Isi Tuntutan Afrika Selatan ke Israel Atas Kasus Genosida Warga Gaza di Mahkamah Internasional ICJ

Mahkamah Internasional (ICJ) pada Kamis (11/1) mulai mendengarkan tuntutan yang diajukan oleh Afrika Selatan terhadap Israel yang melakukan genosida terhadap warga Palestina dalam perangnya di Gaza.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 11 Jan 2024, 14:03 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2024, 14:03 WIB
Ilustrasi bendera negara Afrika Selatan
Ilustrasi bendera negara Afrika Selatan. (Photo by Den Harrson on Unsplash)

Liputan6.com, Den Haag - Mahkamah Internasional (ICJ) pada Kamis (11/1) mulai mendengarkan tuntutan yang diajukan oleh Afrika Selatan terhadap Israel yang melakukan genosida terhadap warga Palestina dalam perangnya di Gaza.

Afrika Selatan telah mengajukan kasus ini ke dalam Konvensi Genosida 1948, dan mengklaim bahwa dengan membunuh warga Palestina di Gaza.

Bahkan efeknya menyebabkan mereka mengalami penderitaan fisik dan mental yang serius, dan memberikan “kondisi kehidupan yang diperkirakan akan mengakibatkan kehancuran fisik” pada mereka, maka Israel bertanggung jawab atas kasus genosida.

Dikutip dari laman Financial Times, Kamis (11/1/2024) Israel dengan keras membantah tuduhan tersebut, dengan alasan bahwa kasus di Afrika Selatan tidak memiliki dasar faktual dan hukum, dan merupakan eksploitasi terhadap pengadilan yang tercela dan menghina.

Israel juga bersikeras bahwa kasus tersebut mematuhi hukum internasional dan bahwa pasukannya hanya menargetkan militan.

“Israel telah menegaskan bahwa penduduk Jalur Gaza bukanlah musuh, dan melakukan segala upaya untuk membatasi kerugian bagi mereka yang tidak terlibat dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Jalur Gaza,” kata Kementerian Luar Negeri Israel.

Konvensi genosida ini dibentuk setelah perang dunia kedua dan Holocaust, yang menewaskan 6 juta orang Yahudi oleh Nazi dan kolaborator mereka.

Baik Afrika Selatan dan Israel merupakan pihak yang menandatangani perjanjian ini, sehingga memungkinkan Afrika Selatan untuk mengajukan kasusnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penggunaan Konvensi di Sejumlah Kasus Perang Dunia

Kehidupan Anak-Anak di Kamp Pengungsi Shati Gaza
Anak-anak Palestina tampak bermain di kamp pengungsi Shati di Gaza City, Palestina, pada 7 Juni 2020. Kamp pengungsi Al-Shati tersebut merupakan tempat hampir 86.000 warga Palestina hidup berdekatan satu sama lain. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

Konvensi tersebut sebelumnya hanya digunakan dalam kasus-kasus yang melibatkan Bosnia dan Serbia; Gambia dan Myanmar; dan perang Rusia di Ukraina.

Keputusan akhir mengenai kasus ini akan memakan waktu bertahun-tahun, dan sidang minggu ini hanya berkaitan dengan permintaan tindakan darurat dari Afrika Selatan.

Meskipun pengadilan mungkin akan memutuskan hal ini dalam waktu beberapa minggu, pengadilan tidak mempunyai cara untuk menegakkannya.

Pada Maret 2022, pengadilan memerintahkan Rusia untuk menghentikan operasi militernya di Ukraina, namun Moskow menolak untuk mematuhinya.

 


Pukulan Terhadap Negara Pelaku

Bendera Israel. (AFP Photo/Thomas Coex)
Bendera Israel berkibar di dekat Gerbang Jaffa di Kota Tua Yerusalem (20/3). Gerbang Jaffa adalah sebuah portal yang dibuat dari batu yang berada dalam deret tembok bersejarah Kota Lama Yerusalem. (AFP Photo/Thomas Coex)

Namun, para pengamat mengatakan bahkan jika langkah-langkah tersebut tidak ditegakkan, keputusan untuk menerapkannya dapat memberikan pukulan terhadap kedudukan negara tersebut dan mengubah cara negara-negara lain menghadapinya, misalnya, dengan membuat keputusan yang tidak benar.

“Menurut saya, pengadilan opini publik memiliki lebih banyak pertimbangan daripada yang disadari orang-orang,” kata Sheila Paylan, pakar hukum internasional dan hak asasi manusia.

“Saya tidak tahu bagaimana reputasi Israel mampu menangani kerugian seperti itu, mengingat pentingnya konvensi yang mengatur hal tersebut.”

Israel menyatakan perang terhadap Hamas setelah militannya menyerbu ke negara itu pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut pejabat Israel, dan menyandera 240 orang lagi.

Serangan balasannya di Gaza telah menewaskan lebih dari 23.000 orang, menurut para pejabat Palestina, serta membuat 1,9 juta dari 2,3 juta penduduk di wilayah kantong tersebut mengungsi, dan membuat sebagian besar wilayah tersebut tidak dapat dihuni.

Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan
Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya