Perusahaan Israel Kembangkan Uji COVID-19 Melalui Napas, Hasilnya Dalam 30 Detik

Sebuah perusahaan Israel tengah mengembangkan alat tes pernapasan untuk menguji infeksi Virus Corona COVID-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Jul 2020, 21:54 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)

Liputan6.com, Israel - Sebuah perusahaan Israel sedang mengembangkan coronavirus breathalyser test atau alat tes pernapasan untuk menguji infeksi Virus Corona COVID-19. Hasilnya bisa didapat dalam 30 detik.

Ini disebut sebagai alat terpercaya yang dapat membantu memulihkan rasa normal selama pandemi.

NanoScent, perusahaan yang membuat test kit, mengatakan uji coba besar-besaran yang dilakukan di Israel perihal keberadaan virus aktif memberikan hasil dengan akurasi 85 persen. Sehingga produk tersebut dapat menerima persetujuan izin dalam beberapa bulan ke depan.

Kepala eksekutif perusahaan, Oren Gavriely, mengatakan kepada AFP bahwa breathalyzer, suatu alat untuk memperkirakan kadar dalam darah melalui napas, tidak akan menggantikan tes lab. Breathalyzer hanya akan bertindak sebagai alat skrining massal yang dapat membantu orang memperoleh "kepercayaan diri untuk kembali dan beraktivitas seperti biasa".

NanoScent telah beroperasi selama beberapa tahun, yang berspesialisasi dalam teknologi pendeteksi cepat, termasuk untuk keperluan medis.

Gavriely mengatakan bahwa ketika mengunjungi Amerika Serikat pada bulan Januari, ia merasa keunggulan perusahaannya mungkin diperlukan untuk membantu melawan Virus Corona COVID-19 yang menginfeksi di Asia dan menyebar hingga ke Barat.

"Kami akan mengenakan satu minggu tanpa henti dan melihat apa yang terjadi," kata Gavriely.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini


Proses Penggunaan

coronavirus breathalyser test demonstrate (MENAHEM KAHANA/AFP)
A researcher demonstrates a coronavirus breathalyser test at NanoScent's lab in Israel (MENAHEM KAHANA/AFP)

Sebelum melakukan tes, orang yang akan melakukan prosedur tersebut terlebih dahulu diberikan beberapa pertanyaan pendek tentang paparan COVID-19 dan gejala-gejalanya.

Tes dimulai dengan target penelitian menarik napas melalui hidung, tahan napas, tutup satu lubang hidung dan buang napas melalui yang lain dan memasukkannya ke dalam kantong kecil yang disebut "Air Trap" melalui tabung genggam.

Tabung tersebut kemudian dicolokkan ke "Scent Reader", sebuah perangkat persegi kecil yang berputar pelan saat menyedot udara dari kantong. Dalam hitungan detik hasil tesnya akan muncul di ponsel.


Lebih Murah dan Cepat

Ilustrasi oke (iStock)
Ilustrasi oke (iStock)

Gavriely mengatakan, saat ini para peneliti di markas NanoScent di Israel utara sedang menyempurnakan teknologi pengenalan virus, yang bergantung pada aroma dan polanya. Setelah menganalisis sekitar 1.000  napas pasien COVID-19 di Israel, perusahaan mampu mengidentifikasi bau yang terdeteksi terkait dengan virus.

"Kami mengambil suatu pola, kami mencatat pola itu dan kemudian dapat mendeteksi apakah seseorang positif  COVID-19 atau tidak."

Nadav Davidovitch, direktur sekolah kesehatan masyarakat di Universitas Ben Gurion di Beersheba berpendapat bahwa teknologi NanoScent tampak "sangat menjanjikan”.

Menurut Nadav Davidovitch, pengujian massal alat Nano Scent sangat penting selama pandemi sehingga bisa menjadi alat yang berguna dan mendapat persetujuan.

Melansir france24.com, Jumat (24/7/2020), sampai saat ini, breathalyser milik NanoScent tidak digunakan oleh beberapa orang sebagai pengganti tes laboratorium yang dikontrol negara.

"Aku sangat setuju untuk itu", tegas Nadav Davidovitch.

Sementara itu, Gavriely mengatakan kepada AFP bahwa dia mengharapkan alat tersebut akan segera digunakan di setiap pintu masuk ke konser dan rumah sakit, atau dalam industri penerbangan. Karena saat ini, alat itu sudah digunakan di tempat olahraga utama Eropa.

Jika hasil breathalyser positif, orang-orang harus secara otomatis dikirim untuk melakukan tes laboratorium. Alat ini kemungkinan akan menelan biaya kurang dari $ 10 (sekitar Rp146.043) per tes, "hanya sebagian kecil dari biaya tes lab", kata Gavriely.


Gebrakan Baru untuk Kembali Mencapai Keseimbangan

Ilustrasi Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)

Direktorat penelitian dan pengembangan kementerian pertahanan Israel bekerja untuk membantu NanoScent mengembangkan sistem pengujiannya.

Kepala departemen, Daniel Gold, baru-baru ini mengatakan kepada AFP bahwa pengujian cepat akan menjadi "gebrakan baru" terhadap pandemi.

Tindakan awal Israel dalam melawan virus dimulai pada bulan Maret dan berhasil mengurangi penularan pada Mei, tetapi karena bidang perekonomian buka kembali, kasus Israel pun melonjak secara drastis.

Negara berpenduduk sembilan juta orang ini telah mencatat lebih dari 1.000 kasus baru per hari dalam beberapa pekan terakhir, memaksa pembatasan baru dan kemarahan publik atas kejadian pembukaan kembali yang katanya kesalahan instruksi.

Gavriely berharap skrining massal yang cepat dapat membantu Israel mencapai keseimbangan antara pembatasan esensial dan kehidupan normal.

Media pengenalan napas adalah "cara cepat untuk menyaring massa dan tahu siapa yang dicurigai, siapa yang tidak, sehingga kita bisa percaya diri lagi," katanya.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya