Selain Indonesia, Booster Vaksin COVID-19 Juga Gratis di 5 Negara Ini

Selain Indonesia, sejumlah negara juga membuat aturan vaksinasi COVID-19 dosis tambahan atau vaksin booster gratis bagi warganya.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 11 Jan 2022, 16:52 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2022, 16:28 WIB
Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Tenaga Kesehatan Siloam Hospitals
Petugas medis yang bertugas sebagai vaksinator memvaksin Nakes Siloam Hospitals, Tangerang, Rabu (11/8/2021). Vaksinasi yang digelar sejak Selasa diikuti 500 nakes sebagai garda terdepan penanganan Pandemi Covid-19 untuk memperkuat antibodi atau sebagai booster. (Liputan6.com/HO/Firdi)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa vaksin dosis tambahan vaksinasi COVID-19 booster gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pemberian vaksin (booster) ini rencananya akan dilaksanakan pada Rabu, 12 Januari 2022.

Menurut Jokowi, pemberian vaksin dosis ke-3 adalah penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Mengingat Virus Corona terus bermutasi.

"Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin ke-3 ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

"Karena, sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," Jokowi menambahkan.

Ada sejumlah syarat bagi penerima vaksin booster kata Jokowi. Di mana, calon penerima sudah menerima vaksin dosis ke-2 lebih dari enam bulan sebelumnya.

Presiden RI ke-7 itu juga mengingatkan bahwa meski sudah menerima vaksin booster, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Selain Indonesia, sejumlah negara juga membuat aturan vaksin booster gratis bagi warganya. Berikut ini Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Selasa (11/1/2022):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Amerika Serikat

FOTO: Amerika Serikat Mulai Vaksinasi Virus Corona COVID-19
Petugas kesehatan mempersiapkan pemberian vaksin COVID-19 di Long Island Jewish Medical Center, New York, AS, 14 Desember 2020. AS mulai memberikan vaksin COVID-19 pertamanya pada Senin (14/12), dengan dosis pertama disuntikkan kepada para petugas kesehatan dan staf panti wreda. (Xinhua/Wang Ying)

"Melalui pendanaan federal dan kemitraan dengan perusahaan asuransi kesehatan, pemerintah dapat memberikan vaksin dan suntikan booster kepada semua orang tanpa biaya," demikian pernyataan dari otoritas AS dikutip dari laman Verywellhealth.

"Suntikan booster kemungkinan akan bekerja dengan cara yang sama seperti peluncuran awal vaksin di seluruh AS," Matthew Eisenberg, PhD, asisten profesor di departemen kebijakan dan manajemen kesehatan di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, mengatakan kepada Verywell.

 


2. Malaysia

Para Pelajar di Malaysia Jalani Vaksin COVID-19
Seorang siswa sekolah menengah menerima dosis vaksin Pfizer terhadap penyakit coronavirus (COVID-19) di pusat vaksin di Shah Alam, Malaysia, Senin (20/9/2021). (AP Photo/Vincent Thian)

Sebanyak 157.000 suntikan vaksin COVID-19 akan diberikan secara gratis kepada warga Selangor pada Rabu (8 Desember 2022) di bawah Program Booster SelVax, kata Menteri Besar Datuk Seri Amirudin Shari.

Dia mengatakan penduduk berusia 18 tahun ke atas dan yang telah menerima dua dosis vaksin bisa mendapatkan suntikan booster melalui walk-in ke klinik Selcare terdekat, demikian dikutip dari theedgemarkets.

Namun, masyarakat disarankan untuk mendaftar terlebih dahulu ke aplikasi SELangkah untuk dosis booster agar tidak terjadi kemacetan di klinik terkait.

 


3. Swiss

FOTO: Dilanda Gelombang COVID-19, Swiss Kerahkan Tentara Percepat Vaksinasi
Tentara Swiss memberikan suntikan vaksin booster COVID-19 Moderna di Delemont, Swiss, 14 Desember 2021. Swiss yang dilanda gelombang infeksi baru COVID-19 telah memanggil tentara untuk mempercepat vaksinasi. (Fabrice COFFRINI/AFP)

Pada 26 November 2021, Kantor Kesehatan Masyarakat Federal Swiss (FOPH) merekomendasikan semua orang berusia 16 tahun ke atas untuk mendapatkan suntikan booster.

Di Swiss, booster diberikan setidaknya enam bulan setelah suntikan kedua dan secara gratis, dikutip dari lenews.ch

Suntikan booster ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan yang tinggi dan kekebalan memudar lebih cepat di antara mereka yang berusia di atas 64 tahun.

 


4. Selandia Baru

Ribuan orang di Selandia Baru berunjuk rasa menentang aturan wajib vaksin Covid-19
Demonstran berbaris di sepanjang Lambton Quay sebelum berkumpul di gedung Parlemen Selandia Baru, di Wellington, Selasa (9/11/2021). Ribuan warga Selandia Baru berdemonstrasi memprotes kebijakan vaksin covid-19 dan penguncian (lockdown) yang diterapkan negara itu. (Mark Mitchell/NZ Herald via AP)

Dosis booster vaksin Pfizer akan tersedia gratis bagi siapa saja di Selandia Baru yang berusia 18 tahun atau lebih yang menyelesaikan dua dosis suntikan.

Warga Selandia Baru dapat memesan dosis booster vaksin Pfizer dan mulai menerimanya mulai 29 November 2021, hal ini diumumkan oleh Menteri Tanggap COVID-19 Chris Hipkins.

"Saat ini ada 144.000 orang di Selandia Baru yang telah divaksinasi selama enam bulan dan 455.847 orang pada akhir tahun ini," kata Hipkins, dikutip dari stuff.co.nz.

 


5. Australia

PM Australia Scott Morrison disuntik vaksin COVID-19 pertamanya, menandai awal dari program vaksinasi di negeri kanguru (AFP PHOTO)
PM Australia Scott Morrison disuntik vaksin COVID-19 pertamanya, menandai awal dari program vaksinasi di negeri kanguru (AFP PHOTO)

Australia juga menggratiskan booster vaksin COVID-19 bagi warganya yang memenuhi syarat. Seperti, berusia 18 tahun ke atas, dan sudah menerima dua kali dosis suntikan.

"Dosis booster tidak wajib, namun dianjurkan untuk menjaga kekebalan terhadap COVID-19," demikian dikutip dari laman resmi Kemenkes Australia, health.gov.au.

"Dosis booster akan memastikan perlindungan dari dua dosis pertama dan akan membantu mencegah penyebaran virus."


Infografis Vaksin COVID-19 Booster, Butuh atau Enggak?

Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak?
Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak? (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya