Diampuni Keluarga Jamal Khashoggi, 5 Terdakwa Pembunuhannya Batal Dihukum Mati

Lima orang terdakwa pembunuhan Jamal Khashoggi gagal mendapat hukuman mati melainkan hanya hukuman penjara selama 20 tahun.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 08 Sep 2020, 09:47 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2020, 06:30 WIB
Foto Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul (AP/Jacquelyn Martin)
Foto Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul (AP/Jacquelyn Martin)

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi telah mengeluarkan putusan akhir terhadap delapan tersangka dalam pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi pada Oktober 2018.

Putusan akhir tersebut menghukum lima terdakwa untuk hukuman 20 tahun penjara, sedangkan seorang terdakwa lainnya dijatuhi hukuman 10 tahun dan dua lainnya menghadapi tujuh tahun penjara. Demikian seperti melansir CNN, Selasa (9/8/2020).

Vonis itu diputuskan setelah keluarga Khashoggi memutuskan untuk mengampuni lima tersangka pada bulan Mei lalu, dengan demikian membebaskan mereka dari hukuman mati.

Agnes Callamard, Pelapor Khusus PBB untuk Pembunuhan di Luar Hukum yang memimpin penyelidikan independen atas kasus pembunuhan tersebut, menyebut putusan itu sebagai "parodi keadilan".

"Jaksa Saudi melakukan satu tindakan lagi hari ini dalam parodi keadilan ini. Tetapi putusan ini tidak memiliki legitimasi hukum atau moral. Keputusan tersebut datang pada akhir proses yang tidak adil, tidak adil, atau transparan," tulis Callamard di Twitter.

"Kelima pembunuh bayaran itu dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, tetapi pejabat tingkat tinggi yang mengatur dan mendukung eksekusi Jamal Khashoggi telah berjalan bebas sejak awal - hampir tidak tersentuh oleh penyelidikan dan persidangan," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


Pembunuhan Khashoggi

Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang hilang sejak 2 Oktober di Istanbul, Turki (AP/Hasan Jamali)
Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang hilang sejak 2 Oktober di Istanbul, Turki (AP/Hasan Jamali)

Khashoggi yang merupakan seorang jurnalis Washington Post dan kemudian berubah menjadi kritikus, telah dibunuh dan diduga dimutilasi setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Kala itu, ia tengah pergi menuju gedung tersebut untuk mengumpulkan dokumen untuk pernikahannya yang akan datang.

Pada Desember 2019, otoritas Saudi mengatakan mereka sedang menyelidiki 11 orang yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Tuduhan dicabut terhadap tokoh-tokoh paling terkenal, termasuk mantan wakil kepala intelijen Ahmed al-Assiri dan Konsul Jenderal Saudi di konsulat Istanbul Mohammed al-Otaibi.

Selain itu, "tidak ada bukti" Saud al-Qahtani - mantan penasihat utama Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) dan anggota lingkaran dalamnya - kata Jaksa Penuntut Saudi pada 2019.

Pembunuhan Khashoggi menuai kecaman internasional dan CIA menyimpulkan bahwa Pangeran MBS secara pribadi memerintahkan pembunuhan tersebut.

Pihak Riyadh telah berulang kali mengubah posisinya ketika detail baru muncul terkait kasus tersebut, tetapi selalu dipertahankan bahwa baik Pangeran MBS maupun ayahnya, Raja Salman tidak mengetahui operasi untuk menargetkan Khashoggi.

Pejabat AS, bagaimanapun, mengatakan misi semacam itu - termasuk 15 orang yang dikirim dari Kerajaan - tidak dapat dilakukan tanpa izin dari Pangeran MBS.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya