Soto Ayam Indonesia Masuk Daftar Sup Terbaik Sedunia Versi CNN

Berikut ini nominasi CNN untuk 20 sup terbaik di seluruh dunia versi CNN, salah satunya ada soto ayam dari Indonesia.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 25 Jan 2022, 09:04 WIB
Diterbitkan 24 Jan 2022, 18:35 WIB
Soto Ayam Medan
Soto Ayam Medan khas Kuliner Tenda Medan/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta - Jika merasa semangkuk sup mengepul merupakan cara kuno paling jitu untuk memberikan kenyamanan, Anda tak sendiri.

"Sup adalah salah satu makanan tertua dan paling universal di dunia, kata Janet Clarkson, penulis buku "Soup: A Global History."

"Setiap budaya memiliki beberapa jenis sup," katanya. "Itu memiliki akar yang sangat kuno."

Orang-orang zaman dahulu merebus segala sesuatu mulai dari cangkang kura-kura hingga bambu panjang dalam sup, tulisnya dalam buku itu, membuat panci sup logam dimulai pada Zaman Perunggu.

Merebus makanan memungkinkan mendapatkan biji-bijian yang stabil, dengan tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan lain yang ditambahkan untuk makanan atau tujuan pengobatan.

Setiap kali Anda mengantarkan sepanci sup ke teman yang pilek, Clarkson mengatakan bahwa Anda sebenarnya menjalankan tradisi kuno. "Memisahkan makanan dan obat-obatan - bukan itu yang dipikirkan orang kuno," katanya.

"Saya pikir di setiap negara di dunia, secara historis, beberapa sup dianggap memberikan kekuatan baru."

Sementara Clarkson menyelami etimologi selama berabad-abad untuk menelusuri sejarah sup, potage, dan kaldu, dia mengambil keputusan yang luas. "Hanya beberapa bahan yang dimasak dalam air," tulisnya, "dengan air beraroma menjadi bagian penting dari hidangan."

Itu adalah definisi sup yang memberi ruang bagi keragaman kuliner dunia yang luar biasa.

Berikut ini nominasi CNN untuk 20 sup terbaik di seluruh dunia, dikutip Senin (24/1/2022), salah satunya ada soto ayam dari Indonesia.

Berikut ini ulasannya sup dari Nigeria hingga Indonesia.

1. Banga, Nigeria

Buah-buahan dari pohon kelapa sawit memberikan lemak dan rasa pada sup dari Delta Niger ini, yang juga menyajikan ikan lele segar, daging sapi, dan makanan laut kering. Saking populernya, bungkusan bumbu banga siap pakai dijual di toko-toko.

Umumnya bumbu tersebut campuran termasuk pala Afrika, biji jarak, orima, jansa dan daun beletete. Rempah-rempahnya menambahkan saus merah yang kaya yang merupakan daya tarik utama sup: Rendam dengan eba atau bola pati, dua bahan pokok Nigeria yang keduanya terbuat dari singkong yang disiapkan dengan metode berbeda.

2. Pho Daging Sapi (phở bò), Vietnam

Kaldu direbus selama berjam-jam dengan kayu manis, adas bintang dan rempah-rempah hangat lainnya untuk menciptakan dasar aromatik yang luar biasa untuk sup mi beras ini.

Pho adalah salah satu ekspor kuliner Vietnam yang paling dikenal, tetapi sup adalah makanan yang relatif baru, tulis Andrea Nguyen, penulis "The Pho Cookbook."

Dan sementara restoran pho saat ini menyajikan berbagai macam rasa, varian daging sapi adalah yang asli.

Pada tahun 1930, Nguyen menjelaskan, sup disajikan dengan irisan daging sapi mentah yang dimasak dengan lembut di dalam kaldu.Saat ini, beef pho tetap menjadi versi yang paling disukai di Vietnam, dengan pilihan yang mencakup daging sapi mentah asli, campuran daging sapi mentah dan matang, brisket, dan tendon.

3. Borscht, Ukraina

Potongan bit lembut berenang dalam kaldu merah untuk sup yang disukai di Ukraina dan di seluruh Eropa Timur. Seringkali dibubuhi dengan sesendok krim asam pekat, borscht tidak lain adalah sup bit. Rasa yang tajam dari kvass, jus bit yang difermentasi, lakto yang merupakan spesialisasi daerah lainnya.

Dan meskipun sup itu terkadang dikaitkan dengan masakan Rusia, klaim itu ditentang. Sekarang, koki Ukraina berada di balik kampanye untuk memasukkan versi mereka ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

4. Bouillabaisse, Prancis

Olahan rebusan ala seorang nelayan berubah menjadi ikon kuliner, bouillabaisse menyaring cita rasa klasik Mediterania menjadi hidangan yang identik dengan kota pesisir Marseille.

Campuran saffron, minyak zaitun, adas, bawang putih dan tomat berpadu dengan ikan segar dari laut.

Pada suatu waktu, ikan itu akan mencerminkan tangkapan setiap hari, tetapi keadaan menjadi sedikit lebih ketat.Menurut penandatangan Piagam Bouillabaisse 1980 - upaya kolektif oleh koki lokal untuk memastikan kualitas sup Prancis - resep paling otentik harus mencakup setidaknya empat jenis makanan laut yang dipilih dari daftar yang mencakup monkfish dan kepiting.

5. Kaldo Verde, Portugal

Irisan tipis sayuran hijau yang dipadukan dengan kentang dan bawang bombay dalam sup rumahan dari wilayah Minho penghasil anggur di Portugal. Sekarang, sup ini adalah bintang kuliner dari kafe kelas atas hingga dapur pedesaan, definisi makanan rumahan yang nyaman.

Dalam banyak versi, sosis chouriço Portugis yang lembut menambahkan rasa asin dan berasap yang membuat sup lebih hangat. Nikmati bersama segelas anggur vinho verde yang terkenal dari Minho.

6. Chorba frik, Aljazair, Libya dan Tunisia

Gandum durum yang dipanen saat masih hijau, disebut freekeh, menambah bobot dan nutrisi yang memuaskan pada sup Afrika Utara ini, yang sangat disukai selama waktu suci Ramadhan.

Butiran lembut menyerap kaldu tomat dan rempah-rempah aromatik, rasa mereka menyatu dengan buncis ditambah ayam rebus, sapi, kambing atau domba. Sajikan dengan irisan lemon dan sebongkah roti kesra.

7. Chupe de Camarones, Peru

Sup krim udang yang lembut ini adalah spesialisasi Arequipa, sebuah kota bersejarah yang dikelilingi oleh gunung berapi yang menjulang tinggi.

Malam yang dingin di pegunungan sangat cocok untuk hidangan hangat: Udang lembut berenang bersama potongan kentang dan jagung Andes. Ada rasa menendang juga. Tambahan ají amarillo, sensasi rasa buah dan rempah pedas untuk menyeimbangkan bahan yang kaya dan lembut. Mungkin itu menjelaskan reputasi sup sebagai afrodisiak yang kuat.

8. Gazpacho, Spanyol

Musim panas di Andalusia menghadirkan cuaca yang menyengat, ideal untuk mendinginkan tubuh dengan semangkuk sup sayuran dingin ini.

Versi paling klasik hari ini termasuk tomat, mentimun, bawang putih dan minyak zaitun, dengan beberapa remah roti basi ditambahkan untuk tubuh.

Orang-orang Arab membawa hidangan ini ke Semenanjung Iberia berabad-abad sebelum orang Spanyol mencicipi tomat, bahan Dunia Baru. Yang asli adalah campuran roti, bawang putih dan minyak zaitun, ditumbuk dalam lesung dan dibumbui dengan cuka.

9. Sup Kacang Tanah, Afrika Barat

Seperti banyak kuliner lainnya, sup kacang tanah mengabaikan batasan internasional: Daging, ikan, atau ayam yang direbus menjadi sup kacang kental adalah makanan yang sangat nyaman di negara-negara di Afrika Barat. Versi berkisar dari domoda Gambia — hidangan nasional — hingga masakan Nigeria yang dimasak dengan sayuran hijau pahit.Tidak peduli negara mana, sup dan semur seperti itu lembut, kaya dan asin, kombinasi memuaskan yang sering mendapat sentakan berapi-api dari penambahan paprika Scotch bonnet.

10. Gumbo, Amerika Serikat

Budaya dan cita rasa menyatu dalam sup hangat yang menjadi bintang masakan Louisiana, dipengaruhi oleh masakan Afrika Barat, Choctaw Asli, dan Prancis. Versi yang dibuat dengan makanan laut, ayam, dan sosis termasuk yang paling populer saat ini, tetapi ada banyak cara untuk membuat makanan khas Selatan ini.

Daun sassafras kering yang digiling — disebut filé dan dipanen lama oleh orang Choctaw — memberi banyak resep gumbo bumbu khas.

Beberapa juru masak mengentalkan sup mereka dengan pasta tepung matang yang disebut roux, sementara yang lain bersumpah dengan irisan okra yang ditumis. Setiap versi yang mungkin ditampilkan setiap tahun di Juara Dunia Gumbo Cookoff di New Iberia, Louisiana, di mana para juru masak bertarung untuk mendapatkan hak membual ahli sup yang serius.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


11. Harira, Maroko

Soto Ayam
Wujudkan menu soto ayam yang lezat dan sehat tanpa penyedap rasa buatan. (Foto: Kokiku Tv)

Saat matahari terbenam selama bulan Ramadan, banyak orang Maroko berbuka puasa dengan semangkuk panas rebusan buncis yang menenangkan ini. Kayu manis, jahe, kunyit, dan merica memberikan bumbu hangat pada kaldu tomat yang gurih, yang meresap ke dalam buncis yang empuk. Ini juga banyak dinikmati di Aljazair.

Sementara resep vegetarian populer, versi paling klasik direbus dengan potongan daging domba atau daging lainnya yang empuk. Bukan hanya menu puasa bagi umat Islam; beberapa orang Yahudi Afrika Utara juga mempersiapkan harira untuk berbuka puasa tahunan Yom Kippur.

12. Kharcho, Georgia

Saus prem asam yang disebut tkemali menambahkan rasa unik pada sup tradisional ini, yang merupakan salah satu hidangan paling disukai di Georgia. Dibuat dengan plum mentah, yang asamnya menyeimbangkan kekayaan daging sapi berlemak dan kenari giling yang dimasak ke dalam sup.

Cita rasa aromatiknya berasal dari campuran rempah-rempah khmeli suneli, campuran ketumbar, gurih, fenugreek, lada hitam, marigold dan banyak lagi.

13. Sup Mie Daging Sapi Lanzhou, China

Membentuk — atau menarik — mi la mian dengan tangan untuk sup tradisional ini adalah seni tersendiri.

Pengrajinnya menggunakan tepung terigu tinggi gluten dan bubuk alkali yang digiling halus untuk mencampur adonan yang elastis, lalu menarik dan melipat satu adonan untuk membuat mi yang cukup untuk semangkuk sup.Masukkan ke dalam semangkuk kaldu sapi untuk sup kelas dunia yang mencakup daging sapi empuk, irisan lobak pucat, minyak cabai, dan rempah segar. (Di beberapa toko, pengunjung bahkan mungkin meminta mi dengan ketebalan dan bentuk yang diinginkan.)

14. Mohinga, Myanmar

Sup ini adalah menu sarapan di sebagian besar Myanmar, di mana pedagang kaki lima dan toko teh menjajakan semangkuk mohinga mengepul dari tong besar. Inti dari sup mi ini adalah kaldu aromatik, yang direbus dengan bumbu dan dikentalkan dengan bubuk beras panggang.

Ikan memberikan kaya rasa tambahan, sedangkan bihun tipis sangat cocok untuk diseruput. Mohinga sangat disukai sehingga beralih dari hidangan sarapan ke camilan kapan saja, dan setiap daerah memiliki sentuhan tersendiri pada sup klasiknya.

Babat direbus selama berjam-jam dalam kaldu gurih dan berbau bawang putih adalah obat mabuk utama Meksiko, tetapi menudo jauh melampaui perawatan tersebut. Ini juga menjadi favorit di pesta pernikahan dan acara-acara besar, ketika sepanci besar sup tradisional dapat memberi makan lusinan tamu.

Ini adalah makanan yang menenangkan, dengan inti bubur jagung yang mendapatkan gigitan segar dari hiasan bawang mentah, cabai dan daun ketumbar.

Pilih salah satu dari dua varietas utama: Menudo rojo berubah menjadi merah tua karena cabai dalam kaldu, sedangkan Menudo blanco ala Sonoran adalah alternatif yang lebih lembut.

16. Moqueca de camarão, Brasil

Minyak kelapa sawit dan tomat mewarnai kaldu kelapa dengan warna merah jingga yang hangat dalam hidangan khas dari wilayah Bahia, Brasil ini, tempat penduduk setempat makan semangkuk kukus bahkan pada hari-hari terpanas.Namun, yang menarik dari sup ini adalah udang yang manis dan lembut yang mengapung di kaldu. Secara tradisional, moqueca de camarão dimasak dalam panci buatan tangan yang terbuat dari tanah liat hitam dan getah pohon bakau, kemudian disajikan di atas wadah yang sama.

17. Soto Ayam, Indonesia

Sup mi ayam atau lebih dikenal dengan soto ayam, mungkin mencapai puncak kulinernya dalam hidangan Indonesia yang menggugah selera. Rempah-rempah seperti kunyit segar, adas bintang, kayu manis, serai dan daun jeruk berpadu untuk aroma dan rasa yang berlapis, dengan kuning telur rebus yang jammy untuk menambah kekayaan ekstra.

Setiap bagian dari Indonesia memiliki sentuhan lokal, dan supnya juga disukai di Singapura, Malaysia, dan di Suriname yang jauh di Amerika Selatan, di mana resepnya datang bersama para imigran Jawa.Makan dengan taburan bawang merah goreng, jeruk limau segar, dan irisan cabai merah.

18. Tom Yum Goong, Thailand

Manis, asam, pedas, dan asin, kaldu sup yang luar biasa ini sangat cocok untuk udang yang manis dan lembut. Bahan aromatik antara lain lengkuas, serai dan daun jeruk, sedangkan irisan cabai rawit merah memberi tambahan panas.Tom yum goong hanyalah salah satu dari banyak jenis sup tom yum di Thailand — versi ini diperkaya dengan udang gemuk, dan menjadi favorit banyak pengunjung.

19. Ramen Tonkotsu, Jepang

Tulang babi yang direbus lama memberikan rasa yang kuat pada ramen klasik ini, yang kaldunya keruh dengan sumsum dan lemak. Ini adalah ciri khas Prefektur Fukuoka di pulau selatan Kyushu, tetapi sup yang kaya rasa sekarang disajikan di toko-toko ramen di seluruh negeri (dan dunia).

Sementara rasa kaldu yang memanjakan adalah bintang dari tonkotsu ramen, semangkuk tidak lengkap tanpa irisan perut babi dan jalinan mi yang keras di tengahnya. Makanlah dengan sumpit dan sendok datar, dan jangan lupa untuk menyeruputnya — diyakini dapat meningkatkan rasa.

20. Yayla orbasi, Turki

Nasi rebus atau jelai menambahkan rasa manis yang kasar pada sup yogurt krim ini. Diyakini dapat menangkal pilek selama musim dingin; beberapa rumah sakit Turki bahkan menyajikan sup yogurt untuk pasien yang sedang dalam pemulihan.Sejumput mint kering membantu menyeimbangkan sedikit bau yoghurt. Sajikan dengan roti pita segar yang empuk.

 

 


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya