Wapres AS Kamala Harris Ingatkan Donasi Vaksin COVID-19 Gratis

Wapres AS Kamala Harris berkata vaksin COVID-19 yang disumbangkan AS murni gratis.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 24 Agu 2021, 13:02 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2021, 13:02 WIB
Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Tenaga Kesehatan
Vaksinator menunjukkan botol vaksin Moderna saat vaksinasi dosis ketiga atau booster kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8/2021). Vaksinasi booster tersebut dimaksudkan untuk memberikan proteksi tambahan kepada tenaga kesehatan. (merdeka.com/Iqbal S. Nug

Liputan6.com, Singapura - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris sedang berada di Singapura. Ia turut membahas masalah COVID-19 dan mengingatkan bahwa vaksin yang disumbangkan AS itu gratis. 

Kamala Harris berkata negaranya sudah menyumbang lebih dari 100 juta dosis vaksin COVID-19 dengan prinsip "no strings attached" (tanpa persyaratan). Indonesia termasuk penerima vaksin Moderna dan Pfizer yang sudah mulai dipakai publik.

"Hingga kini, kami telah mengirim 110 juta dosis ke seluruh dunia. Kami mengirim 23 juta di antaranya ke Asia Tenggara," kata Kamala Harris, Selasa (24/8/2021).

"Ini penting dicatat bahwa donasi ini tanpa biaya tanpa ada benang yang terpasang, sebab bagi kami ini adalah terkait menyelamatkan nyawa," tegas Kamala.

Kamala berkata pandemi ini tidak mengenal batas negara.

Mantan jaksa agung di California itu pun menegaskan AS bertujuan ingin adanya keamanan kesehatan global yang kuat. Ke depannya, AS ingin mengupayakan adanya kemampuan pendeteksian virus yang lebih awal.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warga Tangerang Akan Pakai Pfizer

FOTO: Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence Disuntik Vaksin COVID-19
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence (kiri) menerima suntikan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech di Gedung Putih, Washington, Jumat (18/12/2020). Pence meyakinkan warga AS yang menghadapi lonjakan kasus di seluruh negeri "bahwa harapan segera datang". (AP Photo/Andrew Harnik)

Pemkot Tangerang mulai menyuntikan vaksin Covid-19 merek Pfizer untuk masyarakat umum, hari ini, Selasa (24/8/2021). RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Panunggangan Barat dipilih sebagai tempat penyuntikan vaksin asal Amerika Serikat itu.

"Hari ini dimulai, besok itu hari Rabu kita masifkan," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Menurut dia, Kota Tangerang mendapat jatah 162 ribu dosis vaksin Pfizer. Jumlah tersebut sudah termasuk dosis satu dan dua, itu berarti sekitar 80 ribuan warga Kota Tangerang yang menjadi sasaran vaksin Covid-19 tersebut.

Arief pun mengaku, vaksin Pfizer ini perlu penanganan khusus. Pasalnya, vaksin ini hanya mampu disimpan di suhu -90 sampai -60 derajat.

Oleh karena itu, hanya ada dua tempat di Kota Tangerang yang mumpuni menjadi lokasi penyimpanan vaksin Covid-19 tersebut. Yakni di RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Panunggangan Barat.


Infografis COVID-19:

Infografis 4 Kriteria Kontak Erat Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 4 Kriteria Kontak Erat Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya