Rd., Central.


3. Chater Garden dan Liaison Office

Bentrokan Pecah Saat Aksi Demo Tolak RUU Ekstradisi di Hong Kong
Pengunjuk rasa menghindari gas air mata yang ditembakan oleh polisi anti huru hara di luar gedung Dewan Legislatif, Hong Kong, Rabu (12/6/2019). Polisi Hong Kong telah menggunakan gas air mata ke arah ribuan demonstran yang menentang RUU ekstradisi yang sangat kontroversial. (AP Photo/Vincent Yu)

Pada 31/8/2019 unjuk rasa akan dimulai dari Chater Garden menuju Liaison Office of the PRC, yang dilakukan oleh Civil Human Rights pukul 14.30 waktu setempat.


4. Bandara Internasional dan Konsulat Jenderal Inggris di Hong Kong

Bandara Hong Kong
Calon penumpang menunggu jadwal penerbangan di aula keberangkatan bandara di Hong Kong, Rabu (14/8/2019). Bandara Hong Kong kembali membuka penerbangan keberangkatan pada Rabu pagi setelah sempat lumpuh selama dua hari terakhir akibat demonstrasi. (AP/Vincent Thian)

1/9/2019 mendatang akan ada unjuk rasa di dua titik, yaitu di Bandara Internasional Hong Kong pukul 13.00 waktu setempat, dan di depan Konsulat jenderal Inggris di Hong Kong pukul 14.00 waktu setempat.

KJRI Hong Kong juga menghimbau terkait rencana unjuk rasa di bandara untuk para WNI calon penumpang harap menghubungi maskapai masing-masing demi mendapat kepastian status dan jadwal penerbangan.


5. Beberapa Tempat di Hong Kong

Puluhan Ribu Massa Padati Victoria Park Hong Kong
Pengunjuk rasa membawa payung saat menuju Victoria Park, Hong Kong, Minggu (18/8/2019). Puluhan ribu massa pro-demokrasi membawa payung saat hujan mengguyur Victoria Park dan sekitarnya. (AP Photo/Vincent Yu)

Pada tanggal 2/9/2019, akan terdapat unjuk rasa di berbagai tempat yang belum diketahui pastinya, kata KJRI Hong Kong.


6. Edinburgh Place

Mahasiswa Hong Kong Boikot Perkuliahan Selama 2 Minggu
Sejumlah mahasiswa duduk menghadiri rapat umum di Edinburgh Place di Hong Kong (22/8/2019). Pemimpin mahasiswa Hong Kong memboikot perkuliahan selama dua minggu. (AFP Photo/Anthony Wallace)

Pada 3/9/2019 akan ada unjuk rasa para pelajar di Edinburgh Place pada pukul 15.00 waktu setempat.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya