PM Armenia Nikol Pashinyan Siap Gelar Pemilihan Awal untuk Akhiri Krisis Politik

PM Armenia Nikol Pashinyan mengatakan bahwa dia akan siap mengadakan pemilihan parlemen lebih cepat untuk mengakhiri krisis.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 02 Mar 2021, 08:30 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2021, 08:30 WIB
Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan. (Photo credit: Karen Minasyan/AFP/Getty Images)
Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan. (Photo credit: Karen Minasyan/AFP/Getty Images)

Liputan6.com, Yerevan- Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan bahwa dia akan siap untuk mengadakan pemilihan parlemen lebih cepat jika oposisi setuju dengan kondisi tertentu.

Keputusan itu dikeluarkan ketika ribuan orang yang melakukan protes di jalan-jalan Yerevan pada Senin (1/3) di tengah krisis politik yang melanda Armenia.

Pashinyan, yang telah menjabat sebagai PM Armenia  sejak 2018 - menghadapi krisis setelah pekan lalu tentara menuntutnya untuk mengundurkan diri, mendorongnya untuk menentang upaya kudeta dan berupaya memecat jenderal tertinggi militer.

Saat berbicara di depan ribuan demonstran, Pashinyan mengusulkan diadakannya referendum pada bulan Oktober mendatang untuk mengadopsi konstitusi baru. 

Ia juga menuturkan bahwa pemilihan cepat kemungkinan dapat dilakukan dalam kondisi tertentu.

Pashinyan telah menyarankan faksi parlemen menandatangani sebuah memorandum yang berjanji untuk tidak memilih orang lain sebagai perdana menteri Armenia jika dia mundur, dan membuka jalan bagi pemilihan awal.

"Jika oposisi parlemen menyetujui pemilihan awal, kami akan menyetujui pemilihan awal," kata Pashinyan kepada para demonstran, seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (2/3/2021).

"Mari kita pergi ke tempat pemungutan suara dan lihat pengunduran diri siapa yang dituntut rakyat," ujarnya. 

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Protes Warga Armenia Soal Kemunduran dalam Pertempuran Nagorno-Karabakh

FOTO: Tolak Berhenti Bertempur dengan Azerbaijan, Warga Armenia Geruduk Gedung Parlemen
Demonstran berdebat saat mereka masuk ke Gedung Parlemen memprotes kesepakatan untuk menghentikan pertempuran di wilayah Nagorno-Karabakh, Yerevan, Armenia, Selasa (10/11/2020). PM Armenia Nikol Pashinian menyerukan diakhirinya pertempuran dengan Azerbaijan. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Pashinyan telah menghadapi protes dan seruan untuk mundur sejak November 2020 lalu, ketika dia menyetujui gencatan senjata yang ditengahi Rusia yang menghentikan enam pekan pertempuran antara etnis Armenia dan pasukan Azerbaijan di wilayah Nagorno-Karabakh.

Ia kemudian mengaku melakukan kesalahan dan meminta maaf, namun menolak untuk mengundurkan diri.

Robin Forestier-Walker dari Al Jazeera, melaporkan dari Yerevan bahwa pihak oposisi "sangat vokal dan sangat baik" dalam menampilkan dan mengendalikan pesan.

"(PM) Pashinyan, dan pemerintahnya serta pendukungnya di parlemen mungkin membiarkan pihak mereka kehilangan kesempatan agar pesan mereka didengar," katanya.

Forestier-Walker juga mengatakan bahwa rapat umum pada Selasa (2/3) adalah cara pemerintah Armenia untuk menunjukkan bahwa mereka masih memiliki dukungan kuat di antara warga-warganya.


Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya