4 Pesan yang Pernah Dikirim dari Bumi untuk Alien

The Voyager Golden Record bukan satu-satunya pesan dari bumi yang pernah dikirim ke luar angkasa. Ilmuwan dari berbagai penjuru dunia tercatat pernah mengirimkan pesan dikirim untuk membuktikan keberadaan alien.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 02 Okt 2024, 11:54 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 03:00 WIB
Aliran Inframerah dari Luar Angkasa dan Planet Liar dengan Auroras
Sumber: livescience.com

Liputan6.com, Jakarta - Misi Voyager yang diluncurkan oleh NASA pada 5 September 1977 membawa pesan untuk alien. Wahana antariksa ini membawa sebuah pesan berisi informasi tentang peradaban bumi dalam piringan emas atau disebut dengan The Voyager Golden Record.

Melansir laman NASA pada Selasa (01/10/2024), The Voyager Golden Record berisi rekaman suara-suara, baik alam maupun suara makhluk hidup di Bumi. Piringan emas ini juga dilengkapi gambar dan suara yang telah dipilih untuk menggambarkan bentuk kehidupan di Bumi.

The Voyager Golden Record bukan satu-satunya pesan dari bumi yang pernah dikirim ke luar angkasa. Ilmuwan dari berbagai penjuru dunia tercatat pernah mengirimkan pesan dikirim untuk membuktikan keberadaan alien.

Dikutip dari Live Science pada Selasa (01/10/2024), berikut pesan dari bumi.

1. Kode Morse

Pada 1962, ilmuwan Soviet mengarahkan pemancar radio ke Venus dan mengirimkan kode Morse. Pesan kode morse yang dikirim dari bumi untuk alien di antaranya mencakup tiga kata yaitu Mir (berarti perdamaian atau dunia dalam bahasa Rusia), Lenin, dan SSSR (singkatan abjad latin dari Uni Soviet).

Menurut jurnal yang dipublikasikan dalam International Journal of Astrobiology, psan yang dikirim ilmuwan Soviet ini sebagian besar dianggap bersifat simbolis. Pesan ini menjadi bagian uji coba untuk radar planet baru, sebuah teknologi yang mengirimkan gelombang radio ke luar angkasa.

Tujuannya untuk mengamati dan memetakan objek di tata surya.

 


Pesan Radio ke Gugusan Bintang

2. Pesan Radio ke Gugusan Bintang

Pada 1974, tim ilmuwan termasuk astronom Frank Drake dan Carl Sagan, mentransmisikan pesan radio bernama Arecibo dari Observatorium Arecibo di Puerto Rico menuju Messier 13. Messier 13 merupakan gugusan bintang yang jaraknya sekitar 25.000 tahun cahaya dari bumi.

Pesan gambar yang dikirim dalam kode biner dari bumi untuk alien, menggambarkan sosok tongkat manusia, struktur DNA heliks ganda, model atom karbon, dan diagram teleskop. Pesan Arecibo membidik dalam kegelapan.

Dibutuhkan sekitar 25.000 tahun cahaya untuk mencapai Messier 13, pada titik mana gugus bintang akan bergerak.

3. Pesan Iklan ke Tata Surya

Percobaan untuk melakukan kontak dengan alien juga dilakukan pernah dilakukan sebuah perusahaan swasta. Pada 2008 lalu, Doritos mengirimkan iklannya sendiri ke tata surya menuju konstelasi Ursa Majoris yang berjarak sekitar 42 tahun cahaya.

4. The Voyager Golden Record Voyager 1 dan 2

Voyager 1 dan 2 yang diluncurkan pada 1977 untuk menjelajah Tata Surya dan ruang antar bintang. Masing-masing membawa rekaman berisi musik, suara sekitar dari bumi dan 116 gambar planet di Bima Sakti.

The Voyager Golden Record juga membawa ucapan salam dalam 59 bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Indonesia. Selain itu, terdapat pesan tertulis dari Presiden Jimmy Carter dan Sekretaris Jenderal PBB saat itu, Kurt Waldheim.

The Voyager Golden Record tersebut terbuat dari tembaga berlapis emas dengan diameter 12 inchi atau 30 sentimeter. Penutup dari piringan emas tersebut dibuat dari aluminium yang dilapisi sampel isotop uranium-238 yang murni.

Uranium -238 sendiri memiliki waktu paruh sampai 4,468 miliar tahun.

(Tifani)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya