Pelantikan Prabowo-Gibran: Australia Hadir Diwakili Wakil PM Sekaligus Menhan Richard Marles

Australia berharap dapat bekerja sama dengan Prabowo beserta kabinetnya untuk lebih memperdalam kerja sama kedua negara.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 19 Okt 2024, 10:09 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 10:00 WIB
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan Menhan RI Prabowo Subianto bersama dengan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles Richard Donald Marles.
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan Menhan RI Prabowo Subianto bersama dengan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles Richard Donald Marles pada 29 Agustus 2024. (Dok. Biro Humas Setjen Kemhan)

Liputan6.com, Jakarta - Australia mengonfirmasi bahwa Wakil Perdana Menteri (PM) sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Richard Marles akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu (20/10/2024).

Indonesia adalah salah satu mitra terdekat Australia. Tahun ini kedua negara menandai 75 tahun hubungan diplomatik bilateral. 

"Pemerintah Australia berharap dapat bekerja sama erat dengan Presiden Prabowo dan pemerintahan barunya dalam prioritas ekonomi, keamanan, dan pembangunan manusia bersama," ungkap Marles seperti dikutip dari pernyataan resmi Kedutaan Besar Australia yang diterima Liputan6.com, Sabtu (19/10).

"Tidak ada hubungan yang lebih penting bagi Australia daripada hubungan dengan Indonesia. Kedua negara kita bekerja sama erat dalam membentuk kawasan yang damai, stabil, dan makmur yang menghormati kedaulatan."

Kunjungan Prabowo sebagai presiden terpilih pada bulan Agustus 2024 disambut hangat oleh Perdana Menteri Anthony Albanese dan Marles. Lawatan tersebut dinilai menggarisbawahi pentingnya hubungan antara Indonesia dan Australia.

Lebih lanjut, Pemerintah Australia juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pemerintahannya atas hubungan bilateral yang semakin erat. Sejumlah tonggak penting yang menandai hal itu antara lain peningkatan hubungan bilateral menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif pada tahun 2018, berlakunya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia pada tahun 2020, dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan pada bulan Agustus 2024.

 

Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI. (Liputan6.com/Abdillah)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya