Presiden Tsai Ing-Wen Jadi yang Pertama Terima Vaksin COVID-19 Buatan Taiwan

Presiden Tsai Ing-Wen menerima vaksin COVID-19 buatan Taiwan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 23 Agu 2021, 16:06 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2021, 16:06 WIB
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (AFP)

Liputan6.com, Taipei - Presiden Tsai Ing-wen menjadi orang pertama yang menerima vaksin COVID-19 yang dikembangkan di dalam negeri Taiwan pada hari Senin (23/8), memberikan stempel persetujuan pribadinya ketika pulau itu mulai meluncurkan vaksin yang diperebutkan --yang persetujuannya dikatakan oleh para kritikus telah terburu-buru.

Kementerian Kesehatan Negeri Formosa bulan lalu menyetujui penggunaan darurat vaksin COVID-19 Medigen Vaccine Biologics Corp, bagian dari rencana yang lebih luas untuk swasembada inokulasi karena penundaan pengiriman vaksin dari perusahaan obat global telah mempengaruhi Taiwan dan banyak negara lain. Demikian mengutip Channel News Asia, Senin (23/8/2021). 

Tsai, yang telah menunda menggunakan vaksin dari Moderna atau AstraZeneca, andalan program vaksinasi Taiwan saat ini, menerima suntikan Medigen di sebuah rumah sakit di pusat Taipei. Dari aksinya itu, ia menunjukkan kepercayaan dirinya dan untuk membuktikan bahwa itu aman.

Tsai mengobrol dengan petugas medis saat mereka menyiapkan vaksinnya.

Seluruh proses vaksinasi tersebut disiarkan langsung di halaman Facebook-nya, dan memberikan jawaban singkat "tidak" untuk ketika ditanya wartawan, apakah dia gugup.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minat Tinggi Warga Taiwan untuk Terima Vaksin COVID-19 Buatan Lokal

FOTO: Kasus COVID-19 di Taiwan Naik ke Level Tiga
Sejumlah warga mengenakan masker untuk membantu melindungi diri dari penyebaran virus corona COVID-19 di Taipei, Taiwan, Senin (12/7/2021). Kasus COVID-19 di Taiwan naik ke level tiga. (AP Photo/Chiang Ying-ying)

Lebih dari 700.000 orang telah mendaftar sejauh ini untuk menerima vaksin Medigen, yang membutuhkan suntikan kedua dilakukan 28 hari setelah yang pertama.

Medigen, yang dalam nama China-nya secara harfiah berarti "kelas atas", menolak klaim bahwa vaksinnya tidak aman atau telah dikirim ke masyarakat dengan tergesa-gesa. Pihaknya mengatakan vaksin itu efektif dan teruji dengan baik.

"Kami telah melakukan begitu banyak eksperimen, semua orang telah melihat betapa amannya vaksin kami. Ada begitu sedikit efek samping, hampir tidak ada demam dan sebagainya. Jadi saya pikir semua orang bisa tenang," kata Chief Executive Officer Medigen Charles Chen kepada Reuters.


Dinilai Buru-Buru

FOTO: Kasus COVID-19 di Taiwan Naik ke Level Tiga
Warga mengenakan masker untuk membantu melindungi diri dari penyebaran virus corona COVID-19 di Taipei, Taiwan, Senin (12/7/2021). Kasus COVID-19 di Taiwan naik ke level tiga. (AP Photo/Chiang Ying-ying)

Vaksin protein rekombinan telah dikembangkan bekerja sama dengan National Institutes of Health di Amerika Serikat, dan pemerintah telah memesan 5 juta dosis awal. Dikatakan tidak ada yang akan dipaksa untuk mendapatkannya.

Tetapi partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang, atau KMT, telah melakukan kampanye sengit melawan vaksinasi tersebut, dengan salah satu mantan wakil ketuanya, Hau Lung-bin, mengajukan gugatan untuk membatalkan izin Medigen, meskipun pengadilan menolaknya minggu lalu.

Partai itu mengatakan mendukung vaksin domestik, tetapi persetujuan Medigen itu terburu-buru.

"Hidup dan kesehatan orang Taiwan tidak perlu menjadi tikus putih di laboratorium," Ho Chih-yung, wakil kepala departemen internasional KMT, mengatakan kepada Reuters.

Sekitar 40 persen dari 23,5 juta penduduk Taiwan telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin AstraZeneca atau Moderna dua dosis, meskipun kurang dari 5 persen yang divaksinasi lengkap. Namun, tidak seperti beberapa bagian lain di Asia, Taiwan tidak menghadapi tekanan besar untuk mempercepat upaya vaksinasinya, karena hanya mencatat beberapa infeksi domestik setiap hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya