Drone Ukraina Kembali Hantam Kapal Rusia untuk Kedua Kali dalam Sehari, Moskow Ancam Serangan Balasan

Moskow menjanjikan serangan balasan setelah pesawat tak berawak Ukraina menghantam sebuah kapal tanker Rusia di Laut Hitam dekat Krimea pada Jumat 4 Agustus 2023 malam.

oleh Hariz Barak diperbarui 06 Agu 2023, 11:01 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2023, 11:01 WIB
Seorang prajurit Ukraina menerbangkan drone selama operasi melawan posisi Rusia di lokasi yang dirahasiakan di wilayah Donetsk, Ukraina, Minggu, 4 Desember 2022. (Roman Chop/AP)
Seorang prajurit Ukraina menerbangkan drone selama operasi melawan posisi Rusia di lokasi yang dirahasiakan di wilayah Donetsk, Ukraina, Minggu, 4 Desember 2022. (Roman Chop/AP)

Liputan6.com, Kiev - Moskow menjanjikan serangan balasan setelah pesawat tak berawak Ukraina menghantam sebuah kapal tanker Rusia di Laut Hitam dekat Krimea pada Jumat 4 Agustus 2023 malam.

Itu merupakan serangan laut kedua yang menyasar kapal Rusia dan melibatkan pesawat tak berawak Ukraina dalam satu hari.

Ukraina menyerang pelabuhan utama Rusia sebelumnya pada hari yang sama dan menargetkan kapal Rusia.

Moskow mengutuk keras apa yang dilihatnya sebagai "serangan teroris" Ukraina terhadap sebuah kapal sipil di Selat Kerch, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Sabtu 5 Agustus 2023 dikutip dari Sydney Morning Herald, Minggu (6/8/2023).

"Tidak ada pembenaran untuk tindakan barbar seperti itu, otak dan eksekutor pasti akan dihukum," tulis Zakharova di aplikasi perpesanan Telegram.

Ketika kemampuan angkatan laut Kiev tumbuh, Laut Hitam menjadi medan pertempuran yang semakin penting dalam perang.

Tiga minggu lalu, Moskow menarik diri dari perjanjian ekspor utama yang memungkinkan Ukraina mengirim jutaan ton biji-bijian melintasi Laut Hitam untuk dijual di pasar dunia. Setelah penarikan itu, Rusia melakukan serangan berulang kali di pelabuhan Ukraina, termasuk Odesa.

Seorang pejabat Dinas Keamanan Ukraina mengkonfirmasi kepada The Associated Press bahwa organisasinya berada di balik serangan terhadap kapal tanker, yang mengangkut bahan bakar untuk pasukan Rusia.

Sebuah pesawat tak berawak, diisi dengan 450 kilogram TNT, digunakan untuk serangan itu, tambah pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk memberikan pernyataan resmi.

"Kapal tanker Sig ... menderita lubang di ruang mesin di sisi kanan, mungkin akibat dari serangan drone laut," tulis Badan Federal Rusia untuk Transportasi Laut dan Sungai di Telegram, menambahkan bahwa tidak ada korban di antara 11 anggota awak.

Tanpa menyebutkan bahwa Ukraina bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak itu, Vasyl Malyuk, yang memimpin Dinas Keamanan Ukraina, mengatakan: "Operasi khusus semacam itu dilakukan di perairan teritorial Ukraina dan sepenuhnya legal".

Setiap ledakan semacam itu, kata Malyuk adalah "langkah yang benar-benar logis dan efektif berkaitan dengan musuh".

Serangan Ukraina sebelumnya di Novorossiysk menghentikan lalu lintas maritim selama beberapa jam dan menandai pertama kalinya pelabuhan komersial Rusia menjadi sasaran dalam konflik yang hampir berusia 18 bulan. Pelabuhan ini memiliki pangkalan angkatan laut, galangan pembuatan kapal dan terminal minyak, dan merupakan kunci untuk ekspor. Itu terletak sekitar 110 kilometer sebelah timur Krimea.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Serangan Balasan Rusia

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia telah meluncurkan lebih dari 30 serangan drone ke Ukraina dalam dua hari (OFFICE OF THE PRESIDENT OF UKRAINE).
Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia telah meluncurkan lebih dari 30 serangan drone ke Ukraina dalam dua hari (OFFICE OF THE PRESIDENT OF UKRAINE).

Sebuah posting Telegram pada hari Sabtu oleh wakil ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev menyiratkan bahwa Rusia akan meningkatkan serangannya terhadap pelabuhan Ukraina sebagai tanggapan atas serangan Kiev terhadap kapal-kapal Rusia di Laut Hitam:

"Rupanya, serangan di Odesa, Izmail, dan tempat-tempat lain tidak cukup bagi mereka," tulisnya.

Pakar transportasi Jayendu Krishna mengatakan kepada The Associated Press bahwa serangan-serangan drone Ukraina itu membuat aktivitas pengiriman Rusia "sebagian besar tidak terpengaruh".

Krishna percaya mereka dapat meningkatkan risiko serangan Rusia di pelabuhan Ukraina daripada berfungsi sebagai alat untuk menekan Rusia untuk menghentikan serangan dan mengembalikan kesepakatan biji-bijian.

"Setiap kali sesuatu terjadi pada Rusia, Anda melihat Putin dalam mode pembalasan. oleh karena itu, Anda mungkin melihat serangan lebih lanjut di bagian lain Ukraina," kata Krishna.

"Saya pikir itu mungkin akan menambah efek dan menambah risiko di Laut Hitam, daripada menguranginya," tambahnya.

"Sangat sulit bagi saya untuk membayangkan bahwa Rusia akan menyerah, kecuali dan sampai bank mereka memiliki operasi yang lancar, dan mereka dapat mengekspor kargo mereka sendiri tanpa gangguan."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya