DK PBB Menyetujui Resolusi AS Soal Seruan Gencatan Senjata di Gaza, Perang Israel Vs Hamas Akan Berakhir?

Resolusi gencatan senjata AS di Gaza yang disetujui DK PBB ini sejatinya didukung oleh 14 negara kecuali Rusia. Apakah pertempuran antara Israel dan Hamas di Gaza akan segera berakhir?

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 11 Jun 2024, 10:49 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2024, 10:35 WIB
Perwakilan Amerika Serikat untuk PBB, Duta Besar Linda Thomas-Greenfield memberikan suara pada resolusi yang mendukung proposal yang digariskan oleh Presiden AS Joe Biden yang menyerukan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza. (AFP)
Perwakilan Amerika Serikat untuk PBB, Duta Besar Linda Thomas-Greenfield memberikan suara pada resolusi yang mendukung proposal yang digariskan oleh Presiden AS Joe Biden yang menyerukan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza. (AFP)

Liputan6.com, Jenewa - Dewan Keamanan atau DK PBB pada hari Senin 10 Juni 2024 menyetujui resolusi yang dirancang AS, untuk mendukung rencana gencatan senjata Washington di Gaza dan menyerukan Hamas untuk menerimanya.

Resolusi tersebut, yang didukung oleh 14 negara kecuali Rusia, menyambut baik usulan gencatan senjata dan pembebasan sandera yang diumumkan pada 31 Mei oleh Presiden Joe Biden, dan mendesak "kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan persyaratannya tanpa penundaan dan tanpa syarat".

Berbeda dengan rancangan sebelumnya, resolusi tersebut menyatakan bahwa Israel telah "menerima" usulan gencatan senjata dan menyerukan Hamas untuk melakukan hal yang sama.

"Usulan ini adalah kesempatan terbaik yang kita miliki saat ini untuk menghentikan setidaknya sementara pertempuran ini, untuk mendapatkan lebih banyak bantuan, membebaskan sandera," kata wakil duta besar AS untuk PBB Robert Wood seperti dikutip dari Middle East Eye, Selasa (11/6/2024).

"Kami ingin memberikan tekanan kepada Hamas untuk menerima kesepakatan ini. Sejauh ini Hamas belum menerima kesepakatan ini. Itu sebabnya kami memiliki resolusi ini, karena kami berada di titik puncak untuk melakukan sesuatu yang sangat, sangat penting."

Hamas menyambut baik resolusi tersebut setelah pemungutan suara, dan mengatakan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan mediator dalam menerapkan prinsip-prinsip rencana tersebut.

Sementara itu, Israel mengkritik usulan tersebut pekan lalu karena menganjurkan diakhirinya perang dengan imbalan pembebasan para tawanan, sebuah sikap yang ditentang secara terbuka oleh pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkara Gencatan Senjata dan Kebangkitan Hamas

Warga Palestina Tinggalkan Lokasi Pengungsian di Gaza Tengah
Hingga saat ini, lebih dari 36.500 warga Palestina meninggal dunia menjadi korban serangan militer Israel di Gaza, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dan hampir 83.000 lainnya terluka. (Bashar TALEB/AFP)

Adapun pada 31 Mei lalu, Joe Biden merinci apa yang dia katakan sebagai proposal tiga fase Israel untuk pertukaran sandera dan penghentian permusuhan secara permanen di Gaza.

Namun mencapai gencatan senjata sulit dilakukan oleh AS dan mediator Qatar dan Mesir.

Hamas menyambut usulan tersebut dengan skeptis. Middle East Eye melaporkan bahwa teks proposal yang diterima Hamas tidak menjamin penghentian permusuhan secara permanen seperti yang dijelaskan Biden dalam pidatonya.

Dan meskipun AS mengklaim bahwa proposal yang diajukan Biden didukung oleh Israel, Netanyahu telah berulang kali mengatakan bahwa Israel bermaksud untuk terus berperang di Gaza sampai mereka menghilangkan kemampuan pemerintahan dan militer Hamas.

Meskipun mengalami pemboman Israel selama delapan bulan, Hamas terus menempatkan anteknya di lapangan dan membangun kembali wilayah di Gaza yang telah ditinggalkan Israel.

Hamas kemungkinan besar tidak akan menyetujui kesepakatan penyanderaan jika mereka tidak menjamin akan ada gencatan senjata permanen di Gaza setelahnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang melakukan perjalanan di wilayah tersebut pada hari Senin (10/6), menyalahkan Hamas atas kegagalan mencapai gencatan senjata di Gaza.

Setelah bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi di Kairo, Blinken berkata: "Pesan saya kepada pemerintah di seluruh kawasan, kepada masyarakat di seluruh kawasan, adalah – jika Anda menginginkan gencatan senjata, tekan Hamas untuk mengatakan 'ya'."


Veto AS 3 Kali untuk Gencatan Senjata di Gaza

Dubes AS untuk PBB Nikki Haley mengecam keputusan Rusia untuk memveto rancangan resolusi DK PBB
Dubes AS untuk PBB Nikki Haley mengecam keputusan Rusia untuk memveto rancangan resolusi DK PBB (AP/Bebeto Matthews)

AS telah menggunakan hak vetonya di PBB untuk melindungi Israel dari kecaman.

Adapun Amerika telah mengajukan tiga veto terhadap seruan gencatan senjata. Secara terpisah, Washington juga memblokir amandemen yang menyerukan gencatan senjata yang telah diupayakan Rusia termasuk dalam resolusi Dewan Keamanan pada bulan Desember.

Di tengah ketegangan antara AS dan Israel mengenai tindakan Israel dalam perang di Gaza, baru-baru ini AS menunjukkan rasa frustrasinya terhadap Israel di badan internasional tersebut.

Pada bulan Maret, AS abstain dari pemungutan suara di DK PBB yang menyerukan “gencatan senjata segera” di Gaza selama bulan suci Ramadhan.

Pemerintahan Biden berselisih dengan Israel mengenai rencana pasca perang di Gaza. Selama berbulan-bulan, direktur CIA Bill Burns telah memimpin upaya AS untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang dapat mengakhiri perang dan meredakan ketegangan regional.

Infografis DK PBB Loloskan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DK PBB Loloskan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya