Berenang di Water Park, Otak Bocah Dimakan Parasit Sampai Koma

Peristiwa ini bisa menjadi peringatan bagi orangtua untuk berhati-hati menjaga anaknya saat berkunjung ke kolam renang bermain.

oleh Riz diperbarui 31 Jul 2013, 09:01 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2013, 09:01 WIB
berenang-130731b.jpg

Peristiwa ini bisa menjadi peringatan bagi orangtua untuk berhati-hati menjaga anaknya saat berkunjung ke kolam renang bermain. Jika tidak, bisa seperti ini akibatnya.

Seorang bocah 12 tahun harus bertarung mempertahankan hidupnya setelah otaknya dimakan parasit amuba usai berenang di Willow Springs Water Park, Arkansas, Amerika Serikat. Ia mengalami meningitis gara-gara ada parasit di otaknya. Hingga membuatnya koma.

Kali Hardig, nama bocah itu, terserang demam dan mengalami muntah-muntah sehari setelah berenang. Ia juga didera sakit kepala dan mata yang terlihat berguling.

"Aku tidak bisa menurunkan demamnya dan dia mulai muntah. Dia mengatakan kepalanya sangat sakit lalu menangis. Dia melihat saya dan matanya tampak berguling," kata ibu bocah tersebut, Nyonya Hardig kepada Christian Post yang dimuat News.com.au, Selasa (30/7/2013).

Sang ibu langsung membawa Kali ke Rumah Sakit Anak Little Rock, Arkansas. Namun di sana, ia koma. Kondisi ini membuat Nyonya Hardig sangat cemas dan terpukul.

Departemen Kesehatan Arkansas menyatakan, orang yang menderita penyakit ini memiliki kesempatan hidup yang tipis. "Tidak menular antara manusia dan biasanya masuk melalui hidung manusia saat berada di dalam air."

Parasit yang menyerang Kali bernama Naegleria fowleri. Parasit tersebut kerap ditemukan di perairan hangat. Jika menyerang otak seseorang, ia akan menderita Meningitis.

"Sejauh ini hanya 2 orang yang mampu bertahan dari serangan ini di Amerika Utara," ungkap Badan Pencegahan Penyakit Arkansas.

Tak ingin peristiwa ini terulang kembali, pihak pengelola menutup Willow Springs Water Park. Sementara Kali masih berjuang melawan penyakit tersebut. (Riz)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya