Dituduh Kirim Rudal Balistik ke Rusia, Iran Panggil Utusan Inggris hingga Prancis

Ada empat utusan negara Eropa di Teheran yang dipanggil pemerintah Iran, siapa saja?

oleh Khairisa Ferida diperbarui 13 Sep 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi Iran.
Ilustrasi Iran (Dok. Pixabay)

Liputan6.com, Teheran - Pemerintah Iran pada hari Kamis (12/9/2024) memanggil utusan Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda atas tuduhan mereka bahwa Teheran memasok rudal balistik jarak pendek ke Rusia untuk digunakan dalam perang Ukraina.

Kantor berita pemerintah Iran, IRNA, melaporkan bahwa kementerian luar negeri negara itu memanggil para utusan negara-negara tersebut secara terpisah untuk mengutuk keras tuduhan tersebut.

IRNA mengatakan Kementerian Luar Negeri Iran juga mengutuk Inggris, Prancis, dan Jerman karena mengeluarkan pernyataan bersama terhadap Iran dan menyebutnya sebagai pernyataan yang tidak konvensional dan tidak konstruktif.

Pernyataan bersama, yang dikeluarkan pada hari Selasa (10/9), mengutuk dugaan transfer rudal dengan menyebutnya sebagai eskalasi oleh Iran dan Rusia dan ancaman langsung terhadap keamanan Eropa.

Ketiga negara tersebut juga mengumumkan sanksi baru terhadap Iran, termasuk pembatalan perjanjian layanan udara dengan Iran, yang akan membatasi kemampuan Iran Air untuk terbang ke Inggris dan Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebijakan Permusuhan

Antony Blinken
Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)

IRNA menyebutkan pula Kementerian Luar Negeri Iran memberi tahu para utusan keempat negara bahwa pilihan mereka untuk mengambil posisi tersebut dipandang sebagai bagian dari kebijakan permusuhan Barat yang sedang berlangsung terhadap rakyat Iran. Tindakan itu, ungkap IRNA, akan ditanggapi dengan tanggapan yang tepat dari Republik Islam Iran.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan minggu ini, Iran telah mengabaikan peringatan bahwa pengiriman senjata (untuk mendukung Rusia) akan menjadi eskalasi konflik yang mendalam.

Blinken juga mengungkapkan bahwa puluhan personel militer Rusia telah dilatih di Iran untuk menggunakan sistem rudal balistik jarak dekat Fath-360, yang memiliki jangkauan maksimum 120 kilometer.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya