Haiti Dilanda Kerusuhan Akibat Kekurangan Bahan Pangan, Krisis Kemanusiaan

Haiti menghadapi kerusuhan yang meluas atas kekurangan barang-barang pokok dan telah memperingatkan potensi "krisis kemanusiaan."

oleh Hariz Barak diperbarui 08 Okt 2022, 18:34 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2022, 18:34 WIB
Protes Menuntut PM Haiti Ariel Henry Mundur
Para pengunjuk rasa dibubarkan oleh gas air mata yang dilemparkan oleh polisi selama demonstrasi menuntut Perdana Menteri Haiti Ariel Henry mundur dan menyerukan kualitas hidup yang lebih baik, di Port-au-Prince, Haiti, Senin (29/8/2022). (AP Photo/Odelyn Joseph)

Liputan6.com, Port-au-Prince - Haiti menghadapi kerusuhan yang meluas atas kekurangan barang-barang pokok dan telah memperingatkan potensi "krisis kemanusiaan."

Kedutaan AS telah memperingatkan warganya untuk meninggalkan negara itu.

Para pejabat Haiti meminta bantuan keamanan luar negeri pada hari Jumat dalam sebuah dokumen yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Ariel Henry yang memperingatkan "risiko krisis kemanusiaan besar", demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (8/10/2022).

Dokumen itu memberi wewenang kepada Henry untuk meminta pasukan internasional untuk membantu memerintah dalam meningkatnya pelanggaran hukum di negara itu.

Henry meminta "pengerahan segera angkatan bersenjata khusus, dalam jumlah yang cukup," untuk mengatasi masalah "tindakan kriminal geng bersenjata.''

Tidak segera jelas apakah permintaan itu telah diajukan secara resmi, atau dari negara mana Haiti meminta bantuan.

 


Kata PBB dan Amerika Serikat

Protes Menuntut PM Haiti Ariel Henry Mundur
Orang-orang berjalan di sekitar ban yang dibakar oleh pengunjuk rasa untuk menuntut Perdana Menteri Haiti Ariel Henry mundur dan menyerukan kualitas hidup yang lebih baik, di Port-au-Prince, Haiti, Senin (29/8/2022). (AP Photo/Odelyn Joseph)

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka belum menerima permintaan resmi dari pemerintah Haiti.

"Kami tetap sangat prihatin dengan situasi keamanan di Haiti, dampaknya terhadap rakyat Haiti, pada kemampuan kami untuk melakukan pekerjaan kami, terutama di bidang kemanusiaan," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric kepada wartawan.

Bocchit Edmond, duta besar Haiti untuk Amerika Serikat, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa negara itu "menunggu komunitas internasional dan mitra internasional untuk memutuskan bentuk bantuan seperti apa yang akan dilakukan."

Duta Besar menambahkan bahwa bantuan luar negeri tidak berarti "pendudukan" Haiti, melainkan "seruan untuk solidaritas" dalam menghadapi "tragedi kemanusiaan."

Kedutaan Besar AS di Port-au-Prince pada hari Jumat menyarankan warga AS untuk meninggalkan Haiti dengan alasan "ketidakstabilan yang sedang berlangsung" karena kekurangan makanan dan bahan bakar. Kedutaan mengatakan pemerintah AS "sangat terbatas dalam kemampuannya untuk memberikan layanan darurat kepada warga AS di Haiti."

 


Penyebab Kekacauan di Haiti

800 Imigran Haiti Terdampar di Kuba
Imigran Haiti berbaris untuk sarapan di sebuah perkemahan yang digunakan untuk menampung sekelompok besar migran Haiti di Sierra Morena di provinsi Villa Clara Kuba, Kamis (26/5/2022). Sebuah kapal yang membawa lebih dari 800 warga Haiti yang berusaha mencapai Amerika Serikat malah berakhir di pantai Kuba tengah. (AP Photo/Ramon Espinosa)

Kekurangan bahan bakar telah mengakibatkan dampak yang mengetuk pasokan medis dan barang-barang penting lainnya.

Wabah kolera baru juga telah dilepaskan oleh kekurangan air minum.

Mendiang Presiden Jovenel Moise dibunuh di rumahnya pada Juli 2021 dalam keadaan yang masih belum jelas. Situasi keamanan di Haiti telah memburuk secara signifikan dalam 15 bulan sejak kematian Moise.

Geng telah memblokir Varreux, pelabuhan bahan bakar di ibu kota, menunda pengiriman bahan bakar dan memprovokasi kekurangan. Dalam beberapa pekan terakhir, telah terjadi penjarahan dan protes terhadap pemerintah Ariel Henry yang telah memegang kekuasaan selama lebih dari setahun sekarang.

Pada hari Kamis, sekretaris jenderal Organisasi Negara-negara Amerika Luis Almagro bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Haiti Jean Victor Geneus dan lainnya untuk membahas kekacauan yang melanda negara itu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya